Benarkah Makan Nanas Saat Haid Bikin Aliran Darah Makin Deras?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 19 Februari 2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Buah nanas adalah salah satu buah yang menimbulkan sejumlah mitos di masyarakat, misalnya makan nanas saat hamil katanya bikin keguguran. Padahal mitos ini sudah dibuktikan salah. Selain itu, kebanyanyak wanita juga enggan makan nanas karena katanya tidak baik dikonsumsi saat sedang datang bulan. Lantas, apakah makan nanas saat haid juga termasuk mitos, atau justru fakta? Berikut penjelasannya.

Kenali kandungan dan manfaat buah nanas

Buah nanas adalah salah satu buah tropis yang kaya vitamin, enzim, dan antioksidan. Walaupun rasanya manis, buah nanas ini justru rendah kalori. Sama seperti buah lainnya, buah nanas juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan bahan alaminya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mempertahankan kekuatan tulang, dan mengatasi gangguan pencernaan.

Menurut Laura Flores, seorang ahli gizi dari San Diego, kandungan zat gizi terbanyak pada buah nanas terletak pada vitamin C dan mangan. Vitamin C adalah jenis antioksidan utama yang larut dalam air yang berfungsi untuk melawan kerusakan sel tubuh, seperti meminimalisir risiko penyakit jantung dan nyeri sendi. Selain itu, nanas juga mengandung enzim bromelain dan vitamin B yang baik untuk memproduksi energi dalam tubuh.

Makan nanas saat haid justru dapat mengurangi nyeri haid

Beberapa wanita umum mengalami nyeri menstruasi atau gejala PMS, seperti perut kembung, kelelahan, kram perut, sakit kepala, masalah pencernaan, dan perubahan suasana hati yang tidak stabil. Nah, salah satu cara terbaik untuk mencegah dan mengobatinya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat.

Banyak wanita yang takut mengonsumsi nanas karena disinyalir dapat menyebabkan keputihan. Namun, hal ini ternyata hanya mitos. Keputihan adalah cairan vagina yang diproduksi secara alami oleh hormon tubuh justru untuk menjaga kebersihan vagina Anda, bukannya diproduksi karena Anda makan nanas.

Buah nanas justru bermanfaat untuk mengurangi nyeri haid karena kandungan mangannya. Wanita yang sering mengeluhkan PMS dilaporkan memiliki kadar mangan dalam tubuh yang jauh lebih rendah daripada yang tidak. Karena itulah, dr. Phyllis Johnson dari U.S. Department of Agriculture’s Human Nutrition Center di Dakota Utara, menyarankan agar wanita yang mengalami nyeri haid untuk sedikit meningkatkan asupan makanan sumber mangan. Salah satunya adalah nanas.

Kandungan antioksidan pada buah nanas juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan akut, yang bisa menjadi penyebab kram perut saat menstruasi. Manfaat nanas ini didukung dengan kandungan bromelain yang turut membantu mengendurkan otot sekitar perut, sehingga meminimalisir gejala nyeri kram saat menstruasi.

Jangan terlalu banyak juga memakannya

Makan nanas saat haid tidak membahayakan nyawa meski mungkin bisa membuat Anda mengalami perdarahan yang lebih berat dari biasanya. Laporan dr. Johnson juga mencatat bahwa wanita muda yang mengonsumsi makanan sumber dalam porsi secukupnya mengalami peningkatan aliran darah menstruasi hingga 50 persen. Perdarahan menstruasi berat pada umumnya tidak berbahaya, tapi memang mungkin sedikit menimbulkan ketidaknyamanan selama beraktivitas.

Terlebih, berhati-hatilah jika Anda memiliki perut sensitif. Asam vitamin C dalam nanas dapat menyebabkan perut terasa mulas atau refluks asam lambung. Jika Anda mengonsumsi buah nanas yang belum cukup matang, bromelain yang terkandung di dalamnya mungkin juga dapat menimbulkan efek pencahar parah sehingga menyebabkan diare atau muntah.

Bromelain juga dapat berinteraksi dengan beberapa jenis obat, seperti antibiotik, antikoagulan, pengencer darah, antikonvulsan, obat insomnia, dan antidepresan. Oleh sebab itu, orang yang sedang mengonsumsi obat-obatan tersebut tidak dianjurkan terlalu banyak makan nanas.

Namun untuk mencapai semua potensi efek negatif dari kandungan bromelain dan mangan murni dalam buah nanas, Anda setidaknya harus makan 7-10 buah nanas segar utuh dalam satu waktu. Tidak mungkin bukan?

Intinya, tidak ada larangan untuk makan nanas saat haid. Asalkan tidak berlebihan, ya.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Penyebab Urat Anda Menonjol dan Terlihat Jelas di Kulit

Urat menonjol pada permukaan kulit memang kerap ditemui pada orang berusia lanjut. Lalu apa artinya kalau masih muda sudah mengalami kondisi ini?

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan, Informasi Kesehatan 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Segudang Manfaat Daun Sirih Hijau dan Merah yang Sayang Dilewatkan

Anda pasti sudah akrab dengan manfaat daun sirih untuk hentikan mimisan. Meski begitu, masih ada banyak lagi khasiat daun sirih untuk kesehatan. Penasaran?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 19 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit

11 Cara Jitu Mengusir Rasa Sedih dan Galau Dalam Hati

Ternyata menonton film sedih bukan cuma membuat kita menangis, tapi ada juga manfaat lainnya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Mental, Stres dan Depresi 19 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit

Manfaat Buah Stroberi yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Tahukah Anda, buah stroberi dapat membantu mencegah katarak dan menurunkan tekanan darah? Apalagi manfaat buah merah asam ini untuk kesehatan tubuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Fakta Gizi, Nutrisi 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mencium bau

Sering Mencium Sesuatu Tapi Tak Ada Wujudnya? Mungkin Anda Mengalami Phantosmia!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
memotong kuku

Kuku Pendek vs Kuku Panjang: Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
sakit kepala setelah makan

Sakit Kepala Setelah Makan? Ini 4 Hal yang Bisa Jadi Penyebabnya

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
bahaya rokok, bahaya merokok bagi kesehatan, dampak rokok, efek rokok, berhenti merokok

Bahaya Merokok Terhadap Daya Tahan Tubuh Manusia

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 14 menit