12 Hal yang Tanpa Disadari Membuat Punggung Kanan Terasa Sakit

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 25 November 2020 . Waktu baca 11 menit
Bagikan sekarang

Sakit punggung adalah keluhan nyeri yang cukup umum. Peluang seseorang mengalami sakit punggung mungkin juga makin meningkat karena faktor usia dan aktivitas fisik sehari-hari. Namun, beda lokasi nyerinya beda pula penyebabnya. Bagaimana dengan sakit punggung di sebelah kanan?

Macam-macam penyebab sakit punggung sebelah kanan

Sakit punggung sering membuat Anda tidak nyaman saat beraktivitas. Nyeri punggung sebelah kanan bisa dipicu berbagai macam hal, tapi umumnya bermula dari masalah otot atau tulang di area tersebut. Dikutip dari Penn Medicine, rasa sakit dapat menyebar dari tulang, sendi, ligamen, otot, atau pun terkombinasi.

Sakit punggung seperti ini biasanya tidak serius dan dapat sembuh dengan perawatan rumahan yang tepat. Di sisi lain, beberapa kondisi kesehatan tertentu mungkin bisa menyebabkan nyeri yang cukup serius dan berlangsung cukup lama. Nyeri punggung yang serius mungkin dipicu oleh masalah pada organ dalam yang jauh dari lokasi nyeri. Jika sudah begini, Anda perlu mendapatkan perawatan medis yang tepat.

Lantas, bagaimana membedakan mana penyebab punggung kanan sakit yang masih wajar dan yang perlu pertolongan medis?

1. Otot kaku atau tegang

Berikut beberapa olahraga yang dapat dilakukan untuk memperbaiki postur tubuh yang bungkuk.

Nyeri otot di area punggung sebelah kanan dapat membuat Anda merasakan sakit tumpul atau pegal linu. Otot di area punggung yang menegang dalam waktu lama akan tertarik dan memunculkan nyeri.

Nyeri otot punggung pada kebanyakan kasus dapat disebabkan oleh postur tubuh yang buruk saat duduk maupun berdiri.

Sebagai contoh, mempertahankan postur badan yang membungkuk dapat membuat otot-otot tubuh bagian atas terus tertarik ke bawah karena bahu dibiarkan terkulai jatuh. Sementara itu, otot-otot punggung serta leher dipaksa terus-terusan menopang berat kepala ketika Anda membungkuk.

Ketegangan otot juga bisa disebabkan oleh gerakan tubuh yang canggung seperti salah bantal saat tidur, atau gerakan tubuh yang keliru saat olahraga; misalnya salah cara mengangkat beban besi atau peregangan memutar badan yang berlebihan.

Selain karena aktivitas, masalah kesehatan tertentu yang menyerang otot-otot serta saraf bagian leher, bahu, dan punggung kanan atas juga dapat membuat sakit. Beberapa penyakit yang jadi penyebab punggung kanan sakit adalah fibromyalgia, nyeri myofascial, dan masalah tulang belakang seperti saraf kejepit.

2. Gerakan yang berulang

angkat barang berat bikin hernia

Jika pekerjaan atau aktivitas harian menuntut Anda untuk mengulang gerakan yang sama secara berkelanjutan, hal tersebut tentu dapat berdampak pada kondisi tubuh.

Persendan dan otot yang digunakan berkali-kali untuk melakukan gerakan yang sama dapat aus dan meregang hingga akhirnya muncul rasa sakit. Sebagai contoh, jika Anda diharuskan berulang kali bolak-balik mengangkat barang di sisi badan yang sama, otot punggung dapat menegang.

Sakit punggung sebelah kanan juga dapat disebabkan oleh aktivitas fisik berulang yang bertumpu pada tangan kanan; misalnya bermain badminton atau melukis, dan bekerja di depan komputer dengan tangan kanan memegang tetikus (mouse).

Jika Anda tidak mengubah kebiasaan atau postur tubuh, nyeri bisa menjadi sakit punggung kronis.

3. Cedera fisik

sering jatuh usia tua

Cedera fisik seperti jatuh terpeleset dan bertumpu pada punggung sebelah kanan atau kecelakaan bermotor yang mengenai punggung atas mungkin bisa jadi penyebab sakit.

Adapun berbagai cedera yang bisa menyebabkan sakit punggung sebelah kanan atas yaitu:

  • Cedera tulang, seperti patah tulang rusuk,catau tulang belakang sisi kanan.
  • Cedera otot, ligamen, kartilago, dan jaringan lunak lainnya di sisi kanan leher, sendi bahu kanan, dan punggung atas serta tengah.
  • Adanya luka di area belakang kanan atas.

Apabila dibiarkan terus begitu saja tanpa pengobatan, sakit punggung kanan akibat cedera dapat berlanjut menjadi nyeri kronis.

4. Gangguan tulang belakang

penyempitan tulang leher

Bentuk tulang belakang yang normal seharusnya sejajar lurus ke bawah dan memang agak sedikit melengkung untuk membantu pergerakan tubuh.

Namun, derajat kelengkungan yang sangat ekstrem atau bergeser secara tidak biasa dapat menyebabkan kelainan tulang belakang. Apabila lengkungan normal pada punggung menjadi lebih besar atau lebih kecil, hal ini dapat menyebabkan sakit punggung sebelah kanan, tubuh yang kaku, sampai perubahan gaya berjalan.

Kelainan bentuk pada tulang belakang itu sendiri dapat berupa skoliosis, kifosis, atau lordosis. Skoliosis, misalnya, merupakan kelainan bentuk tulang belakang melengkung ke samping dan membentuk huruf S atau C. Orang dewasa dengan skoliosis cenderung mengalami sakit punggung sebelah kanan kronis.

Sementara itu, kifosis adalah kelengkungan ruas tulang punggung atas lebih dari 50 derajat yang membuat postur tubuh membungkuk. Kifosis paling sering terjadi pada wanita yang sudah tua. Masalah ini erat berhubungan dengan usia dan osteoporosis.

5. Osteoporosis

peeyebab sakit punggung sebelah kanan atas

Osteoporosis adalah masalah pengeroposan tulang yang berlangsung perlahan seiring bertambahnya usia. Di usia tua, tulang tidak lagi membentuk komposisi dan jaringan yang sama kuatnya seperti dulu untuk menghasilkan struktur baru.

Pada awalnya, gejala pengeroposan tulang cukup sulit dikenali karena tidak ada ciri-ciri fisik yang jelas.

Namun, seiring berjalannya waktu osteoporosis menyebabkan postur tubuh membungkuk dan memicu nyeri punggung yang menjalar ke leher. Rasa sakit di punggung sebelah kanan bisa sangat parah, meski pada lainnya nyeri tidak terlalu menusuk.

6. Osteoarthritis

Penyebab sakit punggung sebelah kanan atas

Osteoarthritis adalah peradangan sendi yang membuat tulang rawan dan tulang Anda mengalami kerusakan secara bertahap. Peradangan persendian di area tulang belakang dapat memicu rasa sakit di punggung sebelah kanan atas, yang menjalar hingga ke leher, tangan, serta bahu.

Selain itu, berbagai gejala osteoarthritis lainnya meliputi:

  • Sendi terasa sakit selama atau setelah digerakkan.
  • Sendi terasa lebih lunak saat diberikan tekanan.
  • Sendi terasa kaku di pagi hari saat bangun tidur, dan ketika sedang tidak aktif melakukan kegiatan.
  • Peradangan pada sendi.
  • Sendi kehilangan sifat fleksibilitasnya, yang membuatnya menjadi lebih kaku dan sulit untuk digerakkan.
  • Munculnya taji tulang di sekitar sendi sasaran, yakni tonjolan tulang yang keras dan tajam.

Jika osteoarthritis dibiarkan tanpa pengobatam, rasa sakit yang ditimbulkan bisa menjadi lebih kuat dan intens.

7. Masalah pada paru-paru

karbohidrat tinggi

Berbagai masalah pada paru-paru sebelah kanan bisa menyebabkan rasa sakit di dada, yang menjalar ke punggung.

Beberapa penyakit paru yang gejalanya dapat ikut membuat punggung kanan terasa sakit adalah pneumonia, radang selaput dada (pleuritis), dan efusi pleura (paru-paru basah). Sakit punggung sebelah kanan juga mungkin disebabkan oleh paru-paru yang tertusuk saat mengalami cedera.

Jika sakit punggung sebelah kanan atas disertai dengan rasa nyeri dada tiba-tiba saat menarik napas dalam, ini mungkin adalah tanda dari emboli paru. Jika sakitnya terasa semakin parah dan membuat Anda sampai kehabisan napas, batuk darah, atau merasa lemah, segera hubungi dokter.

Sakit punggung sebelah kanan atas juga bisa menjadi salah satu gejala dari kanker paru. Gejala sakit punggung yang berhubungan dengan kanker paru mungkin menunjukkan tanda-tanda tertentu, seperti:

  • Sakit makin parah di malam hari
  • Nyeri muncul tanpa aktivitas
  • Nyeri terasa saat berbaring di tempat tidur
  • Nyeri timbul saat mengambil napas dalam-dalam

8. Gangguan pencernaan

anatomi sistem pencernaan

Meski terkesan tidak berhubungan, tetapi gangguan pencernaan bisa menjadi penyebab sakit punggung sebelah kanan atas.

Peradangan kantong empedu, misalnya, dapat menyebabkan rasa sakit yang cukup parah di bawah tulang rusuk kanan dan meluas ke punggung kanan sampai ke tulang belikat kanan. Kondisi ini juga biasanya disertai dengan mual-muntah, perubahan warna kulit, hingga hilangnya nafsu makan

Selain itu, masalah pada hati, organ perut, dan juga usus bisa membuat rasa sakit yang juga memengaruhi punggung bagian atas.

Jika sakit punggung sebelah kanan atas terus berlangsung dalam waktu lama dan justru semakin memburuk, segera periksakan ke dokter untuk mencari tahu penyebabnya.

9. Kostokondritis

tulang dada sakit

Salah satu penyebab utama nyeri punggung adalah kondisi yang disebut kostokondritis (costochondritis).

Kostokondritis adalah peradangan pada tulang rawan yang menghubungkan tulang rusuk dengan tulang dada. Peradangan ini dapat membuat Anda merasakan sakit yang bergerak dari dada ke punggung kanan.

Berikut berbagai gejala lainnya yang akan Anda alami jika memiliki kostokondritis, yaitu:

  • Nyeri yang menyerang sisi kiri tulang dada.
  • Rasa sakit yang tajam dan menusuk seperti ditekan-tekan.
  • Rasa sakit semakin terasa saat mengambil napas dalam-dalam atau batuk.
  • Nyeri terjadi pada lebih dari satu tulang rusuk

10. Stres

penyebab sakit punggung sebelah kanan atas

Ternyata, stres dan kecemasan yang dibiarkan berlarut-larut juga dapat menjadi penyebab nyeri punggung sebelah kanan.

Hal ini dikarenakan tubuh Anda yang melawan perasaan tersebut serta otot menjadi lebih tegang sehingga berakibat rasa sakit yang terasa di bagian punggung atas.

Saat stres, Anda juga bisa merasakan hal lain seperti detak jantung menjadi lebih cepat, sakit kepala, hingga kenaikan asam lambung.

11. Infeksi tulang belakang

penyebab sakit punggung sebelah kanan atas

Infeksi pada tulang belakang dapat menyebabkan nyeri punggung kanan atas. Infeksi yang terjadi pada daerah tulang belakang bisa disebabkan karena bakteri, virus, dan juga jamur. Namun, kasus ini sangat jarang terjadi. Infeksi pun tidak hanya memengaruhi tulang belakang, tapi juga sumsum tulang serta cakram tulang.

Anda bisa mengalami hal ini apabila sistem kekebalan tubuh sedang lemah atau pun akibat dari prosedur setelah operasi.

Gejala lain yang bisa dirasakan adalah mati rasa, demam, atau kesemutan.

12. Penyebab sakit punggung sebelah kanan lainnya

Selain penyebab yang telah disebutkan di atas, nyeri punggung sebelah kanan juga bisa terjadi karena hal-hal lain, seperti:

  • Infeksi ginjal atau batu ginjal
  • Robekan pada esofagus
  • Infeksi di area ovarium
  • Kanker tulang belakang

Gejala penyerta sakit punggung sebelah kanan yang harus diwaspadai

Dilihat dari berbagai kemungkinan penyebab di atas, nyeri punggung sebelah kanan dapat menandakan masalah kesehatan serius

Maka dari itu, waspadai berbagai tanda dan gejala sakit punggung sebelah kanan yang mengindikasikan kondisi cukup serius seperti berikut ini:

1. Demam

Dalam kasus tertentu, sakit punggung sebelah yang parah disertai demam, mati rasa atau kesemutan di lengan dapat berasal dari infeksi tulang belakang.

Beberapa faktor risiko yang memicu gejala ini adalah jika Anda mengalami imununosupresi, memiliki kanker atau diabetes, atau obesitas.

