Nyeri menstruasi setiap bulan apakah tanda bahaya? Tanya di komunitas!

Kesehatan Wanita

Sakit saat haid atau bahkan telat datang bulan adalah masalah umum pada wanita. Jangan cemas, baca artikel-artikel di bawah ini untuk tahu tips merawat area kewanitaan hingga beragam gangguan yang hanya terjadi pada waniita.

FAQ

Apa itu kesehatan wanita?

Icon Chevron

Kesehatan wanita mengacu pada masalah kesehatan yang unik bagi wanita, termasuk siklus menstruasi, kehamilan dan pengaturan kelahiran, serta kondisi tertentu seperti kanker serviks atau ovarium. Pria dan wanita mungkin memiliki kondisi serupa, tetapi beberapa penyakit ini dapat memengaruhi wanita secara berbeda, sehingga memerlukan fokus dan pendekatan yang berbeda dalam penanganannya. Kondisi kesehatan tertentu juga muncul secara tidak proporsional di kalangan wanita, yang berasal dari perbedaan budaya terkait gender yang signifikan seperti gangguan makan (eating disorders).

Kapan harus menemui dokter kandungan?

Icon Chevron

Wanita idealnya melakukan pertemuan pertama ke ginekolog saat berusia antara 13 - 15 tahun. Kebanyakan dokter hanya akan melakukan pemeriksaan kesehatan dengan bertanya perihhal kesejahteraan mereka secara keseluruhan dan menjelaskan perkembangan tubuh yang perlu diketahuinya.

Kapan harus melakukan pap smear?

Icon Chevron

Wanita dianjurkan untuk melakukan pap smear setiap 1 - 3 tahu sekali setelah memasuki usia 21 tahun, meskipun tidak aktif secara seksual. Pap smear yaitu tes skrining yang membantu mendeteksi kelainan pada organ serviks (leher rahim) dan mencegah kanker serviks.

Bagaimana mendeteksi gejala kanker ovarium?

Icon Chevron

Kanker ovarium tidak memiliki tes skrining khusus, sehingga cara mengetahuinya lebih awal yakni melalui kunjungan ke ginekolog (ahli kesehatan wanita) secara rutin dan pemeriksaan panggul. Pada tahap awal, gejala kanker ovarium mirip dengan masalah perut dan pencernaan. Beberapa gejala umumnya meliputi: sakit pada panggul atau perut kembung, merasa cepat kenyang atau sulit makan, serta rasa mendesak dan sering saat buang air kecil.

Gejala PCOS: Bagaimana cara mengetahuinya?

Icon Chevron

PCOS, atau sindrom ovarium polikistik, adalah kondisi hormonal yang umum pada wanita. Meskipun tanda-tandanya mulai muncul pada masa akhir remaja atau sekitar umur 20-an, tidak semua yang didiagnosis dengan PCOS akan memiliki gejala yang sama. Gejala umumnya meliputi: haid idak teratur bahkan tidak sama sekali, sulit hamil, timbulnya rambut berlebihan pada wajah, dagu, punggung, atau bokong, muncul jerawat, serta volume rambut yang menipis. Jika Anda didiagnosis dengan PCOS, dokter akan bekerja sama dengan Anda dalam rencana perawatan untuk membantu mengelola gejalanya dengan baik.

Temukan lebih banyak topik Kesehatan Wanita