Beragam Obat Herbal dan Pengobatan Alternatif untuk Kanker Payudara

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 17 September 2020 . Waktu baca 10 menit
Bagikan sekarang

Cara mengobati kanker payudara secara alami dengan obat herbal atau pengobatan alternatif masih banyak dicari oleh penderita kondisi ini. Namun, apakah benar obat-obat alami ini bisa mengobati kanker payudara? Apa saja pilihan obat herbal dan pengobatan alternatif yang sering digunakan untuk mengobati penyakit ini?

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum konsumsi obat herbal kanker payudara

Obat herbal adalah produk yang berasal dari tanaman atau ekstrak tumbuhan, seperti minyak, akar, biji, daun, atau bunga. Jenis obat ini sudah digunakan berabad-abad untuk membantu mengobati penyakit atau meningkatkan kesehatan.

Meski demikian, sejauh ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa obat herbal mampu menyembuhkan penyakit kanker payudara.

Beberapa bahan alami atau obat tradisional tertentu yang sering digunakan hanya dapat membantu meringankan gejala kanker payudara serta efek samping pengobatannya. Oleh karena itu, jangan menjadikan obat herbal sebagai terapi utama dalam pengobatan untuk kanker payudara Anda.

Di sisi lain, mengombinasikan perawatan alami ini dipercaya turut membantu menjaga daya tahan dan stamina tubuh selama menjalani pengobatan utama.

Meski demikian, jika Anda berencana mengonsumsi obat-obatan herbal untuk kanker payudara, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Pasalnya, beberapa obat herbal bisa memengaruhi cara tubuh dalam memroses obat kanker, terutama bila Anda sedang menjalani kemoterapi kanker payudara.

Sebagian obat herbal disebut bisa meningkatkan efek pengobatan kanker, sehingga membuat perawatan menjadi berlebih. Sementara sebagian lainnya bisa mengganggu kerja obat, sehingga perawatan yang sedang dijalani menjadi kurang efektif.

Selain berkonsultasi dengan dokter, pastikan pula bahwa obat herbal yang akan Anda konsumsi telah mengantongi izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Anda bisa mengeceknya melalui nomor registrasi, merk, atau nama produknya di laman tersebut.

Rekomendasi obat herbal kanker payudara

aturan minum obat 3 kali sehari

Setelah melalui berbagai pertimbangan di atas, berikut berbagai pilihan obat herbal yang bisa Anda pilih untuk mengobati kanker payudara. Beberapa obat alami ini bisa Anda temukan dalam bentuk suplemen dan sudah pernah diteliti secara medis untuk pengobatan kanker payudara.

1. Kunyit

Kunyit termasuk salah satu obat herbal yang bisa dikonsumsi selama pengobatan kanker payudara.

Rimpang dan batang bawah kunyit kaya akan kurkumin, yaitu bahan aktif yang diduga kuat bersifat antikanker karena zat fenoliknya. Selain itu, kurkumin juga bisa mengubah senyawa eikosanoid, seperti prostaglandin E-2 (PGE-2), di dalam tubuh menjadi senyawa antioksidan dan zat antiradang.

Kurkumin pun diketahui mampu menghambat fase pertumbuhan kanker dari mulai pembentukan awal hingga pembelahan.

2. Echinacea

Penelitian yang diterbitkan dalam Saudi Pharmaceutical Journal menyebutkan, salah satu jenis tanaman echinacea, yaitu Echinacea purpurea, berpotensi membantu mengobati kanker. 

Pasalnya, echinacea mengandung flavonoid yang bersifat antioksidan. Adapun flavonoid bisa merangsang sistem kekebalan tubuh serta meningkatkan aktivitas limfosit, yaitu bagian dari sel darah putih untuk meningkatkan sistem imun.

Senyawa ini juga diduga kuat bisa mengurangi efek samping dari kemoterapi dan radioterapi kanker payudara. Oleh karena itu, obat alami ini disebut dapat membantu meningkatkan kualitas hidup pasien stadium kanker payudara lanjut selama menjalani terapi.

3. Bawang putih

Bawang putih bisa menjadi bahan obat herbal untuk kanker payudara, karena mengandung zat bernama ajoene yang diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker sementara.

Selain itu, bawang putih juga mengandung senyawa antioksidan, seperti bioflavonoid, cyanidin, dan quercetin yang dikenal mampu menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Adapun penumpukan radikal bebas dapat menimbulkan mutasi genetik yang dapat menjadi penyebab kanker payudara.

Selain itu, tingginya jumlah sulfida organik dan polisulfida dalam bawang putih pun turut diduga meningkatkan potensinya sebagai obat herbal antikanker.

4. Ginseng

Ginseng termasuk salah satu obat herbal yang terkenal mampu meringankan berbagai masalah kesehatan, termasuk kanker payudara. Tanaman yang banyak tumbuh di Tiongkok, Korea, dan Jepang ini memiliki zat aktif yang bisa membantu menghambat penyebaran dan pembelahan sel kanker.

Sebuah investigasi yang dilakukan di Korea merekomendasikan ginseng untuk mengurangi risiko kanker pada manusia. Ekstrak dan bubuk kering dari akar ginsenglah yang disebut memiliki kandungan paling kuat untuk membantu mengatasi kanker payudara sebagai obat herbal.

Kandungan ginseng akan bekerja dengan mengganggu pembentukan DNA, sehingga menghambat sel tumor yang seharusnya tumbuh. Selain itu, senyawa aktifnya juga membantu meningkatkan antibodi dan sel-sel yang rusak selama kemoterapi dan radioterapi.

5. Flax seed

Flax seed atau biji rami mungkin kurang akrab terdengar di telinga Anda, tetapi ternyata biji-bijian ini berkhasiat untuk pengidap kanker, termasuk kanker payudara. Biji rami kaya akan serat, asam lemak omega 3, dan lignan yang bersifat antioksidan.

Sekelompok peneliti di Toronto University menunjukkan bahwa biji rami juga memiliki sifat antikanker yang kuat. Hasil percobaan menunjukkan bahwa biji rami membantu mengurangi keganasan tumor, termasuk tumor payudara.

Meski demikian, penelitian ini masih terbatas dilakukan pada tikus. Dibutuhkan penelitian lanjutan untuk dapat membuktikan manfaatnya pada manusia.

6. Teh hijau

Daun teh hijau mengandung salah satu senyawa polifenol, yaitu epigallocatechin (EGGG), yang bersifat antitumor dan anti-mutagenik. Sebuah penelitian menunjukkan, polifenol dalam teh hijau ini mampu membatasi pembelahan sel kanker dan memicu kerusakan sel.

Selain itu, teh hijau juga mengandung senyawa antioksidan lain yang disebut katekin, yang dapat menghambat penyebaran dan pembelahan sel tumor ke area tubuh lainnya, selain di payudara.

Oleh karena, teh hijau kerap dijadikan sebagai obat alami untuk kanker payudara. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk melihat potensinya pada manusia.

7. Daun keladi tikus

Daun keladi tikus diduga kuat bisa menjadi obat herbal untuk kanker payudaraSebuah penelitian yang dilakukan di Malaysia membuktikan bahwa esktrak daun keladi tikus bisa membantu menghambat pertumbuhan sel kanker payudara, yaitu MDA-MB-231.

Meski bisa menghambat, efektivitasnya untuk menyembuhkan kanker pada manusia belum diketahui secara pasti. Pasalnya, penelitian daun keladi tikus sebagai obat herbal kanker payudara ini masih dilakukan pada hewan.

8. Daun sirsak

Sirsak tak hanya enak dimakan buahnya, tetapi daunnya juga bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal kanker payudara.

Dilansir dari penelitian yang diterbitkan dalam Oxidative Medicine and Cellular Longevity, daun sirsak mengandung senyawa asetogenin dan alkaloid yang diyakini dapat mengurangi pertumbuhan kanker. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lanjutan pada manusia untuk membuktikan khasiatnya.

9. Daun belalai gajah

Daun belalai gajah mengandung banyak antioksidan, seperti flavonoid, triterpenoid, dan asam fenolik.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Evidence-Based Complementary And Alternative Medicine menunjukkan fakta bahwa, daun belalai gajah berguna untuk membantu mengatasi sel adenokarsinoma dan karsinoma (sel kanker) pada payudara. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk membuktikan keefektifannya.

Pengobatan alternatif sebagai obat alami kanker payudara

teknik meditasi

Selain obat herbal, pengobatan alternatif juga bisa menjadi cara lain untuk mengobati kanker payudara secara alami. Meski demikian, pengobatan alternatif pun tidak mampu menyembuhkan penyakit ini, tetapi hanya dapat meringankan gejalanya agar kualitas hidup menjadi lebih baik.

Berikut berbagai pengobatan alternatif yang bisa dicoba untuk membantu mengobati kanker payudara:

1. Akupunktur

Akunktur merupakan cara alami yang diyakini dapat meringankan gejala dan efek samping obat kanker payudara, seperti menghilangkan rasa sakit, mengurangi mual, muntah, dan kelelahan.

Akupunktur merangsang sistem saraf untuk melepaskan zat penghilang rasa sakit alami dan sel-sel kekebalan tubuh. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal ini.

2. Yoga

Yoga merupakan gabungan antara olahraga dan meditasi yang bertujuan menyatukan pikiran, tubuh, dan jiwa. Obat alami ini diyakini dapat meringankan gejala dan efek samping pengobatan, seperti kelelahan dan stres, serta dapat meningkatkan kualitas tidur, fungsi fisik, dan kualitas hidup penderita kanker payudara.

3. Aromaterapi

Aromaterapi biasanya menggunakan minyak esensial yang beraroma harum untuk memunculkan sensasi menenangkan pada tubuh. Minyak bisa dihirup melalui bantuan diffuser, dioleskan ke kulit sambil dipijat, atau diteteskan ke bak mandi untuk bantu merilekskan tubuh sebagai pengobatan alternatif kanker payudara.

Pengobatan alternatif ini dapat membantu meredakan mual, nyeri, serta stres dan rasa cemas berlebihan pada pasien kanker payudara.

4. Hipnoterapi

Hipnosis atau hipnoterapi adalah pengobatan alternatif kanker payudara yang membantu membimbing Anda untuk rileks dan masuk ke konsentrasi paling dalam. Para hipnoterapis biasanya menggunakan hipnosis untuk membantu mengatasi berbagai masalah emosional dan fisik, seperti kecemasan, hot flashes, mual, dan nyeri yang muncul akibat pengobatan kanker payudara.

5. Pijat

Pijat bisa menjadi pengobatan alternatif yang membantu meringankan rasa sakit serta menghilangkan kecemasan, kelelahan, dan stres pada pasien kanker, termasuk kanker payudara. Obat alami ini pun dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh Anda dalam menjalani pengobatan kanker payudara.

6. Shiatsu

Shiatsu adalah pijat ala Jepang dengan menggunakan akupresur. Dalam pijat shiatsu, terapis melakukan tekanan ritmik yang bervariasi, menggunakan jari-jari ke bagian tubuh tertentu.

Sejauh ini belum ada penelitian yang membuktikan efek shiatsu pada kanker payudara. Namun, beberapa penderita kanker payudara yang melakukan pengobatan alternatif ini melaporkan bahwa dirinya merasa lebih rileks serta sakit di leher, bahu, punggung, dan kepala akibat efek pengobatan kanker payudara menjadi berkurang.

Meski demikian, Anda tidak disarankan melakukan obat alami ini bila sedang menjalani kemoterapi atau radioterapi kanker payudara.

7. Tai chi

tai chi untuk pemula, tai chi untuk pengobatan alternatif kanker payudara

Tai chi adalah olahraga yang menggabungkan gerakan lembut dan pernapasan dalam. Pengobatan alternatif ini dapat membantu menghilangkan stres serta meningkatkan kekuatan, keseimbangan, fleksibilitas, serta fungsi jantung dan paru-paru pada pengidap kanker payudara.

8. Reiki

Reiki adalah terapi asal Jepang yang dilakukan dengan perantara tangan dan bisa dipilih sebagai perawatan tambahan untuk kanker payudara. Terapi ini bertujuan untuk menyeimbangkan aliran energi dan merangsang kemampuan tubuh untuk sembuh.

Belum ada studi ilmiah yang menunjukkan efektivitas reiki sebagai obat alami kanker payudara. Namun, beberapa manfaat bisa Anda dapatkan, seperti relaksasi, rasa hangat pada tubuh yang menyebabkan kantuk, serta mengurangi cemas dan stres sehingga lebih bahagia.

9. Meditasi

Meditasi adalah praktik pemusatan perhatian dengan menahan aliran pikiran normal yang menguasai pikiran. Bagi penderita kanker payudara, meditasi bisa menjadi pengobatan alternatif untuk mengurangi stres, memperbaiki mood, membuat tidur lebih nyenyak, dan mengurangi kelelahan.

10. Terapi musik

Sebuah penelitian pada tahun 2001 di Inggris menemukan bahwa terapi musik juga bisa dijadikan pengobatan alternatif untuk meringankan gejala kanker payudara, seperti kecemasan dan rasa sakit.

Penelitian juga menyebutkan bahwa fungsi sistem kekebalan tubuh meningkat dan hormon stres kortisol pun menurun melalui terapi ini.

Apa pun jenis pengobatan alternatif dan obat herbal kanker payudara yang Anda pilih, pastikan berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter. Jika dokter Anda mengizinkannya, tak perlu ragu untuk melakukan berbagai terapi ini. Akan tetapi, jika dokter tidak membolehkan, ikuti anjurannya demi kesehatan Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ada Benjolan di Ketiak Anda? Ini Beberapa Penyebabnya

Pernah meraba ketiak Anda? Apakah menemukan benjolan di sana? Benjolan di ketiak dapat disebabkan oleh berbagai macam penyakit yang mungkin serius.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hidup Sehat, Tips Sehat 24 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit

Beragam Obat Herbal dan Pengobatan Alami untuk Kanker Prostat

Selain cara medis, obat herbal dan alami bisa Anda gunakan untuk mengobati kanker prostat. Apa saja bahan herbal dan pengobatan alami untuk kanker prostat?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Kanker Prostat, Kanker 13 Agustus 2020 . Waktu baca 6 menit

Tidur yang Sehat, Dengan Lampu Menyala atau Mati?

Anda sering tidur dalam keadaan terang benderang dan lampu menyala? Mungkin ini saatnya mulai belajar tidur dalam gelap.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Hidup Sehat, Fakta Unik 23 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit

Daftar Obat Herbal yang Berpotensi Mengobati Kanker Ovarium

Selain pengobatan dokter, periset terus meneliti berbagai obat herbal kanker ovarium. Apa saja obat tradisional untuk kanker ovarium?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kanker, Kanker Ovarium 23 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kanker payudara ciri-ciri gejala penyebab obat

Kanker Payudara

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 18 September 2020 . Waktu baca 13 menit
obat tradisional dan herbal kanker otak

Pilihan Obat Tradisional (Herbal) untuk Membantu Mengatasi Kanker Otak

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 16 September 2020 . Waktu baca 6 menit
obat, pengobatan, dan cara mengobati kanker payudara

Jenis Obat dan Pengobatan Kanker Payudara yang Dapat Direkomendasikan Dokter

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 8 September 2020 . Waktu baca 13 menit
obat herbal tradisional kanker lambung

Obat Herbal yang Berpotensi Mengobati Kanker Lambung (Perut)

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 25 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit