Cara Aman Supaya Haid Datang Lebih Cepat

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20 Maret 2020 . Waktu baca 7 menit
Bagikan sekarang

Siklus menstruasi yang normal umumnya berlangsung tiap 21-35 hari sekali. Namun, beberapa dari Anda yang haidnya tidak teratur mungkin suka harap-harap cemas menanti kapan tamu bulanan itu akan datang lagi. Apalagi kalau Anda sudah punya rencana liburan atau beribadah ke Tanah Suci sejak jauh-jauh hari. Apakah ada cara mempercepat haid datang yang paling aman?

Cara aman mempercepat datangnya haid

mengurangi stres

Mulai dari perubahan gaya hidup sampai minum obat dokter, Anda punya banyak pilihan cara agar haid datang lebih cepat. Berikut berbagai hal yang perlu dilakukan:

1. Mengurangi stres

Stres bisa mengacaukan siklus menstruasi karena mengganggu sistem kerja hormon di otak dan darah. Ketika merasa stres, tubuh memproduksi hormon kortisol dalam jumlah berlebih. Hormon ini justru menghambat produksi estrogen dan progesteron yang bertugas menjaga siklus haid tetap sesuai jadwal.

Dengan begitu, mengurangi stres adalah cara mujarab untuk mempercepat haid. Anda bisa meghilangkan stres dengan melakukan berbagai aktivitas yang membuat hati dan pikiran rileks. Misalnya saja, meditasi, mendengarkan musik, pergi liburan, atau memanjakan diri di salon.

Anda mungkin juga perlu rehat sejenak dari media sosial. Pasalnya, beban pikiran terkadang berasal dari melihat postingan teman di media sosial. Cobalah dulu sehari absen melihat linimasa di akun sosmed Anda, kemudian rasakan bedanya. Lalu lanjutkan “puasa medsos” ini hari demi hari supaya haid lebih lancar.

2. Menjaga berat badan tetap ideal

Kelebihan atau kekurangan berat badan tidak baik untuk kesehatan reproduksi Anda. Pasalnya, berat badan Anda sangat memengaruhi proses ovulasi. Jika Anda tak kunjung ovulasi, menstruasi tak akan kunjung tiba. Jadi sebaiknya usahakan untuk mempertahankan berat badan ideal.

Sudah makan banyak tetapi berat badan tak kunjung naik? Ini saatnya Anda berkonsultasi ke dokter atau ahli gizi. Hal ini juga berlaku untuk Anda yang sudah berusaha menurunkan berat badan tetapi tidak kunjung membuahkan hasil. Jika hal ini terjadi, mungkin ada yang salah dengan cara diet Anda.

Dengan berkonsultasi ke dokter atau ahli gizi, Anda akan mendapatkan metode diet yang pas dan sesuai dengan kondisi tubuh.

3. Rajin olahraga

Berolahraga mampu membantu Anda cepat haid dengan menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh. Hormon yang seimbang dalam tubuh membuat siklus menstruasi kembali teratur, sehingga jadwal selanjutnya akan datang tepat waktu.

Cobalah rutin berolahraga ringan dulu paling tidak 30 menit sehari, misalnya dengan jogging, jalan santai, atau berenang jika haid belum juga datang. Berolahraga ringan tetapi rutin dapat membantu mengembalikan hormon yang diperlukan untuk melancarkan haid.

Jangan malah langsung berolahraga berat seperti angkat beban atau yang berintensitas tinggi setiap hari karena ini akan semakin menghambat haid. Jangan pula hanya berolahraga hanya ketika mau saja.

Agar haid cepat datang dan selalu teratur setiap bulannya, olahraga rutin tiga kali setiap minggu adalah cara terbaik buat Anda

Selain membuat badan bugar, olahraga juga melepaskan hormon dopamin yang membuat bahagia. Ketika merasa bahagia, Anda sekaligus terhindar dari stres yang bisa menghambat siklus haid.

4. Menggunakan alat KB

Menggunakan alat kontrasepsi hormonal (seperti KB spiral ata koyo) merupakan salah satu cara yang bisa diandalkan untuk mempercepat haid.

Namun, alat kontrasepsi hormonal hanya efektif digunakan untuk Anda yang siklus haidnya tidak teratur. Anda tidak bisa menggunakan KB spiral untuk mempercepat datangnya menstruasi pertama.

Alternatif kontrasepsi yang bisa Anda gunakan agar cepat haid adalah dengan atau minum pil KB kombinasi. Pil ini mengandung kombinasi estrogen dan progestin.

Sebagai cara mempercepat haid, minum pil hormon selama 21 hari berturut-turut kemudian minum pil plasebo selama 7 hari. Di rentang 7 hari ini, menstruasi umumnya akan datang.

Namun Anda tak bisa sembarangan minum pil KB. Konsultasikan terlebih dahulu ke dokter dan katakan bahwa Anda sedang mencari cara agar cepat haid. Nantinya dokter akan mencarikan cara paling efektif untuk mempercepat haid Anda.

Pastikan untuk minum obat sesuai dengan petunjuk dokter. Saat minum pil KB, usahakan untuk meminumnya diwaktu yang sama agar efeknya lebih maksimal.

5. Berhubungan seks

Ternyata berhubungan seks dengan pasangan bisa jadi cara alternatif agar cepat haid. Baik itu seks dengan penetrasi (memasukkan penis ke vagina) atau tanpa penetrasi (misalnya, petting atau sekadar bercumbu) bisa membuat jadwal haid Anda maju.

Rangsangan seks dan orgasme bisa membuat serviks membesar dengan sendirinya. Ketika serviks melebar, rahim akan berkontraksi untuk membuat ruang kosong. ni dapat menjadi kesempatan untuk rahim meluruhkan lapisannya.

Selain itu, seks yang teratur juga bisa membantu menyeimbangkan hormon tubuh karena sangat mengurangi stres. Ketika hormon dalam tubuh seimbang, siklus haid pun bisa lancar dan datang lebih cepat.

Apakah minum vitamin C dosis tinggi bisa mempercepat haid?

asam pantotenat / vitamin B5

Anda mungkin pernah mendengar mitos mengonsumsi vitamin C dalam dosis tinggi bisa jadi cara mempercepat haid. Teorinya, asupan vitamin C dosis tinggi yang dikonsumsi dalam jangka panjang akan meningkatkan kadar hormon estrogen dan progresteron dalam darah.

Jika Anda tiba-tiba Anda berhenti minum vitamin C, kedua hormon tersebut akan merosot turun cukup drastis. Penurunan hormon tersebut dipercaya memicu peluruhan dinding rahim yang ditandai dengan perdarahan menstruasi. Sayangnya, belum ada penelitian medis yang bisa membuktikan teori ini.

Justru menurut seorang dokter spesialis anak dan remaja dr. Molly O’Shea, minum vitamin C dosis tinggi dalam jangka panjang membuat hormon Anda kebal. Akibatnya sistem reproduksi Anda tak akan merasakan efek apa pun.

Selain itu, mengonsumsi vitamin C dosis tinggi bisa membahayakan kesehatan. Sudah banyak laporan orang yang overdosis vitamin C mengalami diare, mual, muntah, maag, kram perut, hingga kencing batu. Maka, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi vitamin C dosis tinggi sebagai cara mempercepat haid.

Apakah minum obat hormon bisa mempercepat haid?

Bila Anda periksa ke dokter karena terlambat haid, dokter mungkin akan meresepkan obat perangsang hormon. Salah satunya adalah medroxyprogesterone.

Sifat zat kimia buatan ini sangat mirip dengan hormon progresterone. Otak akan membaca kehadiran hormon ini sebagai tanda bahwa menstruasi sudah dekat. Harapannya, hormon lain dalam sistem reproduksi Anda akan lantas berfungsi normal lagi.

Namun, obat perangsang hormon biasanya baru akan diberikan bila Anda memang mengidap gangguan siklus menstruasi tertentu. Misalnya amenore (tidak menstruasi) atau endometriosis. Dengan kata lain obat ini baru akan diresepkan kalau kondisi Anda cukup serius.

Dosis serta cara penggunaan obat ini hanya bisa ditentukan oleh dokter. Pasalnya, tubuh dan kondisi kesehatan setiap wanita berbeda-beda. Jadi sebaiknya Anda langsung berkonsultasi pada dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan yang belum dipastikan aman bagi Anda.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa memeriksakan diri ke dokter dan meminta rekomendasi langsung darinya. Dokter bisa memberikan cara yang paling efektif dan aman untuk mempercepat jadwal haid Anda.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

9 Bahaya yang Bisa Terjadi Jika Nekat Bikin Tato di Mata

Tertarik ingin mata Anda berwarna tidak hanya warna putih saja? Tato mata bisa jadi jawabannya. Sebelum lakukan, cari tahu dulu bahayanya di sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Kesehatan Mata, Penyakit Mata 3 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

5 Langkah untuk Berhenti Merokok

Berhenti merokok memang bukan perkara mudah. Mulailah dengan 5 langkah berikut.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Berhenti Merokok, Hidup Sehat 3 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Apakah Produk Pembersih di Rumah Anda Sebabkan Masalah Pernapasan?

Kandungan dalam berbagai produk pembersih rumah bisa menimbulkan masalah kesehatan. Bagaimana cara memilih dan mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 3 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit

Selain Mempercantik Kamar, 7 Tanaman Ini Juga Bisa Bantu Tidur Nyenyak

Beberapa jenis tanaman untuk kamar membawa efek menenangkan dan mampu membersihkan udara dari polusi, bau, dan jamur. Apa saja jenisnya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 2 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

berhenti minum pil kb

7 Hal yang Bisa Terjadi Pada Tubuh Jika Anda Berhenti Minum Pil KB

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
gaya pengasuhan

Kenali Tanda dan Cara Mengatasi Anak Hiperaktif

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit
mudah dihipnotis

Mengapa Sebagian Orang Mudah Dihipnotis, Sementara yang Lain Tidak?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
manfaat buah mangga

7 Manfaat Kesehatan yang Bisa Anda Dapat dari Buah Mangga

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit