home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Benarkah Mendengarkan Musik Saat Tidur Bisa Bantu Atasi Insomnia?

Benarkah Mendengarkan Musik Saat Tidur Bisa Bantu Atasi Insomnia?

Sebagian orang yang mengalami kesulitan tidur (insomnia), menemukan cara untuk mengatasinya dengan melakukan perubahan dalam kebiasaannya sehari-hari. Sebagai contoh, berhenti merokok dan minum alkohol menjelang tidur atau tidak lagi minum kopi di malam hari. Ternyata ada juga yang menempuh jalan dengan mendengarkan musik saat tidur. Namun, benarkah efektif untuk mengatasi insomnia?

Manfaat mendengarkan musik saat tidur

selera musik

Banyak orang minum obat tidur untuk mengobati gangguan tidur, tetapi beberapa obat tidur mungkin memiliki efek samping. Sementara metode alami seperti mendengarkan musik tidak menyebabkan bahaya serius.

Menurut penelitian tahun 2018, musik banyak digunakan orang untuk mengatasi gangguan tidur. Penelitian ini dilakukan oleh Tabitha Trahan dan rekan-rekannya dari University of Sheffield, Inggris dan diterbitkan dalam jurnal PLOS One. Para peneliti melakukan survei online tentang penggunaan musik sebagai alat bantu untuk tidur pada masyarakat umum.

Survei ini mencakup musikalitas, kebiasaan tidur, tanggapan tentang musik apa yang dapat mengatasi gangguan tidur dan alasannya. Hasil survei tersebut menunjukkan terdapat 62% dari 651 responden yang melaporkan bahwa mendengarkan musik saat tidur membantu mereka mengatasi gangguan tidur.

Ternyata setelah peneliti telusuri, ada beberapa efek positif dari mendengarkan musik untuk orang yang susah tidur, antara lain:

1. Musik memengaruhi otak yang mengatur tidur

Tahukah Anda bahwa otak adalah organ yang mengatur tidur? Ya, pasalnya otak menghasilkan hormon yang bisa merangsang rasa kantuk dan mengelola suasana hati jadi lebih baik.

Saat Anda mendengarkan musik sambil tidur, otak akan merespons musik tersebut. Kemudian, otak mengirimkan sinyal ke setiap bagian tubuh sebagai hasil reaksi dari musik yang didengarkan. Sebagai contoh, memengaruhi laju pernapasan dan detak jantung yang mengikuti detak musik.

Jenis lagu juga dapat mengubah kimiawi tubuh dan kadar hormon yang otak produksi. Misalnya, mendengarkan lagu yang menyenangkan dapat meningkatkan kadar serotonin, yang membuat kita bahagia. Perasaan yang bahagia inilah yang bisa mengalahkan kecemasan dan rasa stres, sebagai penyebab susah tidur.

Selain itu, musik juga memicu hipokampus, yakni bagian otak yang terkait dengan penyimpanan memori jangka panjang.

Itulah mengapa lagu-lagu tertentu bisa menghidupkan kembali kenangan, dan membangun nostalgia ketika mendengar lagu-lagu dari masa kanak-kanak, remaja, atau saat-saat puncak dalam hidup Anda. Lagu ini membantu mengembalikan kenangan indah dan menyenangkan.

2. Musik bisa memberi ketenangan

Mendengarkan musik saat tidur dapat membantu Anda menjadi lebih rileks. Terutama jika pemutaran lagu dengan kecepatan dengan 60 hingga 80 BPM (ketukan per menit). Ini paling cocok dengan detak jantung istirahat sehingga membuat tubuh jadi lebih tenang.

Tips aman mendengarkan musik saat tidur

manfaat mendengarkan musik

Banyak orang yang mengaku mendapat manfaat musik dalam membantu mengatasi gangguan tidur dan meningkatkan kualitas tidur. Jika Anda ingin mencobanya, Anda bisa memilih lagu-lagu menyenangkan yang Anda sukai, khususnya yang memiliki irama lambat hingga 60-80 beat per menit.

Anda juga bisa memilih lagu dari playlist khusus dari aplikasi musik yang sudah dirancang sebagai pengantar tidur. Lagu-lagu yang lembut bisa menjadi pengantar tidur yang baik. Genre musik klasik dan jazz juga banyak menjadi pilihan untuk mengatasi gangguan tidur.

Jika bingung menentukan mana yang terbaik untuk Anda, coba saja mendengarkan beberapa genre musik sebelum tidur dan lihat mana yang paling ampuh untuk membuat Anda tidur lebih nyenyak.

Tips lainnya agar aman mendengarkan musik sambil tidur adalah pilih mendengarkan lewat radio, ketimbang menggunakan earphone. Tindakan ini bisa Anda lakukan untuk menghindari menyetel musik dengan volume yang terlalu kencang, atau Anda bisa memilih mode pengeras suara jika mendengarkan musik lewat ponsel.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

How we use music as a possible sleep aid. (2018, November 14). Retrieved April 16, 2021, from https://www.sciencedaily.com/releases/2018/11/181114160033.htm.

Music and sleep: Can music help you sleep better? (2020, October 23). Retrieved April 16, 2021, from https://www.sleepfoundation.org/bedroom-environment/music-and-sleep.

Trahan, T., Durrant, S. J., Müllensiefen, D., & Williamson, V. J. (2018). The music that helps people sleep and the reasons they believe it works: A mixed methods analysis of online survey reports. PLOS ONE, 13(11). doi:10.1371/journal.pone.0206531.

Earwax buildup & Blockage (cerumen IMPACTION): Symptoms & treatment. (n.d.). Retrieved April 16, 2021, from https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/14428-ear-wax-buildup–blockage.

Sleep Advisor. (2020, December 15). Effects of listening to music while sleeping – all benefits and drawbacks. Retrieved April 16, 2021, from https://www.sleepadvisor.org/listening-to-music-while-sleeping/.

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Aprinda Puji pada 3 minggu lalu
x