Belerang (Sulfur)

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Mei 2020 . Waktu baca 8 menit
Bagikan sekarang

Sulfur Obat Apa?

Apa fungsi dan manfaat belerang (sulfur)?

Belerang atau sulfur adalah senyawa yang terdapat di hampir seluruh makhluk hidup. Mineral ini dapat dimanfaatkan menjadi obat untuk mengatasi berbagai jenis kondisi kesehatan.

Beberapa manfaat dari belerang untuk kesehatan adalah:

Belerang atau sulfur topikal menyebabkan kulit kering dan mengelupas, memudahkan untuk membersihkan minyak dan kotoran berlebih penyebab umum jerawat. Belerang topikal juga dapat digunakan untuk keperluan lain selain yang tertulis pada panduan obat.

Belerang tersedia dalam bentuk obat topikal, seperti salep dan losion. Dosis dan efek samping obat ini akan dijelaskan lebih lanjut di bawah.

Bagaimana cara penggunaan belerang (sulfur)?

Ikuti aturan penggunaan obat topikal yang diberikan oleh dokter atau apoteker, atau baca aturan pakai yang tertera pada label produk, sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Berikut adalah cara pemakaian yang tepat agar Anda mendapatkan manfaat belerang dengan maksimal:

  • Cuci tangan sebelum dan sesudah mengaplikasikan obat ini
  • Bilas area yang bermasalah dengan air bersih dan keringkan
  • Kocok lotion sebelum digunakan
  • Aplikasikan obat ini pada bagian yang bermasalah
  • Hindari bagian bagian mata, hidung bagian dalam dan mulut, bibir, dan area kulit yang pecah-pecah untuk menghindari iritasi berlebih. Cuci segera dengan air bersih jika area tersebut terkena kontak dengan belerang topikal
  • Jangan tutup area yang bermasalah setelah mengaplikasikan obat topikal, kecuali jika disarankan oleh dokter Anda. Menutup luka yang sudah dilapisi belerang topikal dapat terserap banyak pada tubuh Anda dan dapat membahayakan

Belerang topikal biasanya diaplikasikan satu hingga tiga kali sehari.

Akan memakan waktu beberapa minggu atau lebih untuk melihat hasil dari obat ini. Jangan berhenti menggunakan belerang topikal jika Anda tidak segera melihat hasilnya.

Kurangi penggunaan obat topikal ini jika Anda mengalami rasa terbakar berlebih, kering, atau iritasi.

Bagaimana cara penyimpanan obat ini?

Belerang atau sulfur paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan.

Merek lain dari obat yang mengandung belerang mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlaku obat telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi.

Konsultasikan kepada apoteker atau instansi pembuangan sampah setempat mengenai bagaimana cara aman membuang obat Anda.

Dosis Sulfur

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan dengan belerang.

Bagaimana dosis belerang (sulfur) untuk orang dewasa?

Belerang dalam bentuk krim dan batang: gunakan pada kulit seperlunya.

Belerang dalam bentuk lotion: gunakan pada kulit dua atau tiga kali sehari.

Bagaimana dosis belerang (sulfur) untuk anak-anak?

Belerang dalam bentuk krim dan batang: gunakan pada kulit seperlunya.

Belerang dalam bentuk lotion: gunakan pada kulit dua atau tiga kali sehari.

Dalam dosis dan bentuk apakah obat ini tersedia?

Berikut adalah sediaan dari obat belerang:

  • Cream
  • Lotion
  • Sabun
  • Shampoo
  • Cairan
  • Solusi
  • Gel/jelly

Efek samping Sulfur

Efek samping apa yang dapat dialami karena belerang (sulfur)?

Seperti penggunaan obat-obatan lainnya, penggunaan belerang dapat menyebabkan beberapa efek samping. Kebanyakan dari efek samping berikut jarang terjadi dan tidak memerlukan pengobatan tambahan.

Namun, penting bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter Anda jika Anda memiliki masalah apapun setelah minum obat ini meski kemungkinan terjadinya efek samping yang serius sangat kecil.

Anda mungkin bisa mengalami efek-efek berikut:

  • sensasi terbakar dan tersengat
  • gatal dan kemerahan
  • kulit kering
  • kulit mengelupas
  • iritasi pada kulit

Segera hentikan penggunaan obat ini dan hubungi dokter Anda jika terjadi reaksi alergi parah (anafilaktik), dengan gejala-gejala seperti:

  • pembengkakan pada wajah, bibir, tenggorokan, atau lidah
  • ruam kulit
  • gatal-gatal
  • kesulitan bernapas

Tidak semua orang mengalami efek samping yang telah disebutkan di atas. Mungkin ada beberapa efek samping yang belum diketahui  atau disebutkan di artikel ini.

Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah kepada dokter atau apoteker Anda.

Peringatan dan Perhatian Obat Sulfur

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan belerang (sulfur)?

Sebelum memutuskan untuk memakai belerang, Anda perlu memerhatikan beberapa hal. Berikut adalah kondisi-kondisi yang harus dipertimbangkan:

Obat-obatan dan penyakit tertentu

Beri tahu dokter mengenai obat-obatan yang sedang Anda gunakan, baik obat resep, nonresep, suplemen, atau obat herbal. Hal ini dikarenakan beberapa jenis obat mungkin dapat berinteraksi dengan belerang.

Selain itu, penting juga untuk menginformasikan dokter mengenai penyakit atau kondisi kesehatan lain yang sedang Anda derita. Kemungkinan obat ini dapat memicu terjadinya interaksi dengan penyakit atau kondisi kesehatan tertentu.

Alergi

Beri tahu dokter jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap belerang atau bahan lainnya yang terkandung dalam obat Anda. Selain itu, periksakan diri Anda untuk mengetahui jika Anda memiliki alergi lain, misalnya terhadap makanan, pewarna, atau hewan tertentu.

Anak-anak

Obat ini belum diuji keamanannya untuk anak-anak. Sebelum memberikan belerang untuk anak-anak, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

Lansia

Beberapa jenis obat belum diuji keamanannya untuk orang-orang berusia lanjut. Maka itu, obat ini mungkin memiliki cara kerja yang berbeda, atau berpotensi menyebabkan efek samping berbeda pada lansia. Khusus untuk lansia, konsultasikan pemakaian obat ini ke dokter terlebih dahulu.

Apakah obat ini aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Berdasarkan informasi dari RxList, belerang mungkin saja aman jika dioleskan ke kulit dalam jangka waktu pendek untuk ibu hamil dan menyusui.

Namun, sejatinya belum ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Interaksi Obat Sulfur

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan belerang (sulfur)?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam artikel ini.

Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Berikut adalah obat-obatan yang mungkin dapat berinteraksi dengan belerang:

  • adapalene
  • alitretinoin
  • bexarotene
  • isotretinoin
  • tazarotene
  • tretinoin
  • trifarotene

Pada kasus seperti ini, dokter mungkin akan mengganti dosisnya, atau melakukan hal-hal pencegahan lain yang dibutuhkan. Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan belerang (sulfur)?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dengan makanan dapat terjadi.

Merokok tembakau atau mengonsumsi alkohol dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi.

Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan dokter, perawat, atau tenaga medis lainnya.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan obat ini?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain.

Overdosis Sulfur

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis belerang (sulfur)?

Pada kasus gawat darurat, reaksi alergi parah, atau timbul gejala-gejala overdosis, hubungi layanan gawat darurat (118 atau 119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, gunakan sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis obat dalam satu kali pemakaian.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Psoriasis Pustulosa (Psoriasis Pustular)

    Psoriasis pustulosa atau pustular adalah kondisi peradangan kulit yang ditandai dengan kemunculan bintil pustula. Ketahui secara lebih dalam di artikel ini!

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Fidhia Kemala
    Penyakit Kulit, Psoriasis 29 September 2020 . Waktu baca 10 menit

    Psoriasis Inversa

    Psoriasis inversa adalah jenis psoriasis yang menyerang area kulit yang berlipat dan berkerak. Kenali gejala dan pengobatannya berikut.

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Fidhia Kemala
    Penyakit Kulit, Psoriasis 29 September 2020 . Waktu baca 8 menit

    Waktu Paling Sehat untuk Minum Kopi Ternyata Bukan Pagi Hari

    Anda penggemar kopi? Kapan Anda biasanya minum kopi? Jika jawabannya pagi hari, Anda salah waktu. Cari tahu waktu efektif minum kopi di artikel ini.

    Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
    Hidup Sehat, Fakta Unik 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit

    Kwashiorkor, Masalah Gizi yang Ditandai dengan Rambut Berwarna Kuning Seperti Jagung

    Kwashiorkor adalah kondisi kurang gizi pada anak yang bisa mengakibatkan kematian bila tidak segera ditangani. Berikut ulasannya.

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Riska Herliafifah
    Penyakit Pada Anak, Kesehatan Anak, Parenting 29 September 2020 . Waktu baca 14 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    Seks dengan Lampu Menyala

    6 Alasan Seks Lebih Menyenangkan dengan Lampu Menyala

    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit
    teh tanpa kafein

    3 Jenis Teh yang Tidak Mengandung Kafein

    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit
    Psoriasis eritroderma

    Psoriasis Eritroderma (Psoriasis Eritrodermik)

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Fidhia Kemala
    Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 8 menit
    refluks vesikoureter atau vesicoureteral reflux

    Vesicoureteral Reflux (Refluks Vesikoureter)

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Ajeng Quamila
    Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 7 menit