7 Tips untuk Ibu Hamil Supaya Tetap Sehat Meski Punya Diabetes

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Diabetes pada wanita hamil bisa jadi masalah bagi ibu maupun janin jika tidak terkendali dengan baik. Namun, sebenarnya Anda tidak perlu cemas jika penyakit ini bisa Anda kendalikan, risiko bayi lahir cacat pun tidak akan terjadi. Lantas, bagaimana caranya supaya wanita hamil tetap sehat meski mengalami diabetes?

Tips mengendalikan diabetes pada wanita hamil

Langkah-langkah yang dapat diambil oleh wanita sebelum dan selama kehamilan untuk mencegah terjadinya masalah yang lebih serius akibat diabetes adalah:

1. Rencana kehamilan

USG kehamilan

Sebelum berencana hamil, Anda sebaiknya berkonsultasi  dulu dengan dokter. Dokter perlu melihat adanya pengaruh diabetes pada tubuh Anda, berbicara dengan Anda terkait cara mengontrol gula darah, mengubah obat-obatan bila dibutuhkan, dan rencana check-up rutin .

Bila berat badan Anda berlebih, dokter mungkin merekomendasikan agar Anda mencoba untuk mengurangi berat badan sebelum hamil sebagai bagian dari rencana mengontrol gula darah Anda.

2. Rutin periksa ke dokter setelah hamil

skrining ibu hamil

Diabetes pada wanita hamil memang agak menakutkan, tapi Anda bisa mencegah komplikasi yang bisa muncul dengan rutin melakukan pemeriksaan fisik saat kehamilan.

Dengan begitu, kesehatan Anda dan janin terus dipantau. Jika memang ada masalah kesehatan yang muncul, bisa terdeteksi dini dan cepat ditangani.

3. Makan makanan sehat

makanan untuk diabetes gestasional

Makan makanan sehat dari daftar makanan yang dibuat untuk penderita diabetes. Seorang ahli gizi bisa membantu Anda membuat daftar makanan sehat. Seorang ahli gizi juga bisa membantu Anda mempelajari bagaimana cara mengendalikan gula darah Anda selama kehamilan.

Makanan sehat harus dikonsumsi oleh ibu hamil. Nah, untuk tahu apa saja makanan yang baik bagi Anda, bisa lihat 8 Pilihan Makanan Sehat untuk Ibu Hamil di Hello Sehat.

4. Olahraga Secara Teratur

olahraga saat hamil

Salah satu mengendalikan diabetes pada wanita hamil adalah dengan berolahraga rutin. Olahraga bisa membuat kadar gula darah tetap normal. Selain itu, wanita diabetes yang sedang hamil juga wajib  menyeimbangkan dengan makan makanan sehat.

Untuk menjaga kesehatan tubuh dan kandungan, setidaknya lakukan 30 menit kegiatan fisik sedang selama 5 hari dalam seminggu. Anda bisa mulai dengan gerak jalan singkat, berenang, atau bahkan yoga.

Namun, sebelum Anda melakukan olahraga, sebaiknya konsultasikan dan tanyakan dulu pada dokter mana jenis olahraga yang sebaiknya dilakukan. Pasalnya, masing-masing kondisi kesehatan wanita saat hamil berbeda-beda.

5. Konsumsi obat sesuai resep dokter

gula darah naik

Umumnya orang dengan diabetes memerlukan insulin tambahan, Bila pil diabetes atau insulin disarankan oleh dokter Anda, gunakan sesuai petunjuk untuk membantu menjaga kontrol gula darah Anda.

6. Kontrol dan obati gula darah segera

Menjaga gula darah agar terkontrol dengan baik terkadang bisa mengarah pada risiko gula darah rendah. Bila Anda mengonsumsi pil diabetes atau insulin, sangat membantu untuk siap sedia memiliki sumber gula seperti permen, tablet glukosa atau gel.

Juga sangat baik untuk mengajarkan anggota keluarga dan rekan kerja atau teman cara membantu jika sewaktu-waktu Anda mengalami reaksi gula darah rendah parah.

cara cek gula darah di rumah

Karena kehamilan menyebabkan kebutuhan energi tubuh berubah, kadar gula dalam darah bisa berubah dengan cepat. Anda perlu memeriksa gula darah Anda secara rutin, sesuai petunjuk dokter.

Sangat penting untuk mempelajari cara penyesuaian asupan makanan, olahraga, dan insulin, tergantung pada hasil tes gula darah Anda. Hati-hati bila gula darah Anda berubah dengan cepat, menjadi terlalu tinggi atau terlalu rendah. Apa yang Anda makan, seberapa sering Anda berolahraga, dan pertumbuhan bayi Anda akan sering mengubah gula darah Anda selama siang hari.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca