home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Manfaat Witch Hazel Terhadap Kesehatan Kulit

Manfaat Witch Hazel Terhadap Kesehatan Kulit

Dikenal sebagai bahan alami untuk kulit, witch hazel kini tengah populer di kalangan penggemar produk skincare. Bagaimana tidak, bahan alami yang satu ini diklaim dapat mengurangi jerawat hingga menenangkan mata bengkak. Benarkah demikian?

Apa itu witch hazel?

Witch hazel adalah salah satu ekstrak tumbuhan yang diduga menawarkan manfaat untuk kesehatan, terutama pada kulit dan kecantikan.

Ekstrak dari daun dan kulit semak bernama latin Hamamelis virginiana ini kaya kandungan tanin yang dipercaya memiliki sifat astringent dan antioksidan. Hal ini yang membuat penduduk asli Amerika menggunakannya sebagai obat tradisional.

Witch hazel kini telah menjadi bagian dari bahan-bahan kosmetik dan produk perawatan kulit, seperti obat jerawat, sampo, hingga krim cukur.

Manfaat witch hazel

infeksi pada jerawat

Umumnya, daun dan kulit kayu witch hazel dibuat menjadi teh dan salep dalam pengobatan tradisional. Tanaman ini juga paling sering dioleskan pada kulit dan kulit kepala mengingat kemampuannya untuk meredakan peradangan dan kulit yang sensitif.

Tak hanya salep, beberapa produk skincare seperti toner wajah pun kini mengandung ekstrak Hamamelis virginian karena kemampuannya tersebut. Lantas, manfaat apa saja yang diberikan witch hazel terhadap kulit?

1. Membantu menghilangkan jerawat

Salah satu manfaat witch hazel yang paling populer yakni membantu menghilangkan jerawat yang membandel. Hal ini dikarenakan witch hazel memiliki sifat yang menguntungkan kulit berjerawat, seperti:

  • mengurangi produksi minyak,
  • meredakan kemerahan pada kulit, dan
  • membasmi bakteri penyebab dari pori-pori kulit.

Ketiga hal tersebut dihasilkan dari kandungan tanin dalam witch hazel yang menjadikannya astrigent yang kuat. Alhasil, kulit yang mudah berjerawat akan terasa lebih kencang dan menjaga keseimbangan pH kulit.

2. Mempercepat penyembuhan kerusakan jaringan kulit

Normalnya, sebagian besar kandungan tanin akan dihilangkan setelah melalui proses distilasi. Proses ini ternyata membantu mempertahankan sifat antioksidan dan anti-peradangan di dalamnya.

Kedua sifat ini ternyata membantu meredakan koreng, membersihkan noda dan bekas luka, hingga mempercepat penyembuhan masalah kulit.

Selain itu, tanin dalam witch hazel juga memiliki manfaat lain, yaitu mengecilkan pori-pori kulit khususnya kulit yang berminyak.

3. Mengatasi luka bakar

Meski tidak cocok untuk produk tabir surya, Anda bisa menggunakan witch hazel ke jenis luka bakar kulit ringan, seperti yang diakibatkan senyawa kimia. Beberapa orang juga menyebut bahan ini aman untuk mengatasi iritasi kulit setelah bercukur.

Bahkan, menurut studi yang dimuat dalam International journal of trichology, witch hazel terbukti memiliki manfaat dalam mengobati luka bakar pada kulit kepala.

Pengobatan tradisional ini bisa cenderung efektif, baik pada pria maupun wanita. Namun, witch hazel biasanya baru berhasil ketika masalah kulit kepala ini disebabkan oleh bahan kimia atau paparan sinar matahari yakni ultraviolet (UV).

4. Merawat rambut

Tahukah Anda bahwa ternyata penggunaan witch hazel secara teratur bisa menjaga kebersihan kulit kepala dan penumpukan minyak?

Pengobatan alami ini terlebih dianjurkan beberapa dokter untuk mengobati dan mencegah psoriasis dan rasa gatal pada kulit kepala.

Anda bisa menambahkan beberapa tetes witch ke hazel pada sampo biasa untuk mencegah infeksi bakteri. Bila memungkinkan, campurkan pula dengan minyak argan untuk menambah volume rambut dan menghilangkan bau tak sedap.

5. Mengurangi iritasi kulit

Kulit sensitif lebih rentan terhadap iritasi pada kulit. Untungnya, Anda bisa mengatasinya dengan mengoleskan witch hazel ke kulit. Hal ini dibuktikan melalui artikel yang dimuat dalam Clinical, cosmetic and investigational dermatology.

Para peneliti dalam artikel tersebut menyebutkan bahwa gel yang mengandung niacinamide, witch hazel, dan ekstrak kernel dapat melawan peradangan kulit.

Hal ini dikarenakan witch hazel bersifat astringen yang membantu membersihkan kulit dan memberikan efek pendinginan. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan guna mencari tahu mekanisme witch hazel dalam menenangkan kulit sensitif.

6. Mengobati gigitan serangga

Seperti yang Anda ketahui, witch hazel merupakan ekstrak tumbuhan yang mengandung tanin dan bersifat astrigent saat dioleskan pada kulit.

Kandungan tanin di dalamnya ini yang membuat witch hazel membantu menenangkan iritasi, rasa terbakar, dan iritasi yang disebabkan oleh gigitan serangga.

Anda bisa mengoleskan sedikit witch hazel pada bola kapas dan usapkan dengan lembut di atas gigitan. Biarkan mengering dan ulangi sesuai kebutuhan.

7. Manfaat lainnya

Selain beberapa hal di atas, ada manfaat lainnya yang ditawarkan oleh witch hazel, yakni:

Efek samping pemakaian witch hazel

Witch hazel merupakan bahan alami yang dianggap aman bila dioleskan secara topikal. Sayangnya, penggunaan internal tidak disarankan.

Alih-alih mendapat manfaat, menelan witch hazel dikhawatirkan dapat memicu berbagai gejala seperti:

Cara aman memakai witch hazel

Umumnya, kebanyakan orang bisa memanfaatkan witch hazel dengan risiko dan efek samping yang minimal. Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan witch hazel guna mendapat manfaat dari tanaman ini, yaitu:

  • oleskan salep atau ekstrak pada kulit beberapa kali untuk pengobatan wasir,
  • lakukan uji tempel kulit pada kulit untuk mencegah efek samping, dan
  • waspadai iritasi kulit atau reaksi alergi kulit pada beberapa jenis kulit.

Bila memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan diskusikan dengan dokter kulit atau ahli dermatologi guna mendapatkan solusi yang tepat.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Trüeb R. M. (2014). North American Virginian Witch Hazel (Hamamelis virginiana): Based Scalp Care and Protection for Sensitive Scalp, Red Scalp, and Scalp Burn-Out. International journal of trichology, 6(3), 100–103. https://doi.org/10.4103/0974-7753.139079. Retrieved 23 April 2021. 

Heinicke, I. R., Adams, D. H., Barnes, T. M., & Greive, K. A. (2015). Evaluation of a topical treatment for the relief of sensitive skin. Clinical, cosmetic and investigational dermatology, 8, 405–412. https://doi.org/10.2147/CCID.S87509. Retrieved 23 April 2021. 

Chularojanamontri, L., Tuchinda, P., Kulthanan, K., & Pongparit, K. (2014). Moisturizers for Acne: What are their Constituents?. The Journal of clinical and aesthetic dermatology, 7(5), 36–44. Retrieved 23 April 2021. 

Link, R. (2018). 8 Benefits and Uses of Witch Hazel. Healthline. Retrieved 23 April 2021, from https://www.healthline.com/nutrition/witch-hazel-benefits-uses 

Shenefelt PD. (2011). Herbal Treatment for Dermatologic Disorders. In: Benzie IFF, Wachtel-Galor S, editors. Herbal Medicine: Biomolecular and Clinical Aspects. 2nd edition. Boca Raton (FL): CRC Press/Taylor & Francis; Chapter 18. Retrieved 23 April 2021, from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK92761/.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Nabila Azmi Diperbarui 27/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x