Bolehkah Pakai Pembersih Scrub Ketika Wajah Sedang Jerawatan?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Di antara segudang pilihan jenis sabun cuci muka, ada yang diklaim ampuh untuk menghilangkan jerawat membandel karena mengandung butiran scrub mikroskopik. Sabun scrub memang lebih efektif mengangkat kotoran dan minyak, tapi apa benar boleh pakai scrub untuk jerawat? Sebelum mencobanya, baca dulu di sini.

Bolehkah pakai scrub untuk jerawat?

Sabun cuci muka yang mengandung scrub bertujuan untuk mengangkat tumpukan sel kulit mati serta minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori di permukaan kulit. Sel kulit mati, minyak, dan kotoran berlebih adalah biang penyebab jerawat. Maka, tak heran jika cara ini dapat membantu mencegah jerawat muncul.

Sayangnya, cuci muka dengan sabun scrub malah bisa memperparah kondisi kulit yang sudah terlanjur berjerawat. Begitu pula dengan melakukan eksfoliasi kulit ketika sedang jerawatan, misalnya dengan scrub alami dari gula atau garam.

Partikel gerinjil scrub tidak bisa menembus hingga ke dalam pori-pori sebagai tempat jerawat berkembang. Butiran scrub hanya mengangkat lapisan sel kulit mati di permukaan teratas kulit. Tentunya hal ini tidak membuat scrub efektif untuk menghilangkan jerawat.

Karena hanya bekerja di permukaan kulit, butiran gerinjil dalam krim scrub tersebut malah dapat melukai kulit yang sedang berjerawat dan mengalami iritasi. Semakin Anda menggosoknya dengan kuat, semakin kulit menjadi kemerahan dan teriritasi.

Cara aman kalau ingin melakukan scrub untuk kulit berjerawat

Cuci muka dengan sabun scrub untuk jerawat tidak direkomendasikan. Sama halnya dengan menggunakan scrub alami yang biasanya terbuat dari gula atau garam. Meski begitu, bukan berarti Anda sama sekali tidak boleh melakukan eksfoliasi ketika sedang jerawatan.

Pilihlah produk pembersih wajah atau eksfoliator yang tidak mengandung butiran gerinjil, namun mengandung asam salisilat. Dilansir dari Self, Michele Green, M.D., seorang dokter kulit, berujar bahwa produk perawatan kulit yang mengandung asam salisilat bisa membantu mengatasi jerawat membandel.

menghilangkan sel kulit mati pada kulit berjerawat

Jenis asam salisilat dalam produk perawatan kulit yang bertugas mengangkat sel kulit mati sekaligus melawan jerawat adalah BHA. Bentuknya seperti bubuk kristal yang larut dalam minyak. Zat ini bisa menyerap ke dalam kulit dengan sangat baik hingga menembus pori-pori. Itulah sebabnya asam salisilat sangat direkomendasikan sebagai perawatan kulit berjerawat atau kulit berminyak.

Ada banyak produk pembersih kulit yang mengandung BHA, tapi Eksfoliasi dengan BHA lebih baik dan aman dilakukan di dokter kulit untuk menentukan dosis bahan kimia yang tepat bagi Anda.

Selain itu, penggunaan produk mengandung BHA pada kulit bisa membuat kulit sangat sensitif terhadap sinar matahari. Oleh karena itu, Anda wajib menggunakan tabir surya setelah melakukan perawatan. Hindari juga penggunaan asam salisilat bersamaan dengan retinol yang bisa membuat kulit sangat kering dan mudah iritasi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Seberapa Sering Perlu Mengangkat Sel Kulit Mati pada Wajah?

Eksfoliasi kulit wajah perlu dilakukan secara berkala, tergantung dari kondisi dan tipe masing-masing kulit. Kenali jenis kulit Anda terlebih dulu di sini.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 10/03/2020 . Waktu baca 4 menit

Penyebab Jerawat di Leher Plus Cara Ampuh Menghilangkannya

Jerawat bisa muncul di bagian tubuh mana pun termasuk di leher. Jika Anda bingung mengapa jerawat bisa muncul di leher, berikut informasinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Jerawat, Health Centers 29/02/2020 . Waktu baca 4 menit

Penyebab Jerawat Muncul di Bibir, Plus Cara Mengatasi dan Mencegahnya

Jerawat bisa muncul di tempat yang tak biasa, seperti di bibir. Jangan asal pencet jika mau cepat sembuh! Begini cara mengatasi jerawat yang benar.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Jerawat, Health Centers 28/02/2020 . Waktu baca 5 menit

Kenali Penyebab Jerawat di Dahi dan Cara Ampuh Mengatasinya

Jerawat di dahi atau jidat mungkin membuat tidak percaya diri. Yuk segera cari tahu penyebab, cara mengatasi, plus cara mencegahnya muncul di kemudian hari.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Penyakit Kulit, Jerawat, Health Centers 26/02/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

air garam untuk jerawat

Manfaat Air Garam untuk Atasi Masalah Jerawat

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 11/05/2020 . Waktu baca 4 menit
jerawat muncul meski di rumah

Ini Alasannya Jerawat Muncul Meski di Rumah Saja

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 29/04/2020 . Waktu baca 5 menit
minum air menghilangkan jerawat

Cukup Minum Air Putih Bantu Menghilangkan Jerawat, Lho!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 26/04/2020 . Waktu baca 5 menit
jerawat faktor keturunan

Mitos atau Fakta: Jerawat Muncul Karena Faktor Keturunan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 06/04/2020 . Waktu baca 5 menit