Hampir setiap perempuan dewasa dianjurkan untuk menjalani mammografi secara teratur selama hidupnya. Mammografi adalah teknik pemeriksaan payudara untuk mendeteksi dan mendiagnosis kanker payudara. Prosedur ini terutama sangat bermanfaat bagi wanita yang memiliki riwayat kanker payudara dalam keluarga. Lantas, wanita harus mammografi mulai di usia berapa, dan harus seberapa sering melakukannya? Berikut penjelasannya.

Apa fungsi mammografi?

Mammografi berfungsi untuk mendeteksi dan mendiagnosis masalah atau penyakit pada payudara, termasuk kanker payudara. Semakin cepat mammografi dilakukan, kanker lebih mudah untuk diobati dan disembuhkan.

Mammografi tidak dapat mencegah kanker payudara, namun dapat menyelamatkan nyawa dengan mendeteksi kanker sedini mungkin bahkan jika Anda tidak/belum menunjukkan gejala apa pun.

Seperti apa proses mammografi untuk deteksi kanker payudara?

Mammografi adalah prosedur medis yang menggunakan sinar rontgen dosis rendah untuk mendeteksi pertumbuhan atau perubahan abnormal pada jaringan payudara, yang dapat menunjukkan keberadaan kanker. Pada dasarnya, mammogram merupakan rontgen untuk dada.

Selama pengambilan gambar, Anda mungkin akan diminta berdiri atau duduk tergantung dari fasilitas uji. Payudara Anda akan ditempelkan pada layar pemindai rontgen, kemudian sebuah kompressor yagn terdiri dari dua piringan plastik akan menekan payudara Anda ke bawah untuk meratakan jaringan. Hal ini akan menunjukkan hasil gambar yang lebih jelas dari payudara Anda. Anda mungkin akan diharuskan untuk menahan napas setiap kali pengambilan gambar. Selama mammogram, Anda mungkin akan sedikit merasakan nyeri atau tidak nyaman, namun tidak akan bertahan lama.

Setelah prosedur tersebut selesai, laporan mammografi akan siap dalam 30 hari. Gambar yang diambil dalam proses mamografi disebut mamogram (lihat bawah).

Contoh hasil mammogram (sumber: http://guardianlv.com/)

Dalam mamogram, jaringan payudara yang padat tampak berwarna putih sementara jaringan lemak dengan kepadatan rendah akan berwarna abu-abu. Keberadaan sel tumor akan ditunjukkan dengan gambar berwarna putih sama seperti jaringan payudara yang padat.

Selama prosedur, dokter akan memeriksa hasil gambar yang ditampilkan di layar pemindai dan meminta teknisi radiologi untuk mengambil beberapa gambar tambahan jika hasil yang sudah ada terlihat kurang jelas atau membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut. Jangan panik, hal ini lazim untuk dilakukan.

Harus mammografi mulai usia berapa, dan harus seberapa sering?

Bagi kebanyakan wanita yang tidak berisiko tinggi terkena kanker payudara, mamogram teratur tidak perlu dimulai sebelum menginjak usia 50 tahun. Namun jika Anda tidak berisiko tinggi dan tetap ingin waspada, Anda boleh memilih untuk menjalani mammografi pertama kali pada usia sekitar 40-44 tahun. Apabila hasilnya normal, tunggu sampai ulang tahun Anda yang ke-50 untuk mendapatkan mammogram berikutnya.

Yang penting untuk dipahami, risiko kanker payudara meningkat seiring bertambahnya usia. Itulah mengapa sangat penting bagi semua wanita usia menopause harus mammografi secara teratur.

Yayasan kanker di Amerika Serikat, The American Cancer Society, merekomendasikan wanita yang berisiko kanker payudara rata-rata harus mammografi mulai pada usia 45 tahun dan terus dilanjutkan rutin setiap tahun berikutnya.

Wanita usia 45 hingga 54 tahun harus mendapatkan mammografi setiap tahun. Sementara itu, wanita usia 55 tahun ke atas harus mammografi setiap 2 tahun sekali setelah mammografi pertamanya, atau dapat terus melanjutkan skrining setahun sekali.

Jika Anda sudah mendapatkan mammogram pertama Anda, skrining harus terus berlanjut selama Anda dalam keadaan sehat dan diperkirakan akan hidup 10 tahun lagi atau lebih lama.

Diskusikan dengan dokter untuk lebih jelasnya

Pada dasarnya, kapan Anda harus mulai mendapatkan mammogram serta harus seberapa rutin untuk ke depannya adalah keputusan pribadi antara Anda dan dokter Anda. Jika Anda sudah berusia di atas 40 tahun, bicarakan dengan dokter kapan sebaiknya Anda harus memulai skrining mamogram.

Beberapa dokter mungkin menyarankan untuk memulai mammografi lebih awal dari usia 40 tahun setelah melihat faktor risiko Anda.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca