home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

4 Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur yang Sayang Dilewatkan

4 Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur yang Sayang Dilewatkan

Kebanyakan orang, minum air putih ketika merasa haus saja. Padahal, dalam sehari setidaknya Anda perlu minum 8 gelas air, dan lebih banyak lagi jika melakukan aktivitas berat atau berada di bawah sinar matahari dalam waktu lama. Walaupun Anda bisa minum kapan saja, ternyata ahli kesehatan menyarankan untuk minum air putih sebelum tidur karena memberi banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya, ya?

Manfaat minum air putih sebelum tidur

kandungan air putih

Air adalah komposisi yang paling banyak membentuk tubuh. Oleh karena itu, tak heran jika Anda selalu mendengarkan anjuran minum air putih setidaknya 8 gelas per hari atau sesuai kebutuhan.

Namun saat ini, banyak orang yang masih belum menerapkan anjuran tersebut. Kebanyakan dari mereka hanya mengonsumsi air putih ketika mereka merasa haus saja, padahal tubuh juga membutuhkan cairan meskipun Anda tak merasakan haus.

Agar tubuh Anda semakin sehat dan baik, Anda dapat mencoba membiasakan diri untuk mengonsumsi air putih sebelum tidur, karena kebiasaan ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Mari bahas satu per satu manfaat yang bisa Anda dapatkan jika minum air putih sebelum tidur.

1. Memenuhi kebutuhan cairan dalam satu hari

Jika Anda kurang minum pada siang hari, maka dengan membiasakan diri untuk minum air putih sebelum tidur dapat membantu tubuh untuk menjaga status cairannya.

Apalagi, selama 7-8 jam Anda tidur malam hari, tubuh tak akan mendapatkan cairan apapun. Jadi, untuk mencegah tubuh Anda mengalami kondisi kekurangan cairan atau dehidrasi, maka Anda bisa memanfaatkan waktu malam sebelum tidur untuk minum satu sampai dua gelas air putih.

2. Membantu menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang berdiet, Anda bisa membiasakan kebiasaan ini untuk membuat diet Anda lebih cepat berhasil. Pasalnya, rasa lapar sering kali muncul pada malam hari mendekati waktu tidur.

Minum air putih sebelum tidur akan mencegah Anda mengonsumsi atau ngemil makanan yang tak sehat dan pada akhirnya membuat berat badan naik.

3. Membantu membersihkan tubuh

Manfaat minum air putih sebelum tidur tak hanya membuat kebutuhan cairan tubuh terpenuhi saja, tapi juga mencegah Anda dari gejala sembelit atau permasalahan pencernaan lain.

Pasalnya, usus membutuhkan air untuk membentuk feses agar lebih lunak dan mudah keluar dari tubuh. Jika tubuh kekurangan cairan, tekstur feses menjadi lebih keras dan susah melewati anus. Kondisi inilah yang menyebabkan Anda mengalami sembelit.

4. Mencegah terjadinya sakit kepala

Jika sebelum tidur Anda tidak minum, keesokkan harinya bisa jadi Anda bangun dalam kondisi haus. Selain itu, kurangnya cairan tubuh, bisa membuat kepala terasa sakit saat bangun tidur.

Guna mencegah sakit kepala pada pagi hari, Anda bisa mengandalkan manfaat minum air putih sebelum tidur. Asupan cairan tubuh tetap terjaga dan kemungkinan besar mencegah Anda dari sakit kepala.

Tips minum air putih sebelum tidur agar tidak menganggu tidur

Sungguh melimpah manfaat minum air putih sebelum tidur, bukan? Jika Anda sayang melewatkannya, cobalah untuk membiasakan hal ini. Namun, jangan salah langkah dalam menerapkannya.

Minum air putih sebelum tidur, bukan berarti Anda benar-benar minum 1-2 gelas sebelum beranjak ke kasur. Akan tetapi, menyempatkan diri untuk minum 1-2 gelas air pada malam hari.

Minum air sebelum beranjak ke kasur, bisa membuat Anda bolak-balik buang air kecil di kamar mandi (nokturia). Pada akhirnya, hal ini bisa mengganggu tidur nyenyak Anda.

Sebenarnya, memenuhi cairan tubuh sebelum tidur tidak hanya air putih saja. Anda bisa menikmati segelas susu hangat atau secangkir teh rempah, seperti teh chamomile yang membantu tidur jadi lebih baik.

Namun, jangan sesekali minum kopi, minuman bersoda, atau alkohol menjelang tidur. Meski membantu memenuhi cairan tubuh, jenis minuman ini tidak tepat Anda nikmati saat malam hari.

Kandungan kafein dalam kopi dan minuman bersoda bisa membuat Anda terjaga sehingga menyulitkan Anda untuk memulai tidur. Sementara, alkohol bersifat diuretik, yang artinya bisa membuat Anda bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air. Tidak cuma kelelahan, Anda juga akan kehausan pada tengah malam karena hal ini.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Sleep Advisor. (2021, January 10). Drinking water before bed – What are the benefits And Concernes? Retrieved April 21, 2021, from https://www.sleepadvisor.org/drinking-water-before-bed/.

Water and healthier drinks. (2021, January 12). Retrieved April 21, 2021, from https://www.cdc.gov/healthyweight/healthy_eating/water-and-healthier-drinks.html

How much water do you need to stay healthy? (2020, October 14). Retrieved April 21, 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/water/art-20044256/.

The best foods to help you sleep. (2020, August 14). Retrieved April 21, 2021, from https://www.sleepfoundation.org/nutrition/food-and-drink-promote-good-nights-sleep.

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Aprinda Puji pada 4 minggu lalu
x