backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

Bukan Egois, Ini Alasan Penting Kenapa Ibu Butuh Me Time

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Adhenda Madarina · Tanggal diperbarui 29/04/2024

Bukan Egois, Ini Alasan Penting Kenapa Ibu Butuh Me Time

Membesarkan seorang anak bukanlah hal yang mudah. Maka, tidak perlu menyalahkan diri Anda jika sewaktu-waktu merasa kelelahan. Pada saat seperti ini, tidak ada salahnya bagi seorang ibu untuk menikmati me time.

Bukannya egois, me time justru bisa menjadi waktu bagi seorang ibu untuk mengisi energi supaya bisa merawat anak dengan lebih baik. Pasalnya, seperti yang kita tahu, menjadi ibu memang merupakan tugas yang berat.

Lantas, bagaimana sebaiknya seorang ibu melakukan me time? Simak informasi berikut untuk mengatasi rasa bersalah Anda ketika membutuhkan waktu untuk diri sendiri saat menjadi seorang ibu.

Apa itu me time?

Me time artinya waktu yang dihabiskan seseorang untuk melakukan sesuatu yang diinginkannya demi memulihkan energi hingga mengurangi stres.

Me time bukanlah suatu hal yang egois jika dapat membantu Anda menjadi lebih baik. Kenyataannya, setiap orang memang membutuhkan me time, tidak terkecuali ibu rumah tangga.

Jangan khawatir me time akan mengganggu tanggung jawab Anda sebagai orang tua. Pasalnya, Anda bisa meluangkan waktu mulai dari 15 menit saja untuk melakukannya.

Alasan kenapa ibu butuh me time

ibu butuh me time

Julukan “wonder woman” kerap diberikan pada seorang ibu karena ia harus menjaga anak, merawat suami, dan bekerja pada waktu yang hampir bersamaan.

Meski merupakan bentuk tanggung jawab, bukan berarti Anda harus melupakan kebahagiaan diri sendiri.

Pada waktu tertentu, tidak ada salahnya, lho, untuk mengambil “cuti” pekerjaan sebagai ibu rumah tangga demi melakukan me time.

Berikut ini adalah berbagai manfaat me time yang bisa didapatkan seorang ibu.

1. Mengembalikan energi

Mengurus rumah dan anak tentu membutuhkan energi yang tidak sedikit. Maka, wajar jika Anda merasa kewalahan.

Laman National Health Services bahkan menyebutkan bahwa perubahan hormon selama kehamilan dan setelah melahirkan membuat wanita lebih mudah kelelahan.

Oleh karena itu, Anda membutuhkan me time untuk mengisi energi, baik secara fisik maupun mental. Dengan energi yang memadai, ibu bisa memberikan perawatan terbaik.

2. Menjaga kesehatan mental anak

Dekat dengan anak bukan berarti Anda harus selalu berada di sampingnya. Sesekali, tidak ada salahnya untuk menyingkir dari penglihatan si Kecil.

Dengan begitu, Anda akan mengembangkan ikatan emosional sekaligus mencegahnya dari ketergantungan.

Selama membiarkan anak bermain sendiri, Anda bisa meminta bantuan suami atau anggota keluarga terdekat untuk mengawasinya dari jauh.

3. Meningkatkan hubungan dengan suami

Kehadiran seorang anak memang memberikan kebahagiaan berlimpah bagi pasangan suami-istri. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa kondisi ini juga mengurangi quality time antara istri dengan suami.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda memanfaatkan waktu me time untuk pergi makan malam atau menonton berdua bersama pasangan.

Risiko ibu tidak punya me time

Me time merupakan kebutuhan setiap orang, tidak terkecuali seorang ibu. Tidak adanya waktu untuk me time justru bisa meningkatkan risiko stres atau burnout. Ibu yang stres atau burnout berisiko melampiaskan amarah pada anaknya.

4. Menjadikan Anda ibu yang lebih baik

Membesarkan seorang anak tentu membutuhkan energi, kesabaran, dan pikiran yang sehat. Namun, perubahan suasana hati sering kali terjadi saat hamil dan setelah melahirkan.

Tak jarang, ibu mengalami baby blues atau depresi pascamelahirkan. Kondisi ini kerap dialami oleh ibu baru yang belum siap dengan perubahan fisik pascamelahirkan.

Me time bisa Anda gunakan untuk menjaga kesehatan mental saat hamil, setelah melahirkan normal maupun caesar, maupun ketika sibuk mengurus anak.

Bukan hanya untuk diri sendiri, kesehatan mental Anda juga menjadi hal yang penting saat mengurus anak.

5. Melepaskan penat

Pernahkah Anda tidak sengaja berteriak pada anak dan merasa sangat bersalah setelahnya? Teriakan tersebut biasanya disebabkan oleh rasa penat dan lelah setelah mengurusnya seharian.

Untuk melepaskan penat, me time bisa menjadi solusinya. Saat me time, Anda bisa merenungkan bahwa menjadi ibu merupakan proses pembelajaran yang panjang dan tidak luput dari kesalahan.

Dengan begitu, berilah kesempatan bagi diri sendiri untuk beristirahat sejenak sebelum kembali menjalani rutinitas.

Tips bagi ibu yang butuh me time

Mulai merasa membutuhkan me time, tapi bingung memulainya? Coba simak tips berikut untuk memudahkannya.

1. Manjakan diri

Me time memang dibuat untuk memanjakan diri. Artinya, Anda bisa memilih sesuatu yang membuat Anda merasa rileks atau bahagia. Bagi beberapa orang, pijat merupakan salah satu jawabannya.

Namun, jika Anda ingin pijat saat hamil, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Beberapa jenis pijatan mungkin tidak direkomendasikan bagi ibu hamil.

Selain itu, pilihlah tempat pijat atau terapis yang berpengalaman dan khusus untuk ibu hamil.

2. Andalkan pasangan Anda

Mengurus pekerjaan rumah tangga dan menjaga anak merupakan pekerjaan suami dan istri. Artinya, saat Anda mulai stres dan membutuhkan me time, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan suami mengurus anak.

Selain dengan suami, Anda bisa minta tolong sejenak pada orang terdekat, seperti ibu, mertua, saudara, atau kerabat. Bicarakan terlebih dahulu kebutuhan Anda saat meminta bantuan orang lain.

3. Lakukan hobi

Masih ingatkah Anda kapan terakhir kali berenang, melukis, atau menjalani hobi lain saat menjadi seorang ibu?

Kesibukan mengurus anak memang kerap menyita waktu yang sebelumnya Anda gunakan untuk melakukan hobi. Sebagai solusinya, Anda bisa memanfaatkan me time untuk kembali melakukannya.

Dengan begitu, perasaan Anda akan menjadi lebih bahagia dan bersemangat. Saat Anda bahagia, perkembangan mental anak juga menjadi jauh lebih baik.

4. Gunakan waktu tidur siang dengan baik

Salah satu cara paling mudah menciptakan waktu me time di tengah kesibukan menjadi seorang ibu adalah dengan ikut beristirahat saat anak tertidur.

Mungkin, banyak dari Anda yang memilih memanfaatkan jam tidur anak sebagai waktu bersih-bersih rumah.

Pilihan ini memang tidak sepenuhnya salah. Akan tetapi, sebaiknya aturlah supaya Anda tetap bisa ikut tidur siang.

5. Ajak anak untuk me time bersama

Bagi beberapa ibu, mengajak si Kecil untuk melakukan hal-hal yang disukai adalah cara terbaik untuk menghabiskan me time.

Sebagai contoh, Anda bisa meletakkan si Kecil dalam stroller sambil berolahraga atau berkebun. Cara lain mungkin bisa dilakukan dengan membawa si Kecil jalan-jalan ke toko baju favorit Anda.

Meluangkan me time sebagai seorang ibu mungkin memang sedikit lebih susah. Pasalnya, selain sulit mencari waktu luang, beberapa dari Anda mungkin merasa bersalah saat melakukannya.

Namun, selama tidak dilakukan secara berlebihan, me time justru bisa meningkatkan kualitas perawatan pada anak.

Jadi, sudahkah Anda akan meluangkan waktu untuk diri sendiri, Bu?

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Adhenda Madarina · Tanggal diperbarui 29/04/2024

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan