5 Manfaat Kedelai Bagi Kesehatan: Dari Cegah Diabetes Hingga Kanker Payudara

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Kedelai adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang kaya akan nutrisi penting. Mulai dari protein, serat, asam lemak omega-6, antioksidan, hingga fitoestrogen. Maka, tak heran kalau kedelai bisa menawarkan segudang manfaat sehat buat tubuh. Apa saja makanan yang terbuat dari kedelai dan manfaat kedelai bagi kesehatan? Berikut penjelasan lengkapnya.

Berbagai manfaat kedelai untuk kesehatan

Dirangkum dari berbagai penelitian di seluruh dunia, rutin mengonsumsi kacang kedelai atau produk-produk olahannya bisa memberikan beragam khasiat jitu di bawah ini.

1. Menjaga kesehatan jantung

Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam The New England Journal of Medicine, mengonsumsi kedelai setiap hari mampu menurunkan sampai 12,9 persen kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Hasil penelitian serupa juga berhasil dibuktikan oleh tim ahli dari American Heart Association (Asosiasi Jantung Amerika).

Menjaga kadar kolesterol tetap normal mampu menurunkan risiko Anda terkena serangan jantung, stroke, dan akibat dari penyakit jantung lainnya. Keampuhan kedelai dalam menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung akan semakin terasa bila Anda mulai menggantikan konsumsi protein hewani seperti daging dengan protein dari kedelai.

2. Meredakan gejala menopause

Dalam jurnal ilmiah Menopause tahun 2010, terbukti bahwa mengonsumsi makanan dari kedelai secara rutin ternyata mampu meringankan gejala atau perubahan tubuh yang dialami wanita saat memasuki masa menopause. Khususnya masalah badan jadi panas dan mudah berkeringat (hot flashes), terutama di malam hari.

Ini karena kedelai mengandung isoflavon, yaitu fitoestrogen alami yang akan bertindak layaknya hormon estrogen dalam tubuh wanita. Pada masa menopause, produksi hormon estrogen akan menurun drastis sehingga Anda mengalami gejala-gejala seperti hot flash. Maka, mengonumsi kedelai bisa membantu meredakan gejala menopause akibat kurangnya estrogen.

3. Mengurangi risiko kanker payudara

Karena kedelai mengandung fitoestrogen yang mirip dengan hormon estrogen, maka tubuh tidak perlu lagi menghasilkan lebih banyak hormon estrogen. Estrogen sendiri jika kadarnya berlebihan dapat menghidupkan sel-sel kanker pada payudara. Maka, mengonsumsi makanan dari kedelai mampu mengurangi risiko kanker payudara.

Fakta tersebut berhasil dicatat oleh para ahli dalam American Journal of Clinical Nutrition. Penelitian ini juga membuktikan bahwa risiko kanker payudara bisa berkurang hingga 60 persen kalau Anda rutin mengonsumsi kedelai.

4. Meningkatkan daya ingat dan fungsi otak

Manfaat kedelai yang tak kalah penting yaitu meningkatkan daya ingat serta fungsi otak. Studi yang dilakukan oleh tim ahli dari University of California San Diego, School of Medicine ini menunjukkan kalau kedelai bisa mencegah pikun atau berkurangnya kemampuan berpikir karena faktor usia. Pasalnya, kedelai mengandung asam lemak omega-6 yang baik untuk kesehatan otak dan saraf.

5. Menurunkan gula darah dan baik untuk penderita diabetes

Konsumsi kedelai bisa menurunkan risiko Anda mengidap diabetes tipe 2. Analisis terbaru di The American Journal of Clinical Nutrition menelaah 24 penelitian tentang hubungan kedelai dan diabetes. Hasilnya, makanan yang mengandung kedelai lebih efektif menurunkan gula darah puasa, yang merupakan salah satu cara mengontrol diabetes.

Macam-macam makanan dari kedelai

Mudah sekali untuk mendapatkan berbagai macam makanan atau minuman dari kedelai. Inilah beberapa contoh sumber pangan yang dibuat dari kedelai.

1. Tahu dan tempe

Bahan pangan olahan fermentasi kedelai ini pasti sudah begitu akrab di lidah. Selain tinggi protein dan serat, tahu dan tempe juga kaya akan probiotik. Probiotik mampu meningkatkan kadar bakteri baik dalam usus Anda.

2. Kecap

Baik kecap manis, kecap asin, dan kecap Inggris sama-sama dibuat dari sari kacang kedelai. Anda bisa menambahkan kecap dalam hidangan yang disajikan di rumah untuk mendapatkan berbagai manfaat kedelai bagi kesehatan.

3. Camilan yang mengandung kedelai

Kalau ingin mencari sumber kedelai yang praktis namun tetap sehat, pilih snack olahan kedelai yang  tinggi  serat dan protein. Dengan snacking sehat, Anda pun bisa ngemil sekaligus mengganjal perut lebih lama karena snack ini tinggi serat dan protein.

Snacking dua jam sebelum makan  bisa membantu Anda membatasi dan mengurangi porsi karbo serta mengendalikan nafsu makan. Anda pun tak akan kalap mengonsumsi karbohidrat atau kalori berlebih saat makan besar.

4. Susu kedelai

Susu kedelai adalah sumber protein dan vitamin B yang baik buat kesehatan. Dibandingkan dengan susu sapi, susu kedelai juga lebih rendah lemak dan bisa jadi alternatif buat Anda yang mengidap intoleransi laktosa.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Juli 11, 2017 | Terakhir Diedit: Januari 3, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca