home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

3 Gerakan untuk Mengatasi Nyeri Perut Setiap Batuk Selama Hamil

3 Gerakan untuk Mengatasi Nyeri Perut Setiap Batuk Selama Hamil

Nyeri perut merupakan gangguan kesehatan yang sangat umum terjadi saat kehamilan menginjak trimester kedua. Nyeri ini disebabkan oleh ligamen bundar sebagai penopang rahim yang terus meregang selama kehamilan. Sama seperti kinerja otot, ligamen ini dapat berkontraksi dan rileks, namun prosesnya jauh lebih lambat. Setiap gerakan (termasuk berdiri dengan cepat setelah duduk, tertawa, atau batuk) yang menyebabkan ligamen meregang akibat kontraksi yang cepat, dapat menyebabkan seorang wanita mengalami nyeri ligamen bundar selama beberapa detik.

Untuk membantu meringankan nyeri, perbanyaklah istirahat dan lakukan beberapa gerakan yang dapat melatih otot perut.

Latihan Memperkuat Otot Perut

Tujuan: Untuk memperkuat dan melenturkan otot-otot perut serta meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Langkah-langkah:

  1. Angkat kaki – Posisikan badan telentang dengan punggung dan kaki sejajar dengan lantai lalu tekuk lutut. Angkat salah satu lutut menuju dada sedekat mungkin kemudian luruskan kaki ke arah langit-langit. Tekuk lutut dan kaki kembali ke lantai. Saat melakukan latihan ini, berikan sedikit tekanan pada punggung dan lantai. Lakukan gerakan yang sama dengan kaki yang lain. Ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali setiap hari.
  2. Cium lutut – Posisikan badan telentang dengan punggung dan kaki sejajar dengan lantai. Tekuk lutut sambil mengangkat kepala dan usahakan lutut bergerak ke arah hidung sedekat mungkin. Lakukan gerakan yang sama dengan kaki lain. Ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali setiap hari.
  3. Setelah selesai, gulirkan badan ke sisi kanan atau kiri untuk bangun.

Posisi telentang hanya boleh dilakukan beberapa menit selama latihan saja. Pasalnya, posisi telentang menimbulkan terlalu banyak tekanan pada pembuluh darah utama sehingga sirkulasi darah dapat terganggu.

health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 hari

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi Diperbarui 07/06/2021
Fakta medis diperiksa oleh Admin HHG
x