home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Makanan untuk Mempercepat dan Melancarkan Haid

5 Makanan untuk Mempercepat dan Melancarkan Haid

Sebagian dari Anda mungkin mengalami siklus menstruasi yang tidak lancar. Kadang terlalu cepat, bahkan mungkin terlalu lama. Nah ketika jadwal haid mundur dan ingin mempercepatnya agar segera datang, cobalah konsumsi beberapa makanan tertentu yang dapat membantu agar haid cepat keluar. Simak penjelasan lengkapnya.

Apa saja jenis makanan agar cepat haid?

makanan agar cepat haid

Siklus haid yang tidak teratur atau lambat seringkali bisa membuat Anda khawatir. Padahal, telat haid bukan berarti Anda pasti mengalami salah satu dari masalah kesehatan wanita.

Mengutip dari Penn Medicine, ada berbagai alasan serta penyebab yang membuat Anda terlambat haid. Mulai dari faktor gaya hidup, stres, hingga kondisi medis lainnya.

Sebenarnya, tidak ada cara yang dapat menjamin Anda akan langsung haid dalam satu hingga dua hari.

Selain bertemu dengan dokter, Anda juga bisa mencoba berbagai cara untuk membantu agar haid cepat keluar dan lancar kembali.

Sebagai contoh dengan melakukan olahraga, memperbaiki pola makan, melakukan relaksasi, hingga mengonsumsi makanan tertentu.

Berikut adalah beberapa makanan yang diduga dapat mempercepat atau agar haid lancar.

1. Kunyit

Salah satu bumbu dapur ini tidak hanya bermanfaat untuk menambah cita rasa makanan. Akan tetapi, juga menjadi salah satu makanan yang dapat membantu Anda agar cepat haid.

Hal ini karena di dalam kunyit terdapat kandungan untuk merangsang aliran darah di daerah panggul dan rahim.

Maka dari itu, kunyit dipercaya dapat memengaruhi tingkat estrogen dan progesteron sehingga dapat merangsang menstruasi.

Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk melihat keefektifan hal tersebut.

2. Jahe

Anda juga dapat memanfaatkan jahe sebagai makanan yang membantu agar cepat haid dan juga lancar.

Dalam sebuah penelitian yang terbit dalam BMC Complementary and Alternative Medicine menjelaskan bahwa ada senyawa di dalam jahe yang dapat melindungi tubuh dari peradangan.

Selain itu, kandungannya juga bermanfaat untuk memicu kontraksi otot sehingga membantu mempercepat rahim melepaskan lapisannya.

Tidak hanya itu saja, jahe juga dapat membantu mengurangi nyeri haid karena efek hangatnya.

3. Nanas

Buah nanas mempunyai kandungan bromelain, yaitu senyawa enzim yang dipercaya dapat memengaruhi hormon di dalam tubuh termasuk estrogen.

Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi nanas karena makanan ini dapat membantu Anda agar bisa cepat haid.

Penelitian yang terbit dalam Journal of The Pakistan Medical Association menunjukkan bahwa kandungan bromelain di dalam nanas dapat membantu melancarkan menstruasi yang tidak teratur akibat peradangan.

4. Kacang kedelai

Salah satu penyebab Anda mengalami haid tidak lancar adalah perubahan serta terjadinya ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh.

Dari beberapa makanan, Anda juga dapat mengonsumsi kacang kedelai untuk membantu agar haid cepat keluar dan lancar.

Kedelai mempunyai kandungan yang kaya protein, vitamin, mineral, serta fitoestrogen berupa isoflavon. Kandungan isoflavon inilah yang dapat memengaruhi kadar estrogen.

5. Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang mempunyai banyak manfaat untuk tubuh. Perlu diketahui bahwa tubuh tidak dapat memproduksi vitamin C dengan sendirinya.

Mengutip dari Mayo Clinic, vitamin C adalah sumber antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel.

Di dalam vitamin C terdapat kandungan asam askorbat yang dianggap dapat meningkatkan kadar estrogen serta kontraksi rahim.

Hal ini yang membuat makanan dengan kandungan vitamin C dapat membantu agar cepat haid.

Sebagian makanan yang kaya akan vitamin C adalah buah jeruk, buah beri, brokoli, tomat, paprika, buah kiwi, bayam, dan lain-lainnya.

Akan tetapi, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal tersebut.

Selalu konsultasikan ke dokter

Agar cepat haid dan sirkulasinya lancar, Anda disarankan tidak hanya dengan mengonsumsi makanan-makanan tersebut.

Sebaiknya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui kondisi tubuh Anda.

Apalagi, sebagian makanan yang diklaim dapat mempercepat haid di atas pun juga belum tentu efektif untuk semua orang karena kondisi tubuh yang berbeda.

Maka dari itu, hal yang paling penting untuk dilakukan adalah dengan menjaga gaya hidup sehat untuk membantu mengurangi risiko menstruasi atau haid tidak teratur.

Sebagai contoh, berolahraga rutin, istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan bergizi, serta temui dokter untuk pemeriksaan secara rutin.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Irregular Periods: Why Is My Period Late? – Penn Medicine. (2021). Retrieved 3 March 2021, from https://www.pennmedicine.org/updates/blogs/womens-health/2020/november/irregular-periods-why-is-my-period-late

Abnormal Menstruation (Periods): Types, Causes & Treatment. (2021). Retrieved 3 March 2021, from https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/14633-abnormal-menstruation-periods#management-and-treatment

Normal Menstruation (Monthly Period): Menstrual Cycle & Symptoms. (2021). Retrieved 3 March 2021, from https://my.clevelandclinic.org/health/articles/10132-normal-menstruation

JPMA – Journal Of Pakistan Medical Association . (2021). Retrieved 3 March 2021, from https://jpma.org.pk/article-details/8055?article_id=8055

Khayat, S., Fanaei, H., Kheirkhah, M., Moghadam, Z., Kasaeian, A., & Javadimehr, M. (2015). Curcumin attenuates severity of premenstrual syndrome symptoms: A randomized, double-blind, placebo-controlled trial. Complementary Therapies In Medicine, 23(3), 318-324. doi: 10.1016/j.ctim.2015.04.001

Rahnama, P., Montazeri, A., Huseini, H., Kianbakht, S., & Naseri, M. (2012). Effect of Zingiber officinale R. rhizomes (ginger) on pain relief in primary dysmenorrhea: a placebo randomized trial. BMC Complementary And Alternative Medicine, 12(1). doi: 10.1186/1472-6882-12-92

Kashefi, F., Khajehei, M., Alavinia, M., Golmakani, E., & Asili, J. (2014). Effect of Ginger (Zingiber officinale) on Heavy Menstrual Bleeding: A Placebo-Controlled, Randomized Clinical Trial. Phytotherapy Research, 29(1), 114-119. doi: 10.1002/ptr.5235

Vitamin C. (2021). Retrieved 3 March 2021, from https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements-vitamin-c/art-20363932

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Atifa Adlina
Tanggal diperbarui 4 minggu lalu
x