2. Kaki melemah

Jika Anda merasakan sakit punggung sebelah kanan dengan mati rasa atau kaki dan lengan menjadi lemah, mungkin ini adalah gejala cedera neurologis dan radang sendi seperti osteoarthritis. Rasa sakit yang dirasakan membuat penderita jadi sulit untuk bergerak.

3. Rasa sakit semakin meningkat saat bergerak

Jika Anda baru saja mengalami cedera, seperti kecelakaan atau jatuh dari ketinggian, Anda dapat mengalami patah tulang rusuk.

Tergantung bagian mana yang patah, Anda mungkin akan merasakan sakit punggung sebelah kanan atas.

Rasa sakit biasanya muncul dari sedang sampai berat, tetapi akan semakin parah saat Anda bergerak. Periksakan kondisi Anda segera dengan dokter, terutama setelah cedera parah.

4. Rasa sakit semakin parah di malam hari

Sakit punggung kanan yang terasa semakin parah pada malam hari dapat dipengaruhi oleh tumor di daerah punggung, atau tumor yang menyebar (bermetastasis) ke tulang di sekitar punggung.

Selain itu, Anda mungkin juga perlu segera ke dokter jika rasa sakit punggung tidak merespon terapi fisik atau perawatan medis lainnya, dan membuat Anda:

  • Sesak napas
  • Nyeri bergerak dari dada ke punggung Anda
  • Sakit saat menarik napas dalam
  • Disertai dengan batuk terus-menerus, sesak napas, penurunan berat badan tiba-tiba, kelelahan, atau batuk darah.

Cara mengatasi dan mencegah sakit punggung sebelah kanan

Tidak semua penyebab sakit punggung punggung sebelah kanan bisa sepenuhnya dicegah. Namun, kebanyakan dari kasus nyeri punggung kanan dapat diatasi dengan perawatan medis yang disesuaikan dengan penyebab dasarnya.

Namun, setidaknya Anda bisa melakukan beberapa perawatan yang cukup mudah seperti yang dilansir dalam Medical News Today di bawah ini:

  • Lakukan sedikit peregangan apabila Anda duduk terlalu lama.
  • Lakukan peregangan pada otot sebagai pemanasan.
  • Hindari menggunakan tas berat di sisi bagian kanan saja.
  • Jaga postur tubuh yang benar saat berdiri, berjalan, berlari, dan duduk.
  • Mengistirahatkan sisi tangan kanan.
  • Kompres dengan menggunakan handuk dingin atau hangat agar sirkulasi darah kembali lancar.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

8 Tanda Pencernaan Anda Sehat dan Berfungsi Baik

Pencernaan yang sehat tidak selalu harus digambarkan dengan buang air besar teratur. Simak 7 tanda lainnya dari sistem pencernaan yang sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Tips Sehat 3 Januari 2020 . Waktu baca 11 menit

5 Penyebab Punggung Terasa Panas, Plus Cara Mengatasinya

Punggung terkadang terasa panas secara tiba-tiba tanpa Anda tahu apa penyebabnya. Yuk cari tahu penyebabnya untuk tahu langkah pengobatannya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Fakta Unik 15 September 2019 . Waktu baca 7 menit

Tips Tidur Nyaman Meski Punya Sakit Punggung

Tidur dengan sakit punggung yang kambuh tentu membuat Anda tidak nyenyak. Untuk mencegahnya, ikuti beberapa tipsnya berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Tips Sehat 4 Agustus 2019 . Waktu baca 4 menit

Sering Sakit Punggung Saat Duduk? Jajal 7 Cara Ini untuk Meredakannya

Alih-alih membuat tubuh lebih nyaman, duduk kadang bisa membuat punggung nyeri. Dalam kondisi ini, bagaimana cara memulihkan sakit punggung saat duduk?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 24 Juli 2019 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

nyeri atau sakit punggung

Nyeri Punggung, Ketahui Penyebab Hingga Pengobatan yang Efektif

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 10 menit
obat cacing kremi

Obat Paling Ampuh untuk Menghilangkan Cacing Kremi

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 25 September 2020 . Waktu baca 5 menit
osteoporosis

Osteoporosis

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 23 September 2020 . Waktu baca 10 menit
infeksi kandung kemih cystitis adalah

Infeksi Kandung Kemih

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 6 Agustus 2020 . Waktu baca 10 menit