3 Masker Alami untuk Mengecilkan Pori-pori Wajah

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 13 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Pori-pori yang tampak besar tentu akan mengganggu, terutama jika Anda memiliki tipe kulit wajah berminyak atau kombinasi. Kondisi ini akan membuat kulit jadi terlihat tidak mulus dan lebih mudah berminyak, bahkan memicu munculnya jerawat. Jangan khawatir, itu bukan berarti Anda harus merogoh kantong cukup dalam untuk mendapatkan wajah yang mulus dan bersinar alami. Masih ada cara lain yang murah dan manjur untuk menyamarkan atau mengecilkan pori-pori wajah Anda.

Bagaimana cara mengecilkan pori-pori?

Lubang pori-pori pada wajah Anda ukurannya ditentukan secara genetik. Jika kedua orangtua Anda memiliki kulit wajah dengan pori-pori yang tampak besar, Anda juga akan mewarisinya.  Fungsinya sendiri adalah sebagai lubang keluarnya minyak dan keringat berlebih.

Namun, beberapa kondisi kulit bisa membuat pori-pori Anda tampak lebih besar. Sebagai contoh, setelah terpapar sinar matahari langsung atau kalau Anda tidak membersihkan wajah sampai tuntas. Sisa kosmetik atau kotoran yang masih menempel akan menyumbat pori-pori hingga terlihat melebar.  

Anda mungkin pernah dengar trik yang mudah untuk mengecilkan pori-pori, yaitu mencuci wajah dengan air dingin. Banyak yang percaya bahwa air panas bisa membuka pori-pori, sementara air dingin bisa membantu menutup dan mengecilkan. Sayangnya, cara yang mudah dan terjangkau ini hanya mitos belaka. Pori-pori wajah tidak akan membesar dan mengecil karena suhu air. 

Masker alami untuk mengecilkan pori-pori

Meskipun Anda memang tidak bisa mengubah ukuran pori-pori pada wajah, Anda bisa menyamarkannya dengan cara membersihkan segala kotoran dan minyak yang tersumbat. Hasilnya pun kulit Anda jadi mulus karena pori-pori yang tadinya terbuka lebar sekarang tampak lebih rata dan kecil.

Untuk mendapatkan hasil tersebut, rawatlah wajah dengan masker natural dari bahan-bahan yang aman dan terjamin karena langsung dari alam. Inilah tiga masker alami yang bisa Anda coba untuk mengecilkan pori-pori wajah. Silakan pilih yang sesuai dengan tipe kulit Anda.  

1. Masker lidah buaya, timun, dan brown sugar

Kalau kulit wajah Anda sensitif tapi pori-pori tampak mengganggu, masker ini bisa jadi solusinya. Hancurkan timun sampai berbentuk seperti bubur. Siapkan lendir lidah buaya langsung dari daunnya. Banyaknya timun dan lidah buaya bisa disesuaikan sendiri atau ditakar dalam perbandingan 50:50. Campur keduanya dan tambahkan brown sugar (juga dikenal sebagai raw sugar atau gula tebu yang tidak diproses terlalu lama dan berwarna kecokelatan).

Takaran untuk brown sugar bisa dikira-kira, sebaiknya hingga tekstur adonan timun dan lidah buaya jadi berpasir dan agak kasar. Oleskan pada wajah hingga merata sambil dipijat ringan. Diamkan selama 15-30 menit dan bilas bersih.

Timun dan lidah buaya berkhasiat sebagai astringen (zat yang mampu mengurangi keluarnya minyak dan menutup luka atau pori-pori) yang alami. Sementara itu, brown sugar berguna untuk mengangkat sel kulit mati, kotoran, dan sisa minyak yang menyumbat pori-pori. Masker ini tidak akan membuat kulit Anda kering karena timun dan lidah buaya bisa membantu menjaga kelembapan kulit.

2. Masker putih telur, madu, dan air lemon

Selain lezat untuk dikonsumsi, telur juga bisa menjadi masker wajah andalan. Pisahkan putih dan kuning telur. Kemudian kocok putih telur sampai berbuih. Campur satu sendok makan madu, putih telur, dan beberapa tetes perasan lemon sampai adonannya cukup kental dan baunya tak terlalu menyengat. Oleskan pada wajah dengan kuas hingga merata. Biarkan meresap selama setengah jam. Setelah itu, bilas dengan sabun wajah Anda hingga bersih.

Khasiat putih telur untuk mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori sudah dikenal sejak lama. Kandungan antibakteri alami dari madu dan air perasan lemon mampu membasmi jerawat, kotoran, dan bakteri yang bersarang pada pori-pori Anda. Anda yang punya kulit berminyak tak perlu khawatir karena madu baik untuk menyeimbangkan kadar minyak pada wajah.

3. Masker cuka apel, baking soda, dan tomat

Masker alami ini bisa Anda coba untuk menyamarkan pori-pori yang besar dan tidak rata. Akan tetapi, hati-hati kalau kulit Anda sensitif karena masker ini berisiko menimbulkan iritasi. Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan untuk meracik masker ini adalah satu sendok makan cuka apel (apple cider vinegar), setengah cangkir bubuk baking soda, dan irisan tomat segar yang sudah dilumatkan. Campur semua bahan jadi adonan yang rata. Oleskan pada wajah dan diamkan selama kira-kira 20 menit. Setelah itu bilas hingga bersih.

Baking soda dan cuka apel ampuh untuk mengangkat sel kulit mati, kotoran, minyak berlebih, dan sisa-sisa racun yang menyumbat pori-pori. Dengan begitu, akan mengecilkan pori-pori Anda. Sementara itu, tomat berfungsi sebagai astringen alami yang baik untuk mengencangkan dan mencerahkan kulit.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mie Instan atau Nasi Putih, Mana yang Lebih Sehat untuk Dikonsumsi?

Keduanya sama-sama karbohidrat, tapi apakah benar nasi lebih baik dari mie? Cari tahu lebih lanjut sebelum menentukan pilihan.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Fakta Gizi, Nutrisi 24 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Mengungkap Serba-serbi Micellar Water, Amankah Bagi Wajah?

Micellar water populer di kalangan makeup artist dan pencinta produk skincare. Namun, apakah produk ini aman dan bermanfaat?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 24 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

5 Fakta Mengagumkan Soal Lutut Manusia yang Tangguh Tapi Rawan Cedera

Lutut manusia bertugas untuk menopang aktivitas Anda sehari-hari. Yuk, cari tahu berbagai fakta menarik soal kesehatan lutut berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Kesehatan Muskuloskeletal, Gangguan Muskuloskeletal 24 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

BAB Sering Berdarah? Hati-hati, Bisa Jadi Tanda Kanker pada Saluran Cerna

Penyebab BAB berdarah bukan cuma ambeien alias wasir saja. Darah pada feses bisa jadi pertanda adanya kanker pada salah satu organ saluran cerna Anda.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Ivena
Kanker, Kanker Lambung 24 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit



Direkomendasikan untuk Anda

cara menghilangkan bulu

Ragam Cara Menghilangkan Bulu Tangan dan Kaki yang Paling Umum

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
penyakit dari tikus

Hati-hati! Ini 6 Penyakit Berbahaya yang Disebabkan Oleh Tikus

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit
keluar air mani

Tiba-tiba Keluar Air Mani Padahal Tidak Terangsang, Kok Bisa?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
efek bleaching gigi

Efek Bleaching untuk Memutihkan Gigi, Adakah yang Perlu Diwaspadai?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit