7 Cara Sehat dan Efektif Menaikkan Berat Badan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29 Juli 2020 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Meskipun sebagian orang berusaha mati-matian untuk menurunkan berat badan, tetapi tidak sedikit yang juga menginginkan berat badannya bertambah. Kebanyakan orang mengira bahwa menaikkan berat badan tentu lebih mudah, hanya tinggal mengonsumsi makanan lebih banyak dari biasanya lama kelamaan berat badan juga akan bertambah. Tetapi bagi mereka yang ingin menaikkan berat badan, hal ini sulit untuk dilakukan. Tidak jarang mereka yang termasuk kurus kesulitan untuk menambah berat badan meskipun sudah makan banyak. Keadaan ini menyebabkan orang-orang yang ingin menambah berat badan kemudian makan berlebihan, termasuk di antaranya makanan yang tinggi kalori, tinggi gula, dan tinggi lemak. Tapi apakah benar cara menambah berat badan yang seperti itu?

Bahayanya jika terlalu kurus

Mereka yang ingin menaikkan berat badan biasanya adalah mereka yang merasa dirinya terlalu kurus. Kurus atau kekurangan berat badan dapat didefinisikan sebagai indeks massa tubuh yang berada di bawah angka 18,5. Meskipun bukan berarti jika Anda kurus Anda tidak sehat, tetapi sama seperti terlalu gemuk, terlalu kurus juga menjadikan Anda rentan terhadap penyakit. Mereka yang terlalu kurus akan lebih mudah terkena penyakit infeksi karena sistem imunnya tidak bekerja dengan baik. Selain mudah terkena penyakit infeksi, osteoporosis, dan patah tulang, masalah kesuburan juga mengincar mereka yang berat badannya kurang dari normal. Bahkan jika kurangnya berat badan sudah dalam tahap yang parah, risiko kematian juga semakin tinggi.

Mengapa seseorang bisa kurang berat badannya?

Meskipun secara umum kurang berat badan diakibatkan oleh kurangnya asupan jika dibandingkan dengan kebutuhan, tetapi ada beberapa kondisi yang menyebabkan seseorang terus menerus mengalami fase kekurangan berat badan yaitu:

  • Gangguan makan seperti misalnya anoreksia atau penyakit mental lainnya.
  • Hipertiroidisme juga dapat menyebabkan metabolisme seseorang bekerja secara berlebihan sehingga menyebabkan penurunan berat badan yang tidak normal.
  • Penyakit seperti diabetes, kanker, dan penyakit-penyakit infeksi contohnya HIV/AIDS.

Jika Anda mengalami penurunan berat badan yang tiba-tiba dan tidak direncanakan maka sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter karena ditakutkan penurunan berat badan yang terjadi diakibatkan oleh penyakit.

Bagaimana cara menaikkan berat badan yang sehat?

Jika Anda termasuk kurus dan penurunan berat badan Anda tidak disebabkan oleh penyakit, maka ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menaikkan berat badan Anda.

1. Makan lebih sering

Jika Anda kurus atau memiliki berat badan yang kurang, maka biasanya Anda lebih mudah kenyang jika dibandingkan dengan mereka yang berat badannya normal. Dibandingkan dengan makan tiga kali sehari, cobalah untuk makan lebih sering misalnya lima sampai enam kali per hari. Dengan begini lebih mudah bagi Anda untuk menambah jumlah kalori tanpa perlu terlalu merasa kekenyangan.

2. Pilih jenis makanan yang kaya akan nutrisi

Mengonsumsi junk food dan makanan instan dengan tujuan meningkatkan berat badan bukanlah cara yang baik. Karena meskipun Anda kurus, ada suatu kondisi yang disebut skinny fat. Ini merupakan keadaan di mana seseorang terlihat kurus tetapi sebenarnya kadar lemak dalam tubuhnya lebih tinggi dari normal. Kadar lemak dalam darah seperti misalnya kolesterol total dan LDL nya juga cenderung tinggi. Maka dari itu memilih mengonsumsi makanan yang kaya akan zat gizi dapat membantu menaikkan berat badan Anda sekaligus menjaga kesehatan Anda. Misalnya pilihlah jenis kabrohidrat yang berasal dari whole grain, sayur dan buah, susu dan produk olahannya, daging, serta biji-bijian dan kacang-kacangan.

3. Cobalah mengonsumsi smoothies atau shake

Dibandingkan mengonsumsi soda, kopi, atau minuman lain yang tinggi kalori tetapi rendah kualitas zat gizinya, Anda dapat mencoba mengonsumsi smoothies atau milk shake. Anda bisa menggunakan susu atau jus buah yang dibekukan sebagai bahan dasar smoothies Anda. Menaburkan potongan kacang almond atau flaxseed juga dapat menjadi pilihan untuk menambahkan kalori terutama protein.

4. Pilih jenis makanan yang padat kalori

Makanan seperti kacang-kacangan baik masih dalam bentuk kacang maupun dalam bentuk selai, serta buah yang dikeringkan merupakan jenis makanan yang pada nutrisi. Ini berarti Anda tidak perlu mengonsumsi terlalu banyak untuk mendapatkan kalori yang banyak. Selain itu buah-buahan seperti mangga dan alpukat juga dapat menjadi pilihan Anda karena termasuk tinggi kalori.

5. Cermati kapan waktu terbaik untuk minum

Pada sebagian orang, minum pada saat makan dapat mengurangi nafsu makan dan membuat lebih cepat kenyang. Untuk mensiasati hal ini, Anda dapat mencari tahu kapan waktu yang tepat untuk minum. Mungkin sebelum makan atau mungkin sesudah makan. Anda juga bisa memesan minuman yang tinggi kalori (seperti jus buah misalnya) dibandingkan air putih agar Anda bisa tetap mendapat asupan kalori lebih.

6. Anda bisa perbanyak camilan

Tentunya camilan yang baik gizinya. Seperti misalnya buah-buahan, sandwich, roti, susu, kacang-kacangan, dan keju. Hindari camilan yang tinggi kalori dan tinggi lemak tetapi kurang kualitas zat gizinya seperti misalnya keripik kentang, permen, cokelat, dan lainnya. Anda dapat mengonsumsi camilan disela-sela waktu makan dan sebelum tidur. Makanan pencuci mulut juga bisa Anda tambahkan dalam menu harian Anda. Pilihlah jenis makanan pencuci mulut seperti misalnya yoghurt atau kukis oatmeal.

7. Rutin berolahraga

Terutama jenis olahraga yang meningkatkan massa otot Anda. Meningkatkan massa otot merupakan salah satu cara menaikkan berat badan yang sehat. Selain itu, olahraga secara rutin juga dapat meningkatkan nafsu makan Anda.

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Warna Dahak Merah, Hijau, Atau Hitam? Cari Tahu Artinya di Sini

Warna dahak yang normal adalah bening. Jika Anda mengeluarkan dahak yang berwarna, maka hal itu adalah tanda dari kondisi medis. Apa arti dari warna dahak?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Batuk, Kesehatan Pernapasan 26 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Alasan Psikologis Mengapa Korban KDRT Susah Lepas dari Jeratan Pasangan

Bagi korban KDRT, meninggalkan pasangan yang abusive tak semudah itu. Ini dia alasan korban KDRT bertahan meski hubungannya sarat kekerasan dan kekejaman.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Psikologi 22 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

7 Rahasia Menghindari Perceraian dalam Rumah Tangga

Perceraian memang bukan sesuatu yang tabu. Tapi keutuhan rumah tangga adalah cita-cita banyak orang. Bagaimana cara menghindari perceraian?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Psikologi, Seks & Asmara 22 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

Panduan Makanan Bergizi untuk Orang dengan Thalassemia

Salah satu masalah orang thalasemia adalah masalah gizi. Apa saja pilihan makanan dan nutrisi yang tepat untuk penderita thalasemia?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Penyakit Kelainan Darah, Thalasemia 22 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

susu anak

9 Jenis Susu Anak dan Tips Memilihnya Sesuai Kebutuhan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 28 Oktober 2020 . Waktu baca 12 menit
proses inflamasi

Proses Inflamasi Ternyata Penting Bagi Tubuh, Begini Mekanismenya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
Penyebab sakit pinggang

Cari Tahu Gejala, Penyebab dan Pengobatan untuk Sakit Pinggang

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 10 menit
makanan pedas atasi migrain

Benarkah Makanan Pedas Bisa Mengatasi Sakit Kepala Migrain?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 26 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit