Di zaman yang serba cepat dan instan, mencari pasangan baru itu hanya di ujung jari saja. Dengan menyentuh layar smartphone, Anda sudah bisa mencari sosok tambatan hati dari ribuan pilihan. Karena begitu mudah, muncullah budaya one night stand atau cinta satu malam. Cinta satu malam sendiri adalah istilah untuk seks kasual, yaitu berhubungan seks dengan orang asing atau orang yang baru dikenal tanpa ikatan hubungan. Namun, tahukah Anda bahwa risiko hamil dari cinta satu malam ternyata lebih tinggi daripada pasangan yang sudah saling mengenal cukup lama? Untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana cinta satu malam sangat mungkin menyebabkan kehamilan, baca terus ulasannya di bawah ini.

Risiko hamil dari cinta satu malam

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Evolutionary Psychological Science pada 2015, pria akan memproduksi sel sperma dengan kualitas yang lebih baik ketika bertemu dengan sosok wanita yang baru. Para peserta penelitian tersebut diminta untuk berejakulasi setelah menonton 15 video pornografi. Enam di antaranya diperankan oleh aktris yang sama. Dari hasil penelitian air mani peserta di laboratorium, ternyata struktur dan jumlah sel sperma peserta jauh lebih baik setelah menonton video dengan aktris yang baru pertama kali dilihatnya. Sementara itu, kalau video yang ditonton diperankan oleh aktris yang sudah pernah dilihat sebelumnya, kualitas sperma jadi menurun.

Selain itu, para peserta juga lebih cepat berejakulasi ketika menonton video yang diperankan sosok wanita yang asing. Ketika menonton video dengan aktris yang sudah familier dari video sebelumnya, peserta membutuhkan waktu lebih lama untuk berejakulasi.

Para peneliti yang melaksanakan studi tersebut menyimpulkan bahwa secara tidak sadar, laki-laki cenderung menghemat jumlah sel sperma yang diproduksi ketika berhubungan seks dengan wanita yang sudah dijumpainya berkali-kali. Ini karena ia sudah tidak merasakan adanya desakan atau insting untuk menanamkan spermanya dalam rahim wanita tersebut.

Sementara itu, ketika bertemu dengan wanita yang belum pernah ditemuinya, muncul naluri bawah sadar untuk bereproduksi. Sperma yang dihasilkan pun jadi jauh lebih gesit, banyak, dan berkualitas. Maka, ketika Anda berhubungan seks dalam cinta satu malam tanpa kondom atau metode kontrasepsi lainnya, kemungkinan terjadi kehamilan akan langsung naik. Jika Anda takut hamil dari cinta satu malam, sebaiknya pastikan Anda melakukan hubungan seks yang aman dengan alat kontrasepsi yang efektif.

Apa artinya bagi pasangan yang sudah lama bersama?

Jika Anda dan pasangan sudah sejak lama berusaha hamil, jangan khawatir dulu. Bukan berarti peluang kehamilan Anda dan pasangan lebih kecil. Pasalnya, penelitian tersebut tidak menghitung kesuburan wanitanya. Maka, kalau Anda dan pasangan berhubungan seks di masa subur, peluang kehamilan pun akan tetap besar.

Anda dan pasangan juga bisa mencoba berbagai hal baru supaya seks tak terasa hambar lagi. Misalnya mencoba bercinta dengan posisi yang menantang atau di tempat baru selain di kamar tidur Anda. Dengan menciptakan suasana baru, Anda dan pasangan pun akan jadi lebih semangat dan panas.

BACA JUGA:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca