home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Tips Mengatasi Sakit Kepala Karena Kolesterol Tinggi

Tips Mengatasi Sakit Kepala Karena Kolesterol Tinggi

Kadar kolesterol tinggi dapat membentuk plak yang menempel di pembuluh darah arteri. Kondisi tersebut membuat darah sulit mengalir, terkadang endapannya dapat pecah dan menyebabkan serangan jantung maupun stroke. Banyak pengidap kadar kolesterol tinggi mengalami gejala sakit kepala ketika kondisi ini kambuh. Bagaimana mengatasi kondisi tersebut?

Ciri sakit kepala karena kolesterol tinggi

penderita diabetes sering sakit kepala

Kolesterol memang dibutuhkan tubuh melindungi sistem saraf hingga membantu memproduksi sejumlah hormon seperti hormon seks. Namun, jika kadarnya berlebihan bisa menyebabkan masalah kesehatan, yakni kadar kolesterol tinggi.

Penyakit kolesterol tinggi bisa diwariskan secara genetik dari orangtua, tapi juga dapat terjadi karena gaya hidup yang buruk, seperti keseringan konsumsi makanan berlemak dan malas gerak.

Menurut situs Mayo Clinic, kadar kolesterol tinggi tidak menimbulkan gejala. Namun, sebuah studi pada jurnal Pain Practise tahun 2014 menunjukkan keterkaitan antara kadar kolesterol tinggi dengan salah satu jenis sakit kepala, yakni migrain. Migrain adalah tipe sakit kepala yang digambarkan dengan sensasi nyeri berdenyut, biasanya hanya terjadi di satu sisi kepala saja.

Pada studi tersebut, peneliti memeriksa kadar kolesterol 52 pasien yang mengalami migrain. Hasilnya menunjukkan bahwa pasien dengan kadar kolesterol tinggi mengalami migrain yang lebih parah ketimbang pasien dengan kadar kolesterol yang lebih rendah. Ketika serangan migrain membaik, kadar kolesterol buruknya juga membaik.

Walaupun studi tersebut masih berskala kecil, ada kemungkinan jika munculnya sakit kepala yang parah bisa jadi ciri kadar kolesterol saat itu sedang di atas batas normal, alias sedang kambuh.

Beda sakit kepala biasa dan gejala kolesterol tinggi

uremia

Sulit memang membedakan sakit kepala terkait kadar kolesterol yang tinggi, dengan sakit kepala biasa. Salah satu cara untuk membedakannya adalah dengan mengecek kadar kolesterol saat itu juga.

Kadar kolesterol di bawah 200 mg/dL masih bisa ditoleransi. Akan tetapi, jika kadar kolesterol sekitar 200-239 mg/dL sudah masuk dalam kategori ambang batas tinggi. Bila kadarnya mencapai 240 mg/dL atau lebih, maka sudah masuk kategori kadar kolesterol tinggi.

Cara lain untuk mengetahui apakah yang Anda alami sakit kepala biasa atau karena kolesterol tinggi dengan mencari pemicu pertamanya. Sakit kepala seperti migrain biasanya terjadi karena terlalu banyak minum kopi atau mengonsumsi makanan manis, terlalu lama tidur atau kurang tidur, atau menjelang menstruasi.

Sementara sakit kepala karena kadar kolesterol tinggi biasanya kumat ketika Anda merokok dan banyak mengonsumsi makanan berlemak yang mengandung kolesterol.

Tips mengatasi sakit kepala karena kolesterol tinggi

obat nyeri saat hamil

Ketika sakit kepala seperti migrain menyerang, aktivitas yang sedang Anda lakukan bisa terganggu. Ketika hal ini terjadi, sebaiknya berhenti beraktivitas sementara waktu. Pastikan lebih dahulu apakah sakit kepala yang Anda alami karena naiknya kadar kolesterol atau tidak, salah satunya dengan mengecek kadar kolesterol secara mandiri.

Langkah selanjutnya adalah ingat kembali apakah Anda sudah minum obat atau belum. Biasanya, obat kolesterol diberikan sekali minum saja. Namun, waktu minumnya berbeda-beda tergantung jenis obat mana yang dokter resepkan.

Minum obat adalah cara paling cepat untuk menurunkan kolesterol yang tinggi. Nah, jika kondisi sudah membaik, Anda boleh kembali beraktivitas.

Selain minum obat, ada banyak cara lain yang bisa membantu Anda meredakan ciri kadar kolesterol tinggi seperti di bawah ini.

  • Jangan lagi merokok dan jauhi asap rokok. Asap rokok tidak hanya meningkatkan tekanan darah, tapi juga memicu melonjaknya kadar kolesterol.
  • Berhenti minum alkohol. Alkohol yang masuk ke tubuh akan dipecah dan dibentuk menjadi trigliserida dan kolesterol. Oleh karena itu, minum alkohol bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.
  • Hindari makanan berminyak. Memasak makanan dengan cara merebus atau mengukus, kemudian perbanyak konsumsi sayur, buah, dan ikan kaya asam lemak omega 3. Jika ingin makan daging, sisihkan bagian lemaknya.
  • Olahraga rutin. Cobalah untuk berolahraga setidaknya 30 menit sebanyak 5 kali dalam seminggu. Anda boleh memilih berlari, jogging, jalan santai, atau berenang.

Selain membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, cara-cara tersebut jika Anda terapkan secara rutin juga bisa mencegah munculnya gejala migrain sekaligus menurunkan risiko penyakit jantung.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Alcohol. Retrieved August 27, 2021, from https://www.heartuk.org.uk/low-cholesterol-foods/alcohol

High cholesterol. Retrieved August 27, 2021, from https://www.nhsinform.scot/illnesses-and-conditions/blood-and-lymph/high-cholesterol

High cholesterol. (2021, July 20). Retrieved August 27, 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-cholesterol/diagnosis-treatment/drc-20350806

Migraine. (2021, July 02). Retrieved August 27, 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/migraine-headache/symptoms-causes/syc-20360201

Zampelas, A., & Magriplis, E. (2019). New Insights into Cholesterol Functions: A Friend or an Enemy?. Nutrients11(7), 1645. https://doi.org/10.3390/nu11071645

Tana, C., Santilli, F., Martelletti, P., Di Vincenzo, A., Cipollone, F., Davì, G., & Giamberardino, M. A. (2014).Correlation between migraine severity and cholesterol levels. Pain Practice, 15(7), 662-670. doi:10.1111/papr.12229.

Headache. (2018, August 03). Migraine intensity, frequency linked to high cholesterol. Retrieved August 27, 2021, from https://headaches.org/2015/10/21/migraine-intensity-frequency-linked-to-high-cholesterol/

Mayo Foundation for Medical Education and Research. (2021, July 20). High cholesterol. Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-cholesterol/symptoms-causes/syc-20350800.

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 2 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x