backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

1

Tanya Dokter
Simpan

9 Produk Skincare untuk Perawatan Kulit Dasar

Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro · General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Shylma Na'imah · Tanggal diperbarui 2 minggu lalu

    9 Produk Skincare untuk Perawatan Kulit Dasar

    Penggunaan skincare yang rutin dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat, penuaan dini, dan hiperpigmentasi. Kenali lebih jauh tentang urutan penggunaan dan fungsinya berikut ini.

    Apa itu skincare?

    Produk skincare adalah produk yang berfungsi untuk merawat kesehatan dan mengatasi berbagai masalah kulit. Umumnya skincare dapat berupa krim, losion, serum, toner, masker, pelembab, pembersih, dan masih banyak lagi.

    Penggunaan produk skincare bervariasi tergantung pada jenis kulit, masalah kulit yang ingin diatasi, dan preferensi seseorang.

    Beberapa produk ditujukan untuk membersihkan kulit dan menghilangkan kotoran, sedangkan yang lainnya dirancang untuk meremajakan, melembabkan, atau mengatasi masalah seperti jerawat, hiperpigmentasi, atau penuaan dini. 

    Produk skincare biasanya mengandung berbagai bahan aktif yang dirancang untuk memberikan manfaat khusus pada kulit. Berikut adalah beberapa zat aktif yang paling umum:

    GIRLS SKINCARE REAL MEANING

    Setiap orang berhak memilih apa yang mereka gunakan untuk kenyamanan dirinya. Selama itu tidak merugikan orang lain, stop mengomentari tanpa memikirkan perasaan mereka. Karena dengan kata-kata ini, kamu bisa membuat seseorang tidak puas dengan dirinya dan merasa insecure.

    Fungsi dan urutan dasar penggunaan produk skincare

    Setiap produk skincare memiliki fungsi tersendiri. Satu produk yang sama pun dapat dibagi lagi sesuai jenis kulit setiap orang dan masalah yang dialaminya. Inilah sebabnya Anda akan mudah menemukan puluhan varian produk saat berburu skincare.

    Meski demikian, sebenarnya ada tahapan skincare secara umum yang dapat diikuti setiap orang dengan jenis dan masalah kulit apa pun.

    Berikut urutan pemakaian produk skincare dasar yang perlu Anda lakukan untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit.

    1. Facial cleanser

    Urutan penggunaan produk skincare yang pertama yaitu facial cleanser. Tahapan ini penting dilakukan pada pagi dan malam hari.

    Mungkin Anda merasa kulit wajah bersih pada pagi hari, tetapi kotoran, debu, atau bakteri bisa saja menempel saat Anda tidur.

    Gunakan juga facial cleanser setelah bepergian seharian. Tujuannya untuk mengangkat make up dan kotoran yang menempel di wajah.

    Beberapa facial cleanser yang umum dijual di pasaran yaitu makeup remover, micellar water, atau krim pembersih dan penyegar.

    2. Face oil

    aturan dan urutan pakai face oil

    Berbeda dari facial cleanser, face oil membersihkan lebih dalam sehingga menghilangkan kotoran sampai benar-benar bersih. Selain membersihkan, face oil juga menghidrasi dan merawat kulit wajah. 

    Frekuensi penggunaan produk ini disesuaikan berdasarkan kebutuhan kulit Anda. Namun, umumnya produk ini digunakan dalam rangkaian beauty night routine sebelum tidur.

    Anda perlu tahu

    Face oil biasanya terbuat dari campuran minyak alami, seperti minyak argan, minyak jojoba, minyak rosehip, dan minyak tea tree.

    3. Facial wash

    Skincare selanjutnya yang penting untuk dilakukan yaitu mencuci muka dengan facial wash.

    Mencuci muka bermanfaat untuk membuka pori-pori, melembutkan kulit, dan membuat kulit bersih dari kotoran sehingga kulit bisa menyerap produk skincare selanjutnya dengan lebih baik.

    Jangan lupa untuk menggunakan produk yang sesuai dengan tipe kulit dan kebutuhan kulit.

    3. Toner

    Toner adalah salah satu produk skincare yang digunakan setelah membersihkan wajah sebelum mengaplikasikan produk perawatan kulit lainnya.

    Produk ini membantu membersihkan sisa kotoran, menyeimbangkan pH kulit, dan meningkatkan penyerapan skincare setelahnya.

    Tersedia berbagai jenis toner dengan berbagai formula bahan aktif yang ditujukan untuk berbagai jenis kulit dan masalah kulit. Oleh karena itu, penting untuk memilih toner yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan tujuan perawatan kulit Anda.

    4. Serum

    Serum adalah cairan berbahan dasar minyak atau air yang ringan dan mudah diserap dan dioleskan ke kulit. Biasanya produk ini tersedia dalam botol kecil dengan pipet.

    Produk perawatan ini mengandung sejumlah bahan aktif, seperti vitamin, retinol, atau ekstrak tanaman tertentu.

    Serum dapat menembus ke bagian terdalam kulit dengan mudah dan merata. Oleh sebab itu, penggunaan serum biasanya bertujuan untuk mengatasi masalah kulit yang lebih spesifik, seperti jerawat, flek hitam, atau kulit kusam

    5. Pelembap

    Seperti namanya, krim pelembab merupakan produk perawatan kulit yang dirancang untuk menambah dan mengunci hidrasi pada kulit.

    Banyak yang mengira bahwa tahapan ini hanya dilakukan pada pemilik kulit kering. Padahal, orang dengan kulit berminyak dan normal juga membutuhkannya.

    Produk pelembab dapat berbentuk day cream, night cream, moisturizer cream, dan sebagainya. Ada juga produk pelembab yang bersatu dengan produk make-up, misalnya, tinted moisturizer yang memberikan warna pada kulit sekaligus melembabkan.

    6. Eye cream

    Eye cream merupakan produk skincare yang dirancang khusus untuk digunakan di sekitar area mata. Pasalnya, kulit di sekitar mata cenderung lebih tipis dan lebih sensitif dibandingkan dengan kulit di area wajah lainnya. 

    Oleh karena itu, eye cream dirancang untuk memperbaiki masalah yang sering terjadi di area tersebut. Beberapa masalah kulit yang terjadi di area tersebut yaitu kerutan, mata panda, dan kantung mata.

    7. Tabir surya

    Sudah bukan rahasia lagi bahwa paparan sinar matahari dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit.

    Bahkan, kulit yang tidak terlindung berisiko lebih tinggi mengalami penuaan dini dan kanker. Maka itu, kulit butuh krim tabir surya.

    Salah satu penelitian dalam jurnal Canadian Medical Association Journal mengatakan bahwa penggunaan tabir surya minimal 30 SPF dapat mengurangi perkembangan kanker kulit.

    8. Masker

    Masker wajah adalah produk perawatan kulit yang dirancang untuk memberikan berbagai manfaat pada kulit wajah. Fungsi masker wajah dapat bervariasi tergantung pada jenis masker dan bahan-bahan yang digunakan.

    Produk ini tersedia dalam beragam bentuk, seperti masker madu dan mentimun. Ada juga masker berbentuk sheet mask yang mengandung bahan kimia aktif.

    Penggunaan masker wajah tidak perlu setiap hari, Anda dapat menggunakannya satu hingga tiga kali dalam seminggu.

    9. Eksfoliasi

    Prosedur eksfoliasi yaitu pengangkatan sel-sel kulit mati pada lapisan terluar kulit. Tanpa eksfoliasi, sel kulit mati yang menumpuk akan membuat kulit kusam dan ditumbuhi komedo bahkan jerawat.

    Perawatan ini biasanya hanya dilakukan satu atau dua kali dalam seminggu.

    Ada dua cara eksfoliasi, yakni mekanik dan kimiawi. Eksfoliasi mekanik dilakukan dengan scrub, sikat, kristal gula atau garam, serta spons. Sementara itu, eksfoliasi kimiawi menggunakan zat kimia seperti AHA, BHA, dan PHA. 

    Perlu diingat bahwa setiap orang memiliki kebutuhan perawatan kulit yang berbeda-beda dan mungkin tidak sama satu sama lain. Ada orang yang cocok menggunakan day cream, tetapi tidak cocok menggunakan night cream

    Selain itu, sekarang sudah banyak merek produk skincare dengan jenis yang sama tetapi kandungan yang berbeda.

    Oleh karena itu, ketahui dengan pasti apa kebutuhan kulit Anda dan pilih merek yang sesuai dengan kulit Anda agar tidak terjadi efek samping.

    Catatan

    Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Patricia Lukas Goentoro

    General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


    Ditulis oleh Shylma Na'imah · Tanggal diperbarui 2 minggu lalu

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan