Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

6 Cara Pemeriksaan Kanker Payudara, Mandiri Hingga Medis

    6 Cara Pemeriksaan Kanker Payudara, Mandiri Hingga Medis

    Sampai saat ini, kanker payudara masih menjadi satu hal yang ditakuti oleh wanita. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan kanker payudara sedini mungkin saat Anda menyadari adanya perubahan pada payudara Anda.

    Selain memeriksakannya pada dokter, Anda juga perlu melakukan pemeriksaan pada payudara secara mandiri untuk mendeteksi kanker sedini mungkin. Lantas, apa saja pemeriksaan yang dapat dilakukan?

    Pemeriksaan kanker payudara

    pemeriksaan kanker payudara, tes kanker payudara, deteksi kanker payudara sejak dini, diagnosis kanker payudara

    Kanker payudara terjadi saat sel-sel abnormal tumbuh secara tidak terkendali di dalam payudara. Beberapa kasus menunjukkan bahwa seseorang mungkin tidak menyadari bahwa mereka memilikinya. Oleh karena itu, pemeriksaan perlu dilakukan untuk mengetahuinya.

    Berikut pemeriksaan kanker payudara yang dapat Anda pilih:

    1. Periksa payudara sendiri (SADARI)

    Deteksi kanker payudara sejak dini penting untuk dilakukan, karena semakin cepat sel kanker ditemukan, semakin besar pula potensi kesembuhan.

    Deteksi dini ini dapat Anda lakukan dengan periksa payudara sendiri (SADARI). Cara ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya benjolan atau keanehan fisik pada payudara sebagai gejala kanker payudara. SADARI sebaiknya dilakukan setiap sebulan sekali supaya Anda mengetahui perubahan yang terjadi.

    Namun, pemeriksaan ini tentu tidak cukup untuk memutuskan ada tidaknya kanker, Anda tetap harus melakukan tes kanker payudara dengan bantuan klinis.

    Berikut berbagai tes untuk memeriksa dan mendiagnosa kanker payudara yang biasa dilakukan dokter:

    2. Pemeriksaan payudara klini (SADANIS)

    Sebelum memeriksa kondisi Anda dengan bantuan alat medis, dokter akan memeriksa payudara dengan tangan kosong. Tes ini dinamakan pemeriksaan payudara klinis (SADANIS) untuk melihat bentuk, ukuran, warna, dan tekstur payudara guna mendeteksi kemungkinan kanker.

    Dokter atau perawat yang memeriksa biasanya akan meraba payudara secara sistematis dengan gerakan melingkar guna mendeteksi letak benjolan di sekitar payudara.

    Selain di sekitar payudara, dokter juga akan melihat kelenjar getah bening di ketiak dan atas tulang selangka. Jika ada pembengkakan atau benjolan, dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan dengan tes lainnya.

    3. Mammografi

    Mammografi (mamografi) adalah pemeriksaan untuk mendiagnosis keberadaan kanker payudara, baik pada wanita yang bergejala atau tidak. Pemeriksaan mammografi sering kali bisa mendeteksi benjolan yang masih kecil atau belum terasa jika disentuh.

    Mamografi dilakukan dengan mengambil gambar jaringan payudara dengan sinar X. Ketika mamogram (hasil gambar mammografi) menunjukkan jaringan abnormal, akan dilakukan tes untuk memastikan jaringan abnormal tersebut kanker atau bukan.

    Pemeriksaan mammografi bisa dilakukan meski Anda tidak memiliki keluhan apapun terkait payudara. Bahkan, tes ini direkomendasikan bagi wanita berusia lanjut, sebagai salah satu cara deteksi dini kanker payudara.

    pemeriksaan kanker payudara, tes kanker payudara, deteksi kanker payudara sejak dini, diagnosis kanker payudara

    4. USG payudara

    USG (ultrasonografi) payudara atau USG mammae merupakan tes kanker payudara dengan bantuan gelombang suara yang menampilkan gambar di layar komputer.

    USG payudara bisa mendeteksi perubahan pada payudara, seperti benjolan atau perubahan jaringan. Selain itu, USG payudara juga bisa membedakan apakah benjolan tersebut berisi cairan yang berarti kista payudara atau massa padat yang mungkin jadi cikal bakal kanker.

    5. MRI payudara

    Magnetic resonance imaging (MRI) payudara adalah tes kanker payudara dengan magnet dan gelombang radio. Kombinasi keduanya akan menghasilkan gambar di seluruh bagian payudara dan menunjukkan jaringan lunak dengan sangat jelas.

    Pemeriksaan MRI merupakan pemeriksaan lanjutan saat seseorang didiagnosis kanker payudara dengan tujuan untuk mengetahui ukuran kanker dan mencari kemungkinan tumor lain di payudara.

    Wanita yang berisiko tinggi terkena kanker payudara, seperti memiliki riwayat keluarga atau keturunan dengan kanker payudara juga disarankan melakukan MRI lengkap dengan mamogradi tahunan. Pasalnya, ada beberapa temuan kanker yang hanya bisa dideteksi dengan mamografi.

    Selalu konsultasikan dengan dokter Anda mengenai cara mengecek dan mengenali kanker payudara yang tepat, sesuai dengan kondisi Anda.

    6. Biopsi

    Biopsi payudara dilakukan ketika pemeriksaan fisik, mamografi, atau tes pencitraan kanker payudara lain menunjukkan adanya deteksi sel kanker.

    Prosedur tes ini dilakukan dengan mengambil sampel jaringan yang dicurigai terdapat sel kanker di dalamnya untuk diperiksa di laboratorium dengan mikroskop.

    Dalam ilmu kedokteran, ada empat jenis biopsi yang biasa dilakukan untuk memeriksa kemungkinan adanya kanker payudara. Berikut empat macam pemeriksaan biopsi untuk kanker payudara:

    • Fine-needle aspiration biopsy
    • Core needle biopsy
    • Surgical biopsy
    • Lymph nodes biopsy

    Dari sekian banyak prosedur pemeriksaan kanker payudara, dokter hanya akan memilihkan mana yang paling sesuai untuk Anda. Mereka mungkin akan meminta Anda untuk melakukan tes lainnya, seperti ductogram, terutama bila ditemukan cairan, bukan ASI yang keluar dari puting.

    Tanyakan lebih jauh mengenai tes apa saja yang perlu Anda jalani sesuai dengan kondisi Anda, berikut dengan keuntungan dan efek samping yang mungkin akan Anda rasakan.

    Faktor yang menghambat pemeriksaan kanker payudara

    pemeriksaan kanker payudara, tes kanker payudara, deteksi kanker payudara sejak dini, diagnosis kanker payudara

    Pada beberapa kasus, dokter mungkin kesulitan mendeteksi dan mendiagnosis kanker payudara, sehingga sel kanker baru ditemukan saat kondisinya sudah parah. Hal tersebut dapat dipicu karena beberapa faktor berikut:

    1. Obesitas

    Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Arch Intern Med, wanita obesitas 20 persen lebih berisiko salah diagnosis ketika menjalani mamografi. Hal ini diduga karena ukuran payudara wanita obesitas lebih besar, sehingga lebih rumit untuk mendeteksi adanya tumor.

    Namun, ini juga bisa terjadi karena tumor pada orang obesitas tumbuh lebih cepat. Akibat faktor ini, tumor kanker pada wanita obesitas biasa ditemukan ketika ukurannya sudah lebih besar, daripada wanita yang indeks massa tubuhnya tergolong sehat.

    2. Payudara yang padat

    American Cancer Society menyebut, jaringan payudara yang padat juga mempersulit ahli radiologi untuk mendeteksi kanker payudara. Jaringan payudara yang padat terlihat putih, begitupula dengan tumor payudara, sehingga jaringan yang padat dapat menyembunyikan tumor.

    Dengan demikian, hasil mammogram bisa kurang akurat pada wanita dengan kondisi ini.

    Namun, bagi wanita obesitas maupun dengan jaringan payudara padat, melakukan pemeriksaan kanker payudara, termasuk mamografi, penting untuk tetap dilakukan. Konsultasikan dengan dokter Anda mengenai tes kanker payudara yang tepat.

    Apa yang harus dilakukan jika hasil diagnosis kanker payudara positif?

    pemeriksaan kanker payudara, tes kanker payudara, deteksi kanker payudara sejak dini, diagnosis kanker payudara

    Perasaan takut dan khawatir saat mendapat hasil diagnosis positif kanker payudara tentu hal yang wajar. Namun, usahakan jangan terlalu larut dan segera fokus pada pengobatan Anda supaya harapan sembuh semakin besar.

    Selain itu, hindari untuk mencari cerita negatif tentang kondisi Anda agar tak membuat Anda stres. Jika hal itu belum berhasil mengatasi kesedihan atau bahan mengganggu aktivitas Anda, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter.

    Diskusikan kondisi Anda dengan pasangan sehingga bisa saling menguatkan. Jangan ragu untuk meminta bantuannya selama proses penyembuhan. Selain itu, Anda mungkin perlu membicarakan kondisi ini dengan atasan atau rekan kerja. Namun, ini bukanlah suatu keharusan, terutama bila kondisi Anda tidak mengganggu pekerjaan.

    Lakukan Pemeriksaan Sedini Mungkin!

    Penemuan sel kanker sedini mungkin dapat meningkatkan potensi kesembuhan bagi penderitanya. Jadi, jagan takut untuk memeriksakan ke dokter saat merasakan perubahan pada payudara Anda!


    Pernah alami gangguan menstruasi?

    Gabung bersama Komunitas Kesehatan Wanita dan dapatkan berbagai tips menarik di sini.


    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Breast cancer early detection and diagnosis. (2020). American Cancer Society | Information and Resources about for Cancer: Breast, Colon, Lung, Prostate, Skin. Retrieved 5 Oktober 2022 from https://www.cancer.org/cancer/breast-cancer/screening-tests-and-early-detection.html

    Breast cancer mammogram | How does a mammogram work? (2022). American Cancer Society | Information and Resources about for Cancer: Breast, Colon, Lung, Prostate, Skin. Retrieved 5 Oktober 2022 from https://www.cancer.org/cancer/breast-cancer/screening-tests-and-early-detection/mammograms/mammogram-basics.html

    Breast ultrasound. (2022). American Cancer Society | Information and Resources about for Cancer: Breast, Colon, Lung, Prostate, Skin. Retrieved 5 Oktober 2022 from https://www.cancer.org/cancer/breast-cancer/screening-tests-and-early-detection/breast-ultrasound.html

    Breast MRI. (2022). American Cancer Society | Information and Resources about for Cancer: Breast, Colon, Lung, Prostate, Skin. Retrieved 5 Oktober 2022 from https://www.cancer.org/cancer/breast-cancer/screening-tests-and-early-detection/breast-mri-scans.html.

    Breast biopsy. (2022). American Cancer Society | Information and Resources about for Cancer: Breast, Colon, Lung, Prostate, Skin. Retrieved 5 Oktober 2022 from https://www.cancer.org/cancer/breast-cancer/screening-tests-and-early-detection/breast-biopsy.html 

    Dense breast tissue | Breast density and mammogram reports. (2022). American Cancer Society | Information and Resources about for Cancer: Breast, Colon, Lung, Prostate, Skin. Retrieved 5 Oktober 2022 from https://www.cancer.org/cancer/breast-cancer/screening-tests-and-early-detection/mammograms/breast-density-and-your-mammogram-report.html 

    Managing breast cancer fears. (2022). Breastcancer.org – Breast Cancer Information and Support. Retrieved 5 Oktober 2022 from https://www.breastcancer.org/tips/slideshows/manage-fear?slide=11 

    Sex and intimacy. (2022). Breastcancer.org – Breast Cancer Information and Support. Retrieved 5 Oktober 2022 from https://www.breastcancer.org/tips/intimacy/partner 

    Workplace and job issues. (2022). Breastcancer.org – Breast Cancer Information and Support. Retrieved 5 Oktober 2022 from https://www.breastcancer.org/tips/your_job/boss_coworkers 

    Breast screening. (2020). Cancer Research UK. Retrieved 5 Oktober 2022 from https://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/breast-cancer/getting-diagnosed/screening/breast-screening

    What is breast cancer screening? (2022). Retrieved 5 Oktober 2022 from Centers for Disease Control and Prevention. https://www.cdc.gov/cancer/breast/basic_info/screening.htm

    How is breast cancer diagnosed? (2022). Retrieved 5 Oktober 2022 from Centers for Disease Control and Prevention. https://www.cdc.gov/cancer/breast/basic_info/diagnosis.htm 

    Breast cancer – Diagnosis and treatment – Mayo Clinic. (2022). Mayo Clinic – Mayo Clinic. Retrieved 5 Oktober 2022 from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/breast-cancer/diagnosis-treatment/drc-20352475 

    Your breast screening results. (2021). nhs.uk. Retrieved 5 Oktober 2022 from https://www.nhs.uk/conditions/breast-cancer-screening/results/ 

    Nbcf91. (2019). Breast cancer diagnosis. National Breast Cancer Foundation. Retrieved 5 Oktober 2022 from https://www.nationalbreastcancer.org/breast-cancer-diagnosis/  

    Glideadmin. (2022). Waiting for results. National Breast Cancer Foundation. Retrieved 5 Oktober 2022 from https://www.nationalbreastcancer.org/breast-cancer-results 

    Ductogram. (2020). Stanford Health Care (SHC) – Stanford Medical Center | Stanford Health Care. Retrieved 5 Oktober 2022 from https://stanfordhealthcare.org/medical-tests/d/ductogram.html 

    Elmore, J. G., Carney, P. A., Abraham, L. A., Barlow, W. E., Egger, J. R., Fosse, J. S., Cutter, G. R., Hendrick, R. E., D’Orsi, C. J., Paliwal, P., & Taplin, S. H. (2004). The association between obesity and screening mammography accuracy. Archives of internal medicine, 164(10), 1140–1147. Retrieved 5 Oktober 2022 from https://doi.org/10.1001/archinte.164.10.1140.

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri Diperbarui Yesterday
    Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
    Next article: