Berbagai Perawatan untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 24 November 2020 . Waktu baca 9 menit
Bagikan sekarang

Walau ketika kulit sudah berada pada kondisi terbaiknya, Anda tetap harus mempertahankan kesehatan kulit dengan melakukan serangkaian perawatan rutin. Lantas, apa saja perawatan yang wajib dilakukan untuk kulit?

Pentingnya melakukan perawatan kulit sejak dini

skincare pagi untuk bekas jerawat

Merawat kulit sebenarnya tidak perlu ribet, tetapi kunci terberatnya adalah bertahan dengan prosesnya setiap hari. Mungkin beberapa orang mulai merasa malas dan jenuh saat melakukannya, terlebih jika masih berada pada usia muda dan jauh dari penyakit kulit.

Padahal, merawat kulit sejak dini sangatlah penting, bahkan hal ini sudah dianjurkan sejak seseorang memasuki usia remaja. Memang, Anda tak perlu terlalu merisaukan keadaan kulit Anda, apalagi jika masih berusia 20-an. Namun, hal ini bukan berarti dapat menjadi alasan untuk melewatkan rutinitas ini sama sekali.

Nyatanya siapa pun memiliki risiko mengalami penuaan dini. Diperkirakan sekitar 90% dari penyebabnya adalah radiasi sinar matahari dan asap rokok. Bagi Anda yang kerap beraktivitas di luar rumah, Anda pastinya lebih sering terkena paparan dua hal tersebut. Oleh karena itu, faktor risiko ini harus dicegah dengan melakukan perawatan kulit sejak remaja.

Selain itu, Debra Jaliman, seorang dermatologis dan asisten profesor klinis dari Mount Sinai School of Medicine di New York mengatakan, kulit yang dibiarkan tak terawat bisa mengakumulasi berbagai masalah kulit.

Salah satunya, bila Anda malas eksfoliasi kulit, hasilnya penumpukan sel kulit mati akan membuat kulit terlihat lebih kusam.

Kulit juga menjadi lebih rentan terhadap dehidrasi, yang mana hal ini dapat memperbesar risiko kanker kulit saat kerap terpapar radiasi sinar UV dari matahari.

Mengenal Struktur Kulit Manusia, Termasuk Jenis dan Fungsinya

Perawatan kulit yang harus dilakukan

Dalam perawatan kulit, pada dasarnya tiga hal yang harus dilakukan adalah membersihkan, menjaga kelembapan, dan melindungi. Berikut adalah berbagai langkah-langkah yang dapat Anda lakukan, baik untuk menjaga kulit wajah maupun kulit tubuh.

1. Mandi dengan teratur

mandi malam bikin paru paru basah

Mandi tentu sudah menjadi hal yang wajib Anda lakukan jika Anda ingin menjaga kesehatan dan kebersihan kulit. Tak hanya membersihkan tubuh, mandi juga dapat membantu melembapkan kulit. Namun, apakah sebenarnya ada aturan mandi yang tepat?

Setiap orang tentu memiliki cara mandi yang berbeda-beda, tidak ada hal yang benar-benar memastikan bahwa cara yang dilakukan salah atau benar. Meski demikian, Anda harus tetap memerhatikan beberapa hal seperti seberapa panas air yang digunakan dan seberapa lama Anda mandi.

Umumnya, Anda cukup mandi selama-lamanya lima sampai sepuluh menit. Jangan habiskan waktu untuk mandi terlalu lama, pasalnya air malah akan membuat kulit dan rambut menjadi kering.

Lalu, kebanyakan dokter spesialis kulit menyarankan untuk mandi menggunakan air dingin atau air hangat suam kuku. Pasalnya, air panas akan menghilangkan minyak alami dari kulit yang nantinya juga dapat membuat kulit kering. Perlu diingat, ketika Anda mandi dengan air hangat, usahakan waktunya tidak melebihi lima menit.

Selain itu, fokuslah pada bagian tubuh yang membutuhkan perhatian ekstra. Beberapa di antaranya adalah ketiak, sela-sela perut dan payudara, lipatan kulit, serta di antara jari-jari kaki. Gosoklah kulit dengan gerakan memutar searah jarum jam dengan lembut.

Anda dapat menggunakan sikat penggosok khusus yang terbuat dari serat alami, pilihlah yang bergagang panjang agar lebih mudah saat membersihkan bagian yang sulit diraih.

Setelah selesai, tepuk-tepuk tubuh Anda menggunakan handuk dengan lembut hingga kering. Jangan mengeringkan tubuh dengan menggosok terlalu keras karena dapat menyebabkan iritasi kulit.

2. Gunakan pelembap tubuh dan pelindung matahari

perawatan kulit
Sumber: The Skin Cancer Foundation

Langkah perawatan kulit selanjutnya adalah menggunakan pelembap tubuh. Bahkan jika kulit Anda bukan termasuk kulit yang kering, Anda tetap perlu menggunakan produk ini. Pelembap kulit akan menjaga kadar air dalam kulit tetap seimbang, sehingga kulit tidak tampak kendur atau berkerut.

Anda dapat menggunakan pelembap tubuh setiap pagi dan malam, tapi yang paling baik adalah langsung menggunakannya setiap selesai mandi.

Jika Anda akan bepergian setelahnya, gunakan produk tabir surya sebelum Anda keluar rumah. Oleskan tabir surya yang dapat melindungi Anda radiasi sinar UVA dan UVB.

Oleskan tabir surya dengan cukup terutama pada bagian yang akan sering terpapar sinar matahari. Ingatlah untuk mengoleskan kembali setiap dua jam.

Bila ingin perlindungan yang lebih ekstra, gunakan pakaian dengan lengan panjang, celana panjang, atau menggunakan topi. Pertimbangkan juga untuk memilih baju dari bahan khusus yang dirancang untuk menghalangi sinar ultraviolet.

3. Rutin menggunakan produk perawatan kulit wajah

berapa lama skin care menunjukkan hasil

Merawat kulit wajah tak sebatas hanya membersihkan dengan pencuci muka saja, serangkaian perawatan lainnya juga perlu dilakukan untuk hasil yang lebih maksimal.

Sebelum mulai melakukannya, sebaiknya pilih produk perawatan yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Setiap jenis kulit seperti kulit kombinasi, kulit kering, kulit berminyak, atau kulit sensitif memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

Bila Anda belum merasa yakin dengan jenis kulit yang Anda miliki serta produk yang tepat, baiknya konsultasikan kembali pada dokter kulit.

Langkah merawat kulit wajah tentu dimulai dari membersihkan dengan dan sabun khusus untuk wajah. Pilihlah produk yang lembut, ringan, dan tidak mengandung pewangi tambahan berlebih karena dapat menimbulkan iritasi.

Saat mencuci wajah, basahi wajah terlebih dahulu lalu ratakan sabun pembersih pada seluruh permukaan wajah menggunakan ujung jemari dengan gerakan memutar sambil dipijat lembut. Setelah itu keringkan dengan cara ditepuk-tepuk perlahan.

Mengenal Fototerapi, Terapi Cahaya dengan Sinar UV untuk Penyakit Kulit

Kemudian, gunakan toner dan pelembap wajah. Fungsi toner adalah untuk membantu mengembalikan kadar pH alami wajah sehingga kulit akan lebih tahan terhadap bakteri dan mikroorganisme lainnya. Sedangkan pelembap akan menjaga kulit wajah agar tetap lembut dan halus.

Untuk perawatan malam hari, biasanya Anda akan membutuhkan krim kulit wajah yang khusus dipakai di waktu tersebut. Krim malam dapat membantu kulit dalam proses regenerasi sel kulit dan memperbaiki kerusakan yang ada.

Selain itu, penggunaan krim mata juga penting untuk menjaga kulit dari penuaan. Area sekitar mata memiliki kulit yang paling tipis dan akan menjadi tempat pertama munculnya kerutan. Bila Anda sudah berada di pertengahan usia 20-an, Anda bisa mulai mempertimbangkan penggunaan produk ini.

Hal lain yang harus dilakukan saat merawat kulit

makanan yang membuat kulit cerah

Dalam menjaga kesehatan kulit, tentunya perawatan tak cukup hanya dilakukan dari luar tapi juga dari dalam. Berikut beberapa hal yang dapat membantu menjaga kulit Anda berada pada kondisi terbaiknya.

Makan makanan sehat

Apapun yang kita konsumsi dapat memberikan dampaknya masing-masing pada tubuh, tak terkecuali pada kulit. Salah satu contoh yang paling sering dialami adalah bagaimana besarnya kaitan antara makanan yang mengandung gula tinggi dengan munculnya jerawat pada wajah.

Maka dari itu, cobalah untuk lebih banyak mengonsumsi makanan dan vitamin untuk kulit. Biasakan makan makanan yang mengandung banyak gizi seperti bayam, tomat, stroberi, tahu, dan ikan.

Beberapa zat yang terkandung dalam makanan akan bantu melindungi kulit Anda dari radiasi sinar matahari, contohnya adalah lutein yang terkandung dalam bayam dan likopen yang terkandung dalam tomat.

Anda juga bisa mendapatkan asupan kolagen dari makanan yang mengandung vitamin C seperti stroberi dan jeruk atau dari tahu. Kolagen berfungsi untuk mempertahankan elastisitas kulit dan menjaganya agar tetap tampak muda.

Sedangkan, ikan-ikanan dikenal sebagai makanan yang mengandung omega-3 yang baik untuk kulit. Zat ini dapat menjaga kulit agar tetap halus, melindungi sel kulit dari kerusakan radikal bebas, dan mencegah kanker kulit.

Tidak merokok

Merokok dapat mempersempit pembuluh darah kecil di lapisan terluar kulit, sehingga menurunkan aliran darah dan membuat kulit menjadi lebih pucat. Merokok juga merusak kolagen dan elastin, serat-serat yang berpengaruh dalam tingkat keelastisitasan kulit yang mana hal ini dapat menimbulkan kerutan-kerutan pada kulit.

Bila Anda ingin berhenti merokok dan masih merasa kesulitan, tanyakan kepada dokter tentang langkah-langkah yang harus dilakukan serta segala perawatan untuk membantu Anda.

Tidur yang cukup

Jam tidur yang cukup akan menghindarkan Anda dari risiko timbulnya kantung mata yang terlihat menghitam. Selain itu, kebiasaan tidur yang baik juga akan mencegah kulit tampak lelah, kusam, dan lebih tua.

Menghindari stres

Stres yang tidak terkendali dapat membuat kulit menjadi sensitif. Stres juga kerap menyebabkan peradangan yang menimbulkan beberapa gangguan pada kulit seperti jerawat, psoriasis, dan rosacea. Bahkan penyakit eksim juga sering kali muncul pertama kali saat seseorang sedang merasa sangat stres.

Maka dari itu, mulailah mencari berbagai cara untuk mengurangi tingkat stres. Beberapa langkah yang bisa dilakukan adalah tidur yang cukup, luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang disukai, atau menetapkan batasan pada tugas yang harus dikerjakan.

Bila stres sudah mulai mengganggu kegiatan Anda, pergilah berkonsultasi ke dokter atau psikolog untuk mencari solusinya bersama.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Meski Tampak Sama, Ini Beda Oral Trush, Lidah Peta, dan Oral Hairy Leukoplakia (OHL)

Sekilas ketiganya tampak sama dan sulit dibedakan. Agar tak keliru, berikut beda oral thrush, lidah peta, dan OHL yang penting diketahui. 

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit Gusi dan Mulut, Gigi dan Mulut 17 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Bisakah Seseorang Hidup Tanpa Pankreas?

Rusaknya fungsi pankreas memaksa Anda untuk hidup tanpa pankreas dengan menjalani operasi. Apakah hidup tanpa pankreas tetap aman?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Kesehatan Pencernaan, Gangguan Pencernaan Lainnya 16 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Pura-pura Sakit? Bisa Jadi Anda Mengidap Sindrom Munchausen

Tanpa Anda sadari, sering berpura-pura sakit ternyata bisa menandakan gangguan jiwa. Cari tahu tanda-tanda dan penyebab sindrom pura-pura sakit berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Mental, Gangguan Mental Lainnya 13 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

13 Komplikasi yang Mungkin Terjadi Akibat Stroke, Apa Saja?

Konsekuensi paling umum akibat stroke adalah lumpuh, biasanya merupakan kelumpuhan hemiplegia atau hemiparesis. Ketahui informasi lebih lanjut di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Stroke, Kesehatan Otak dan Saraf 12 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit



Direkomendasikan untuk Anda

bahaya mie instan

Bahaya Mie Instan Jika Terlalu Sering Dikonsumsi

Ditinjau oleh: Hello Sehat Medical Review Team
Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
apakah diabetesi boleh makan mi instan

Efek Makan Mi untuk Penderita Diabetes dan Tips Aman Mengonsumsinya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit
akibat gula darah tinggi

Awas, Ini Akibatnya Jika Gula Darah Anda Terlalu Tinggi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 19 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

Batasan Kadar Gula Darah yang Normal dalam Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 17 Februari 2021 . Waktu baca 8 menit