Menguak Manfaat Power Nap dan Bedanya Dengan Tidur Siang Biasa

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 23 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Rasa kantuk seringkali muncul di jam-jam kritis, seperti di delapan jam setelah bangun pagi. Banyaknya aktivitas yang perlu dijalani mungkin akan memaksa Anda untuk mengabaikan atau mengusir rasa kantuk tersebut dengan minum kopi. Sayangnya, rasa kantuk yang diabaikan justru bisa membuat Anda tidak fokus dalam mengerjakan tugas. Karena itu, Anda perlu mencari cara untuk menghilangkan rasa kantuk dengan tidur siang berkualitas, juga disebut dengan istilah power nap.

Macam-macam tidur siang

Tidur siang terdiri dari bermacam-macam berdasarkan panjang waktu tidurnya, seperti :

  • Nano nap adalah tidur siang selama 2 sampai 5 menit. Hal ini bisa dilakukan untuk Anda yang memiliki waktu tidur sangat terbatas karena banyaknya aktivitas yang perlu dijalankan di siang hari.
  • Mini nap adalah tidur siang selama 5 sampai 20 menit.
  • Power nap adalah tidur siang selama 20 sampai 30 menit. Power nap adalah tidur siang dengan panjang waktu ideal yang bisa memberikan manfaat tidur siang secara optimal.
  • Lazy man’s nap adalah tidur siang selama lima puluh sampai sembilan puluh menit. Hal ini bisa dilakukan jika Anda memiliki banyak waktu luang untuk tidur. Sayangnya, tidur siang selama lebih dari 30 menit biasanya membuat Anda uring-uringan dan linglung karena Anda memaksakan diri untuk bangun dari tidur.

Perbedaan power nap dan tidur nyenyak biasa

Power nap adalah tidur siang yang dilakukan secara singkat, sekitar 20-30 menit. Tidur siang ini bisa membuat Anda kembali bugar dan bersemangat dalam menjalankan aktivitas.

Power nap adalah hal yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan rasa kantuk di tengah aktivitas yang sedang Anda lakukan. Studi telah menunjukkan bahwa power nap bisa meningkatkan daya ingat, kemampuan kognitif, kreativitas, dan tingkat energi Anda.

Power nap biasanya terjadi ketika proses tidur hanya masuk ke dua tahap pertama, yang biasanya berlangsung selama 20 sampai 30 menit. Sedangkan, tidur di malam hari merupakan proses tidur yang lengkap karena telah memasuki keseluruhan siklus tidur. Biasanya, orang dewasa membutuhkan waktu 90 sampai 120 menit untuk menyelesaikan siklus tidur secara penuh.

sleeping beauty sindrom tidur sangat lama

Manfaat power nap

Power nap dan tidur nyenyak yang biasa Anda lakukan sama-sama bisa memberikan manfaat untuk tubuh Anda, seperti meningkatkan kekuatan otak dan stamina tubuh. Tidur nyenyak bisa memberikan manfaat yang tahan lama, dibandingkan tidur siang ini. Pasalnya, tidur nyenyak terjadi karena melewati keseluruhan proses tidur. Jadi, tidur nyenyak bisa membantu tubuh dalam meremajakan dan memperbaiki sel-sel tubuh. Akibatnya, tidur nyenyak bisa meningkatkan daya ingat, energi, perbaikan otot dan jaringan, dan pelepasan hormon.

Meskipun begitu, tidur siang tetap Anda butuhkan untuk menyegarkan pikiran, rileksasi tubuh, dan meningkatkan energi. Karena selama tidur siang, otak Anda melambat, suhu tubuh Anda turun, sehingga otot Anda menjadi lebih rileks.

Power nap bisa menghilangkan rasa kantuk, meningkatkan kinerja dan produktivitas, dan menyegarkan pikiran. Tidur siang ini juga bermanfaat bila ingin berkendara di siang hari dan Anda mengantuk. Anda perlu tidur sejenak untuk menghindari risiko kecelakaan saat mengemudikan kendaraan bermotor.

Tips tidur siang yang berkualitas dan menyegarkan

Anda perlu memperhatikan waktu luang yang Anda miliki untuk menentukan panjang tidur siang Anda. Namun, jika Anda ingin mendapatkan manfaat optimal dari tidur siang, Anda tidak dianjurkan untuk tidur lebih lama dari 30 menit.

Supaya tidur lebih berkualitas sebaiknya pasang alarm, tidur di tempat yang membuat Anda nyaman, dan matikan notifikasi ponsel Anda selama Anda tidur siang. Hal ini juga akan membantu mencegah perasaan uring-uringan, pusing, atau bete saat bangun tidur siang.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?

Yang juga perlu Anda baca

Deodoran Tidak Mempan Kurangi Bau Badan? Atasi Dengan Bahan Alami Berikut Ini

Masalah bau badan tak sedap bikin kurang pede? Tenang, dua bahan alami ini bisa membantu mengurangi bau badan ketika deodoran saja tidak mempan.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

4 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan di Malam Hari

Olahraga malam hari bisa membantu Anda tidur nyenyak dan menghindarkan diri dari sengatan sinar matahari. Berikut 4 olahraga untuk dilakukan di malam hari.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Olahraga Lainnya, Kebugaran 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Sakit Kepala Setelah Makan? Ini 4 Hal yang Bisa Jadi Penyebabnya

Ngantuk atau lemas habis makan adalah hal yang biasa. Lalu, bagaimana kalau Anda justru sakit kepala setelah makan? Cari tahu penyebabnya di sini, yuk.

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Otak dan Saraf, Sakit Kepala 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Cara Menahan Rasa Lapar Saat Melakukan Diet

Sering kali diet Anda gagal karena Anda tak bisa menahan lapar dan akhirnya menyerah dan kembali makan dengan porsi besar. Begini cara mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mencium bau

Sering Mencium Sesuatu Tapi Tak Ada Wujudnya? Mungkin Anda Mengalami Phantosmia!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
penis bengkok

Bisakah Penis yang Bengkok Diluruskan Kembali?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
memotong kuku

Kuku Pendek vs Kuku Panjang: Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit