Infografik: Kanker Payudara di Indonesia

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Kanker payudara adalah kanker dengan jumlah kasus terbanyak di Indonesia untuk pasien wanita. Pada tahun 2013, menurut data Departemen Kesehatan, dari seluruh diagnosis kanker setiap tahunnya, lebih dari 43%-nya pada wanita adalah kanker payudara. Kanker payudara di Indonesia juga merupakan salah satu penyumbang kematian terbanyak, berhubung lebih dari 12% wanita yang menderita kanker payudara berakhir dengan kematian.

Yang mengkhawatirkan, sebanyak 30% kanker payudara baru dideteksi setelah kondisinya sudah metastasis alias menyebar ke bagian tubuh lainnya, sehingga sulit disembuhkan. 30% lainnya terdeteksi saat kanker sudah memasuki stadium lanjut. Hanya 40% di antaranya yang sudah didiagnosis saat masih dalam tahap awal sehingga masih besar kemungkinan untuk sembuh.

Tak semua kanker payudara menimbulkan gejala seperti benjolan atau tumor. Tak semua tumor di payudara juga merupakan kanker, karena sebagian besar justru hanya tumor jinak yang tak berbahaya. Untuk memastikan apakah Anda mengidap kanker payudara, selalu rutin periksa payudara sendiri, dan segera periksakan ke dokter saat Anda menemukan hal-hal yang tidak biasa.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar gejala, diagnosis, pengobatan, dan cara menghadapi kanker payudara, kunjungi Pusat Informasi Kanker Payudara di Hello Sehat. Simak juga infografik di bawah ini yang memberikan gambaran tentang kanker payudara di Indonesia.

hello sehat infografik kanker payudara di indonesia

Share now :

Direview tanggal: November 21, 2016 | Terakhir Diedit: November 15, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca