Beda lokasi nyeri punggung Anda, beda pula penyebabnya. Sakit punggung sebelah kanan atas bisa terjadi karena berbagai macam hal. Mulai dari masalah otot atau tulang di area tersebut sampai masalah pada organ dalam yang jauh dari lokasi nyeri. Apa saja kemungkinan penyebabnya?

Sakit punggung sebelah kanan atas, mungkin karena…

1. Otot kaku atau tegang

olahraga dumbell untuk otot lengan

Postur tubuh yang buruk saat duduk maupun berdiri bisa membuat punggung sebelah kanan atas terasa sakit. Sebab, otot-otot punggung serta leher dipaksa terus-terusan menopang berat kepala ketika Anda membungkuk. Sementara itu, otot-otot tubuh bagian atas ini juga terus tertarik ke bawah saat bahu terkulai jatuh karena postur Anda tidak tegap.

Selain itu, berbagai kegiatan yang terlalu banyak menggunakan tangan kanan juga bisa menjadi penyebab punggung kanan atas terasa nyeri. Misalnya, bermain badminton, melukis, dan juga seharian bekerja di depan komputer dengan tangan kanan memegang tetikus (mouse).

Berbagai gerakan berulang di sisi yang sama secara berlebihan akan membuat otot menegang hingga terasa nyeri.

2. Cedera

sering jatuh usia tua

Jika Anda pernah jatuh bertumpu pada punggung sebelah kanan atau mengalami kecelakaan yang mengenai punggung atas, ini mungkin bisa jadi penyebab sakit punggung sebelah kanan atas Anda.

Berbagai cedera yang Anda alami dan dibiarkan begitu saja bisa menyebabkan rasa sakit pada punggung di kemudian hari.

Adapaun berbagai cedera yang bisa menyebabkan rasa sakit pada punggung kanan atas Anda yaitu:

  • Cedera tulang, seperti patah tulang rusuk atau tulang belakang sisi kanan.
  • Cedera otot, ligamen, kartilago, dan jaringan lunak lainnya di sisi kanan leher, sendi bahu kanan, dan punggung atas serta tengah.
  • Cedera olahraga yang menyebabkan tarikan pada otot dan tulang serta cedera jaringan lunak.
  • Adanya luka di area belakang kanan atas.

3. Gangguan muskoloskeletal

risiko angkat beban

Gangguan muskoloskeletal adalah kondisi yang mengganggu fungsi sendi, ligamen, otot, saraf, tendon, serta tulang belakang. Berbagai masalah yang memengaruhi bagian dari muskoloskeletal ini bisa menjadi penyebab sakit pungung atas, misalnya:

  • Gerakan tubuh yang canggung, salah bantal saat tidur, cara mengangkat beban yang salah, serta peregangan memutar tubuh yang keliru.
  • Masalah kesehatan yang memengaruhi tulang rusuk dan sendi di daerah punggung kanan atas.
  • Fibromyalgia, nyeri myofascial, dan kondisi nyeri otot lainnya yang menyerang leher, bahu, dan punggung kanan bagian atas.
  • Masalah tulang belakang seperti saraf kejepit dan tekanan pada saraf.

4. Masalah pada paru-paru

karbohidrat tinggi

Berbagai masalah pada paru-paru terutama bagian kanan bisa menyebabkan rasa sakit pada punggung Anda. Pneumonia, radang selaput dada, dan efusi pleura (paru-paru basah) tak hanya menyebabkan nyeri dada tetapi juga bisa menyebabkan nyeri punggung kanan atas.

Selain itu, emboli paru juga bisa menyebabkan Anda mengalami sakit punggung sebelah kanan atas yang disertai dengan sesak napas dan nyeri yang muncul tiba-tiba.

5. Gangguan pencernaan

anatomi sistem pencernaan

Meski terkesan tidak berhubungan, tetapi gangguan pencernaan bisa membuat punggung kanan atas Anda terasa sakit.

Peradangan kantong empedu, misalnya, dapat menyebabkan rasa sakit yang cukup parah di bawah tulang rusuk kanan dan meluas ke punggung kanan atas sampai ke tulang belikat kanan. Kondisi ini juga biasanya disertai dengan mual-muntah, perubahan warna kulit, hingga hilangnya nafsu makan

Selain itu, masalah pada hati, organ perut, dan juga usus bisa membuat rasa sakit yang juga memengaruhi punggung bagian atas.

Jika sakit punggung sebelah kanan atas terus berlangsung dalam waktu lama dan justru semakin memburuk, segera periksakan ke dokter untuk mencari tahu penyebabnya.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca