7 Fungsi Toner untuk Kulit Anda

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 17 Maret 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Secara umum, toner adalah cairan yang berbasis air dengan konsistensi seperti cuka yang mengandung bahan aktif untuk membantu mengatasi masalah-masalah tertentu. Joel Schlessinger, M.D., mengatakan, “Tidak hanya dapat menghilangkan kotoran seperti minyak dan sisa make-up, toner juga menenangkan, memperbaiki dan menghaluskan permukaan kulit, juga mengurangi noda dan meminimalkan peradangan atau kemerahan pada kulit”.

Berbagai fungsi toner

Dr. Alicia Zalka, dermatolog dari Yale, mengatakan  bahwa toner merupakan langkah kedua dari proses pembersihan. Manfaatnya, bila digunakan dengan benar, adalah dapat membantu menghilangkan kelebihan minyak dan sel kulit mati yang mungkin tersisa di wajah setelah mencuci muka. Beberapa toner dapat membantu penyerapan kulit lainnya untuk penetrasi lebih cepat. Namun, hal ini hanya berlaku untuk kulit lembap, karena kulit lembap dapat menyerap produk topikal lebih baik dari kulit kering. Berikut adalah berbagai fungsi toner untuk kulit Anda:     

1. Menyeimbangkan pH

Toner wajah dapat membantu menyeimbangkan pH atau potensi hidrogen tingkat kulit Anda. Tingkat pH merupakan indikasi dari keasaman kulit Anda yang diukur dari skala 0 hingga 14, dengan skala 7 di tingkat yang netral. Memiliki tingkat pH yang seimbang, maka kulit Anda tidak rentan terhadap kadar minyak dan infeksi sehingga dapat menghasilkan penampilan wajah yang lebih cerah dan halus.

2. Detoksifikasi

Banyak racun yang berasal dari bahan buatan industri kimia yang dapat mempengaruhi kesehatan dan penampilan kulit. Toner wajah bekerja untuk menghilangkan racun lingkungan seperti asap, kabut, dan residu kimia lainnya dari kulit Anda. Hal ini dapat membantu kulit Anda terlihat lebih cerah dan sehat. Manfaat jangka panjangnya dapat termasuk menghilangkan jerawat, bekas jerawat, dan mengurangi keriput.

3. Menyusutkan dan mengencangkan pori

Pori-pori wajah yang besar memungkinkan lebih banyak kotoran, minyak, dan racun untuk memasuki kulit serta menyebabkan iritasi dan infeksi. Toner wajah dapat mengencangkan pori-pori wajah Anda, sehingga minyak dan racun yang berada dalam kulit lebih sedikit. Hal ini dapat membuat wajah lebih segar dan bersih, minyak berkurang, serta mencegah jerawat.

4. Mengatasi jerawat

Jerawat dapat menyebabkan rasa sakit dan wajah tak sedap dipandang, serta menyebabkan bekas luka pada wajah. Hal ini juga menyebabkan kulit wajah lebih berminyak dan kusam. Dengan menghapus penumpukan minyak, residu, dan sel-sel kulit mati, toner wajah membantu mengurangi jumlah noda dan jerawat pada wajah serta mencegah timbulnya jerawat.  

5. Menghidrasi dan menutrisi kulit

Toner dapat memberikan ketercukupan asupan air pada kulit Anda yang sangat penting untuk menjaga elastisitas, kehalusan, kelembapan dan penampilan yang lebih muda. Hidrasi kulit yang tepat dapat mengurangi tanda-tanda penuaan kulit dan dapat menjadikan dasar make-up yang efektif sebelum pemakaian kosmetik wajah lainnya. Banyak toner wajah yang juga menyediakan vitamin dan nutrisi penting lainnya untuk menjaga kulit Anda sehat dan seimbang.

6. Menambah lapisan proteksi pada kulit

Dengan menyediakan kulit hidrasi dan nutrisi penting yang dibutuhkan kulit, toner dapat memperbaiki lapisan proteksi pada kulit, sehingga kulit lebih tahan dan tidak rentan terhadap kerusakan lingkungan.

7. Meningkatkan rutinitas perawatan kulit

Hal ini tergantung pada formula toner yang Anda miliki. Berbagai formula toner dapat memiliki manfaat tertentu, seperti eucalyptus yang dapat menenangkan, asam hyaluronic dan natrium PCA yang dapat mengontrol minyak dan melembapkan, ekstrak ginseng yang dapat merangsang sirkulasi darah, witch hazel yang dapat menghancurkan bakteri penyebab jerawat, atau ekstrak buah elderberry yang dapat memberikan manfaat anti-oksidan. Selain itu, kulit lembap dapat lebih cepat menyerap dibandingkan kulit kering seperti yang telah dijelaskan di atas. Sehingga jika Anda ingin memaksimalkan efektivitas serum atau pelembap, pastikan untuk meraih toner terlebih dahulu.

Bagaimana cara menggunakan toner?

Sebelum kita mengetahui cara menggunakan toner, kita harus mengetahui terlebih dahulu jenis toner yang tepat untuk kulit Anda. Menurut Dr. Jennifer MacGregor, di Union Square Laser Dermatology New York, produk toner lebih bervariasi dan beragam dari sebelumnya. Ada yang memiliki formula dengan beta dan alpha hydroxy acids (salisilat, glycolic) untuk pengelupasan kulit yang rawan jerawat, antioksidan seperti vitamin C, witch hazel, pelembap dengan lidah buaya dan vitamin E yang menenangkan bahan anti-inflamasi untuk kulit sensitif, serta retinoid, dan senyawa anti penuaan.

Meskipun benar bahwa terlalu sering menggunakan toner dapat menyebabkan pori-pori Anda memproduksi minyak berlebih, toner tetap aman digunakan setiap pagi dan malam hari, khususnya ketika kulit wajah Anda berminyak. Schlessinger menyatakan bahwa menggunakan toner secara langsung setelah membersihkan wajah Anda, sebelum memakai serum dan produk perawatan lainnya, dapat mempertahankan wajah dari kotoran dan lemak. Jika kulit Anda kering, gunakanlah toner hanya pada malam hari. Dengan demikian, toner akan menghapus setiap kotoran penyumbat pori dan juga membantu dalam proses pembaruan kulit di malam hari.

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Cara Mengatasi Alergi Obat yang Tepat dan Perawatannya

    Jangan biarkan alergi mengganggu aktivitas harian Anda. Ketahui cara cepat mengatasi alergi obat yang kambuh sekaligus perawatan kondisinya di rumah.

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Alergi, Penyakit Alergi Lainnya 22 September 2020 . Waktu baca 6 menit

    Alergi Softlens: Tanda, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

    Pakai lensa kontak kadang membuat mata merah dan berair, terlebih bagi yang punya alergi. Cari tahu lebih jauh tentang alergi softlens di sini!

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
    Alergi, Alergi Hidung dan Mata 21 September 2020 . Waktu baca 6 menit

    Meski “Wangi”, Hobi Menghirup Aroma Spidol Bisa Membahayakan Kesehatan

    Aroma menyengat spidol mungkin menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. Padahal, kebiasaan mencium spidol menyimpan segudang bahaya untuk tubuh.

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Hidup Sehat, Tips Sehat 21 September 2020 . Waktu baca 3 menit

    Multivitamin Gummy untuk Dewasa, Benarkah Lebih Sehat?

    Multivitamin anak biasanya dikemas menarik dan rasanya enak seperti permen. Nah, ada juga multivitamin gummy khusus orang dewasa. Tapi benarkah lebih sehat?

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Hidup Sehat, Tips Sehat 18 September 2020 . Waktu baca 4 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    terapi urine minum air kencing

    Terapi Urine dengan Minum Air Kencing, Benarkah Efektif?

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 23 September 2020 . Waktu baca 8 menit
    efek samping paracetamol ibuprofen

    Benarkah Terlalu Sering Minum Paracetamol Sebabkan Gangguan Pendengaran?

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Dipublikasikan tanggal: 23 September 2020 . Waktu baca 3 menit
    alergi paracetamol

    Alergi Paracetamol

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Dipublikasikan tanggal: 22 September 2020 . Waktu baca 6 menit
    alergi obat antibiotik

    Hati-Hati Minum Obat, Barangkali Anda Memiliki Alergi Terhadap Antibiotik

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Dipublikasikan tanggal: 22 September 2020 . Waktu baca 7 menit