Kurang Tidur Bikin Susah Fokus? Ini 5 Cara Mengembalikan Konsentrasi Anda

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Bagi para pekerja di dunia entertainment, kurang tidur dan harus kembali beraktivitas pada pagi hari adalah hal biasa. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa kebiasaan tersebut dapat menyulitkan Anda untuk berkonsentrasi. Nah, agar dapat mengurangi rasa kantuk, ini dia beberapa tips mengembalikan konsentrasi akibat kurang tidur.

Mengapa kurang tidur bikin susah fokus?

bahaya kurang tidur

Seperti yang sudah diketahui, kurang tidur bisa membahayakan kondisi fisik dan jiwa, misalnya saja Anda jadi kesulitan berkonsentrasi pada pagi hari.

Sebuah penelitian membuktikan hal tersebut. Sebagaimana dilansir dari Live Science, para peneliti meminta para peserta diharuskan untuk begadang. Ketika pagi harinya diminta mengategorikan gambar, mereka mengalami kesulitan.

Dari sana, ditemukan bawa telah terjadi penurunan fungsi sel saraf dan transmisi otak. Akibatnya, Anda menjadi susah fokus dan berkonsentrasi.

Cara mengembalikan konsentrasi akibat kurang tidur

Ada hal-hal yang membuat Anda harus tetap terjaga di malam hari dan tidak bisa ditinggalkan. Misalnya saja, menidurkan bayi yang baru lahir atau menyelesaikan pekerjaan yang dikejar deadline.

Jika keadaan mengharuskan Anda begadang, terdapat beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengembalikan konsentrasi Anda pada pagi harinya, antara lain:

1. Minum minuman berkafein

minum minuman panas saat sakit gigi

Minum kafein di malam hari memang bisa membuat Anda kurang tidur karena terjaga semalaman. Namun, minum minuman mengandung kafein pada pagi hari setelah kurang tidur bisa berguna mengembalikan konsentrasi.

Namun, tetap ingat untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan agar Anda benar-benar mendapat manfaatnya.

Anda bisa memulai hari dengan minum satu cangkir kopi untuk meningkatkan fungsi otak Anda. Seperti yang dikutip dari Jeffrey Durmer, MD, kafein memang bisa meningkatkan kewaspadaan dan fokus, tetapi dalam batas yang wajar dan sesekali saja.

Hindari mengonsumsi kafein lebih dari jam 4 sore. Hal ini disebabkan efek kafein bisa membuat Anda terjaga semalaman dan membuat Anda lagi-lagi kurang tidur.

2. Minum air putih yang banyak

cairan elektrolit

Selain minuman berkafein, untuk mengembalikan konsentrasi Anda akibat kurang tidur, asupan cairan harian juga harus tetap dipenuhi.

Jika Anda jarang minum, jantung akan kesulitan untuk memompa darah yang mengalirkan oksigen dan nutrisi ke otak. Akibatnya, otak jadi kekurangan oksigen dan menyebabkan Anda sulit berpikir jernih.

Tetap minum air putih yang banyak demi menjaga daya konsentrasi sekalipun Anda mengantuk. Jika merasa malas bolak-balik mengisi gelas, isilah air di wadah besar saat Anda memulai hari dan letakkan di jangkauan Anda. Dengan begitu, Anda tak memiliki alasan lagi untuk malas.

3. Rutin berolahraga

mengencangkan payudara

Salah satu cara mengembalikan konsentrasi akibat kurang tidur adalah berolahraga. Olahraga di kantor dapat Anda lakukan tanpa harus meninggalkan meja, misalnya saja dengan peregangan punggung atau push-up di meja.

Aktivitas fisik yang ringan dapat membantu meningkatkan kemampuan daya ingat dan konsentrasi.

4. Berjemur di bawah sinar matahari

Manfaat sinar matahari mencegah patah tulang

Sinar matahari pagi ternyata memiliki manfaat untuk memberi sinyal pada otak bahwa hari sudah pagi sehingga Anda harus fokus dan terjaga.

Sebenanrnya, tidak hanya sinar matahari, semua jenis cahaya dapat memperlambat produksi melatonin, hormon yang membuat Anda mengantuk pada malam hari. Dengan begitu, otak akan memerintahkan Anda untuk bangun dan tidak mengantuk.

Sebaiknya berjemurlah di bawah sinar matahari pagi selama 10 menit pada pukul 7-9. Selain dapat mengembalikan konsentrasi akibat kurang tidur, aktivitas ini juga bsa mengurangi stres.

5. Tidur selama 20-30 menit

kebiasaan sebelum tidur

Jika Anda sudah tidak kuasa untuk menahan kantuk yang luar biasa, cobalah untuk tidur sebentar selama 20-30 menit. Hal ini dilakukan untuk mengisi ulang daya tubuh dan pikiran Anda meskipun hanya sesaat.

Usahakan untuk tidak tidur lebih dari 30 menit agar Anda tidak jadi lebih mengantuk saat terbangun.

Pada dasarnya, cara untuk mengembalikan konsentrasi akibat kurang tidur adalah dengan mendapatkan kualitas tidur yang baik. Oleh karena itu, usahakan untuk dapat tidur selama 7-10 jam agar kualitas tidur Anda lebih baik.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca