Prosedur Kateter untuk Penyakit Jantung

Oleh

Prosedur kateter dapat berguna sebagai alat diagnostik serta bentuk perawatan untuk jenis penyakit jantung tertentu. Beberapa jenis penyakit jantung berasal dari abnormalitas dalam struktur jantung dan mungkin tidak langsung terlihat. Prosedur kateter memberikan dokter bedah gambaran mendetail tentang arteri sampai jantung dan memperbaiki struktur bermasalah yang mengakibatkan detak jantung tidak teratur, kelelahan, dan gejala yang mungkin mengancam nyawa lainnya.

Apa itu kateterisasi jantung?

Kateterisasi jantung, atau “kat jantung”, adalah prosedur medis yang menyediakan gambaran arteri koroner yang sangat jelas. Prosedur ini memungkinkan dokter untuk menentukan jenis penyakit atau kelainan yang Anda alami dan, dalam beberapa kasus, untuk mengobati masalah.

Kateter adalah selang yang tipis dan fleksibel, yang dimasukkan ke dalam pembuluh darah—biasanya ke dalam selangkangan, leher, atau lengan—dan sampai ke jantung. Pewarna mungkin dimasukkan ke dalam kateter untuk membantu membuat pembuluh darah dan arteri lebih jelas.

Kateterisasi jantung mengukur tekanan darah, aliran darah menuju jantung, dan kadar oksigen dalam darah. Dokter mungkin mengambil sampel darah dan biopsi otot jantung selama prosedur.

Prosedur

Kelainan jantung bawaan tertentu bisa diperbaiki melalui kateterisasi jantung. Katup jantung dipasang dengan struktur yang disebut leaflet, yang mempermudah darah mengalir tanpa meresap mundur, jauh dari jantung. Stenosis katup paru-paru adalah kondisi di mana katup terbuka tidak selebar dari yang seharusnya, yang mencegah darah mengalir memadai menuju jantung.

Alat kecil berbentuk seperti balon terpasang pada ujung kateter dan dipompa pada bagian yang menyempit dekat katup jantung yang terpengaruh. Balon mendorong leaflet terbuka untuk memperbaiki stenosis. Balon diambil jika kateter dicabut dari pembuluh darah.

Kateterisasi jantung mengobati kelainan septum, yaitu lubang antara atrium (samping) jantung. Dalam kasus ini, kateter membawa potongan seperti payung dan menempatkan alat melewati lubang dalam septum.

Walaupun Anda akan terbangun selama proses kateterisasi, Anda akan dibius untuk menjaga Anda tetap nyaman. Obat diberikan melalui jalur intravena yang sama melalui tempat di mana kateter terpasang, sehingga prosedur menginvasi secara minimal. Dalam kebanyakan kasus, prosedur akan berlangsung selama antara 30 menit dan 1 jam, menurut ahli Institut Kesehatan Nasional (NIH).

Komplikasi dan pemulihan

Prosedur kat jantung dilakukan di rumah sakit, paling umum sebagai prosedur rawat jalan. Persiapan termasuk berpuasa selama setidaknya 8 jam sebelum kateterisasi.

Risiko dan komplikasi jarang terjadi, tapi mungkin termasuk:

  • Penumpukan cairan antara jantung dan lapisan luarnya
  • Tekanan darah rendah
  • Reaksi alergi terhadap pewarna kontras
  • Penggumpalan darah atau pendarahan berat
  • Serangan jantung atau stroke
  • Detak jantung tidak teratur

Pemulihan dari kateterisasi jantung sebentar saja. Anda mungkin harus berbaring telentang selama beberapa jam pasca prosedur. Hal ini berguna untuk mencegah pendarahan jika kateter dimasukkan ke dalam pembuluh darah di dalam selangkangan. Rasa sakit yang tersisa di dalam area tersebut mungkin terasa.

Apa itu ablasi kateter?

Ablasi kateter adalah prosedur yang berguna untuk mengobati beberapa jenis aritmia jantung, atau detak jantung yang tidak teratur atau disritmia. Anda mungkin membutuhkan ablasi kateter seandainya obat-obatan tidak bisa mengendalikan aritmia atau Anda terdiagnosis dengan:

  • Fibrilasi ventrikula: aktivitas elektrik dalam jantung tidak teratur yang mengakibatkan serangan jantung yang mengancam nyawa
  • Tachycardia ventrikula: detak jantung cepat yang berbahaya yang mengurangi aliran darah ke dalam tubuh
  • Fibrilasi atrial: detak jantung yang cepat yang muncul karena impuls elektrik tambahan
  • Jalur tambahan: kondisi bawaan di mana jalur tambahan muncul antara atrium dan ventrikel jantung, menyebabkan pola denyut jantung tidak teratur

Langkah awal ablasi kateter mirip dengan kateterisasi jantung. Anda akan dibius dan kateter akan dimasukkan melalui pembuluh darah. Perbedaan utama adalah daripada untuk menyembuhkan, kateter berguna untuk menyalurkan energi tingkat tinggi ke dalam jantung. Energi disalurkan ke area jantung yang menyebabkan jenis aritmia tertentu dan “mengatur ulang” ritme jantung seperti semula.

Ablasi kateter adalah prosedur yang sangat aman dan efektif. Prosedur ini mungkin membutuhkan waktu sampai 8 jam. Selama waktu ini, tanda vital Anda akan diawasi terus-menerus. Waktu pemulihan paling sering antara 1 dan 6 jam dan Anda hanya berbaring di atas ranjang tanpa menggerakkan kedua kaki Anda untuk mencegah pendarahan. Anda mungkin mengalami kelelahan yang tidak biasa pada beberapa hari pertama setelah ablasi kateter, bersamaan dengan detak jantung yang sesekali terlewatkan. Seiring Anda membaik, detak jantung akan semakin teratur.

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca