5 Manfaat Bentonite Clay yang Tak Banyak Diketahui (Bisa untuk Membuang Racun Tubuh Lho!)

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 2 Agustus 2019 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Bentonite clay adalah bahan alami yang banyak diolah dalam produk kecantikan kulit. Bahan satu ini sedari dulu digunakan untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan racun pada kulit. Ternyata, klaim manfaat bentonite clay juga sudah diperkuat dengan banyak bukti penelitian ilmiah. Penasaran?

Manfaat bentonite clay

Bentonite clay adalah salah satu produk yang kerap digunakan sebagai masker wajah.

Bentonite clay adalah tanah liat alami dengan tekstur bubuk yang halus dan lembut. Tanah liat ini akan membentuk pasta ketika dicampur dengan air.

Selain itu, tanah liat ini mengandung mineral bermanfaat seperti kalsium, magnesium, dan zat besi. Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat bentonite clay:

1. Mengurangi racun tubuh

cacing pita

Manfaat utama dari bentonite clay yang banyak diteliti adalah kemampuannya mengurangi efek racun di dalam tubuh. Teori yang ada percaya bahwa bentonite clay mampu menyerap zat dengan menempel pada molekul atau ion tubuh.

Saat tanah liat ini dibersihkan atau keluar dari dalam tubuh, ia turut membawa racun atau molekul berbahaya lain bersamanya. Ketika dikonsumsi, bahan yang satu ini bisa menyerap racun atau zat lain dari saluran pencernaan.

Penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Tropical Medicine and Hygiene menemukan efek kemiripan tanah liat montmorillonite dengan tanah liat bentonit.

Tanah liat montmorillonite adalah jenis yang sama dengan tanah liat bentonite. Peneliti menemukan bahwa anak-anak di Ghana yang mengonsumsi aflatoksin dalam suplemen gizi mengalami kecacatan dan pertumbuhan yang terganggu.

Kondisi anak-anak ini membaik setelah diberikan suplemen tanah liat montmorillonite setiap hari selama 2 minggu. Hal ini sangat terlihat ketika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi tanah liat jenis ini.

2. Merawat kulit berminyak dan berjerawat

jerawat setelah melahirkan

Daya serap bentonite clay yang tinggi membuatnya penting untuk merawat kulit berminyak dan berjerawat. Tanah liat membantu menghilangkan sebum atau minyak dari permukaan kulit. Selain itu, tanah liat bentonit juga menenangkan jerawat yang meradang.

Untuk merawat kulit berminyak dan berjerawat, bentonite clay biasanya digunakan sebagai masker. Anda bisa membeli produk masker yang mengandung bentonite clay di pasaran dan tinggal mencampurnya dengan air.

Menggunakan masker wajah dari bentonite clay bisa membantu menghilangkaan kotoran dari kulit. Selain itu, bahan yang satu ini juga dapat membantu mengobati jerawat, dan mengurangi risiko kemunculannya di kemudian hari.

3. Mengobati ruam popok

mengatasi ruam popok bayi

Penelitian yang diterbitkan di Indian Journal of Medical Research menemukan manfaat bentonite clay untuk mengobati ruam popok.

Sekitar 93 persen bayi yang mengalami ruam popok menampakkan kulit yang lebih baik setelah dioles bentonite clay. Dalam waktu 6 jam, bentonite clay mampu mengurangi ruam dan 90 persennya sembuh total dalam 3 hari.

Sama seperti penggunaannya untuk wajah, bahan ini biasanya dicampurkan terlebih dahulu dengan air hingga berbentuk pasta. Kemudian, barulah campuran ini dioleskan ke area yang terkena ruam.

Selain dengan air, Anda juga bisa mencampurkan tanah liat dengan shea butter, minyak kelapa, atau krim seng oksida. Namun tetap penting untuk konsultasi ke dokter dulu sebelum menggunakan produk apa pun pada bayi.

Pasalnya kulit bayi masih sangat sensitif sehingga rentan iritasi termasuk terhadap bahan yang memiliki manfaat.

4. Mengatasi diare

gejala diare

Bentonite clay termasuk bahan alami yang bisa meringankan masalah pencernaan akibat virus seperti diare. Rotavirus menjadi salah satu mikroorganisme yang bisa menyebabkan diare parah. Sebuah penelitian dalam Gut Pathogens menemukan bahwa tanah liat adsorben dalam hal ini bentonite clay bisa membantu menghentikan replikasi rotavirus.

Untuk diare yang ringan akibat virus, Anda bisa membuat campuran 1 sdt tanah liat dengan air. Minumlah sebanyak 2 kali sehari untuk mendapatkan manfaat dari bentonite clay.

Namun, bentonite clay tidak bisa menggantikan perawatan yang seharusnya Anda dapatkan dari dokter. Pasalnya, tubuh tiap orang berbeda-beda sehingga reaksi yang timbul pada tiap orang pun akan berbeda pula. Konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan bahan yang satu ini.

5. Menurunkan berat badan

melakukan diet

Suplemen yang mengandung bentonite clay diduga memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Dugaan ini berdasar pada penelitian yang diterbitkan dalam Scientific Reports yang dilakukan pada tikus.

Penelitian membuktikan bahwa menelan produk tanah liat montmorillonite membantu mengurangi kenaikan berat badan di antara tikus yang makan makanan tinggi lemak.

Namun, memang kemampuhannya untuk manusia belum teruji ilmiah. Oleh karena itu, Anda bisa mencari cara lain yang lebih efektif untuk menurunkan berat badan. Misalnya saja dengan berolahraga teratur dan menjaga pola makan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Penyebab Masalah Kulit Saat Karantina dan Cara Merawatnya

Meskipun kulit aman dari polusi, faktor lainnya di rumah bisa memicu masalah kulit. Ini sederet tips merawat kulit saat karantina.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 27 April 2020 . Waktu baca 6 menit

8 Manfaat Minyak Rosehip untuk Kecantikan Kulit

Salah satu jenis minyak yang bermanfaat untuk kecantikan kulit, yaitu minyak rosehip. Apa saja manfaat dari minyak rosehip ini?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Perawatan Kulit, Hidup Sehat, Kecantikan 14 April 2020 . Waktu baca 5 menit

Mana yang Lebih Baik: Eksfoliasi Pakai Chemical Peeling atau Scrub?

Mungkin Anda bingung lebih baik pilih chemical peeling atau scrub untuk perawatan kulit. Ternyata perawatan kulit perlu menyesuaikan kondisi kulit Anda.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 26 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit

4 Trik Mengatasi Kulit Kering di Bawah Mata

Mengatasi kulit kering di bawah mata dapat dilakukan dengan perawatan dan konsumsi asupan bernutrisi untuk menjaga kelembapan kulit.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Hidup Sehat, Tips Sehat 22 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

skin fasting adalah

Menilik Skin Fasting, Tren ‘Puasa’ Skincare agar Kulit Lebih Cantik

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 28 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit
memilih kosmetik untuk kulit sensitif

Tips Memilih Kosmetik yang Aman bagi Kulit Sensitif

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 4 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit
perbedaan hydrating dan moisturizing

Apa Bedanya Skincare yang Hydrating dan Moisturizing untuk Kulit Anda?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 8 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit
glass skin

5 Langkah Wujudkan Kulit Bening Bercahaya ala Glass Skin

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 3 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit