home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Panduan Memilih Sampo yang Bagus untuk Rambut Lebih Sehat

Panduan Memilih Sampo yang Bagus untuk Rambut Lebih Sehat

Kebiasaan memilih sampo karena tertarik dengan keharuman atau kemasannya justru bisa membuat rambut cepat rusak. Itu sebabnya, pilihlah sampo sesuai dengan kondisi rambut adalah solusi terbaik untuk saat ini. Kenali cara memilih sampo yang bagus untuk merawat rambut Anda.

Apa fungsi sampo?

pakai sampo sama rusak rambut

Sebelum mengenali bagaimana cara memilih sampo yang bagus sesuai jenis rambu Anda, kenali dahulu apa sebenarnya fungsi sampo.

Sampo adalah salah satu produk perawatan rambut yang digunakan untuk membersihkan kulit kepala dan kotoran, sebum, dan keringat. Selain menghilangkan kotoran, sampo yang kini beredar di pasaran juga dapat melembutkan dan membuat rambut sehat dan tampak lebih indah.

Tidak hanya itu, beberapa sampo juga dapat dipakai untuk mengatasi masalah kulit kepala tertentu, seperti dermatitis seboroik. Kemajuan teknologi telah mengembangkan fungsi sampo dan menyeimbangkan kandungan pembersih dengan zat lainnya agar lebih aman.

Tips memilih sampo yang bagus sesuai jenis rambut

memilih sampo

Pada dasarnya, memilih sampo bagus sesuai dengan jenis rambut Anda cukup mudah. Umumnya, kandungan atau jenis rambut yang ditujukan akan tertera pada kemasan sampo.

Itu sebabnya, langkah pertama dalam memilih sampo untuk rambut Anda harus dimulai dengan memerhatikan komposisi sampo. Berikut ini ada beberapa kandungan sampo sesuai dengan jenis rambut yang direkomendasikan oleh para ahli.

Sampo terbaik untuk rambut berminyak

Rambut berminyak adalah kondisi ketika jumlah sebum (minyak alami) pada kulit kepala terlalu banyak. Sebum bertugas untuk menjaga kelembapan rambut agar tidak cepat kering dan rusak. Bila terlalu banyak, justru akan membuat rambut tampak lepek.

Nah, sampo yang bagus untuk rambut berminyak biasanya mengandung lauryl sulfate atau sulfosuccinates sebagai deterjen tanpa kondisioner. Selain itu, Anda juga bisa memilih produk perawatan rambut berminyak ini dengan kandungan bahan alami:

  • chamomile,
  • tea tree oil,
  • green clay, dan
  • Minyak lemon.

Beberapa bahan alami di atas dipercaya dapat membersihkan kulit kepala dan menyerap serta mengontrol jumlah minyak berlebih. Anda bisa mengoleskan sampo sesuai kebutuhan dua kali dan pijat kuli kepala selembut mungkin saat keramas.

Bila Anda memiliki rambut berminyak, justru disarankan untuk lebih sering keramas karena membantu mempercepat sekresi sebum. Meski begitu, penggunaan kondisioner untuk rambut berminyak tidak disarankan sering dilakukan karena hanya akan menambah jumlah minyak.

Sampo untuk rambut kering

Bila rambut berminyak terjadi akibat produksi sebum berlebih, rambut kering justru kebalikannya. Rambut kering terjadi akibat kekurangan minyak dan menyebabkan rambut kurang lembap dan dehidrasi. Akibatnya, rambut lebih mudah patah.

Umumnya, sampo untuk rambut kering diformulasikan bagi mereka yang sering menjalani perawatan di salon dengan bahan kimia yang cukup keras. Oleh sebab itu, kandungan sampo untuk rambu kering seharusnya lebih ringan dengan kondisioner yang lebih banyak.

Anda juga dapat memilih sampo untuk jenis rambut ini dengan bahan-bahan alami:

Kandungan minyak yang disebutkan di atas memang cukup populer dalam menutrisi rambut dan memulihkan struktur rambut dengan menyeimbangkan jumlah sebum.

https://wp.hellosehat.com/hidup-sehat/kecantikan/hair-spa-hair-mask-creambath/

Sampo untuk rambut keriting

Rambut keriting adalah salah satu jenis rambut yang sulit teratur dan terlihat lebih tebal serta bervolume. Oleh sebab itu, Anda membutuhkan tips khusus dalam merawat rambut yang satu ini.

Begini, rambut keriting lebih mudah patah, kering, dan tampak kusam. Alangkah baiknya bila Anda memilih sampo terbaik dengan kandungan yang kaya akan nutrisi. Dengan begitu, senyawa tersebut akan memberikan kilau dan meningkatkan kelenturan rambut.

Normalnya, para ahli akan merekomendasikan produk berbahan dasar ekstrak minyak alami, seperti bambu, minyak sawit, dan minyak untuk rambut lainnya. Selain itu, disarankan untuk memilih sampo yang juga dibarengi dengan kondisioner.

Sampo 2in1 ini membantu menghilangkan kotoran dan juga menawarkan tingkat kelembapan yang tinggi. Dengan begitu, kutikula rambut tetap halus dan menjaga rambut ikal Anda agar mudah diatur.

Sampo untuk rambut tipis

cara merawat rambut tipis

Rambut tipis bukan berarti Anda memiliki kerontokan yang parah hingga jumlah rambut berkurang banyak. Ada kalanya rambut tipis memang disebabkan oleh faktor genetik, usia, atau masalah kesehatan tertentu.

Oleh sebab itu, menjaga kesehatan rambut tipis dapat dimulai dengan memperhatikan kandungan sampo yang Anda pakai, apakah terbaik untuk rambut atau tidak, seperti sebagai berikut.

  • Lidah buaya membantu mempercepat pertumbuhan rambut karena kandungan vitamin B12 di dalamnya.
  • Biotin (vitamin B7) untuk menciptakan enzim yang memperkuat rambut agar tidak mudah patah.
  • Panthenol untuk menguatkan dan melembutkan rambut denagn menembus seluruh lapisan kutikula dan kulit kepala.
  • Ginseng dapat mengatur aktivitas protein yang ada dalam siklus pertumbuhan rambut karena dapat menumbuhkan rambut lebih cepat.

Sampo untuk masalah kulit kepala

Beragam masalah kulit kepala, mulai dari ketombe hingga psoriasis memang akan mengganggu tampilan rambut. Selain membuat rambut tampak kusam, butiran ketombe dan kulit kepala yang bermasalah juga membuat rambut terlihat kotor.

Bila Anda mengalami masalah kulit kepala, dokter mungkin akan merekomendasikan sampo obat. Sampo obat ini merupakan jenis sampo dengan senyawa aktif seperti tar, kortikosteroid, asam salisilat, belerang, hingga zinc pyrithione.

Selain itu, sampo yang juga mengandung kondisioner dan deterjen ringan, yakni laureth sulfat atau deterjen kationik pun disarankan untuk masalah kulit kepala. Sampo ini biasanya menggantikan sebum dengan silikon agar rambut lebih sehat, tampak berkilau, dan lebih lembut.

Sebagai contoh, sampo untuk menghilangkan ketombe membutuhkan kandungan yang dapat menenangkan kulit kepala yang gatal. Ada sejumlah bahan anti ketombe yang dapat Anda temukan di sampo, seperti mint, belerang, dan ginseng.

Bolehkah menggonta-ganti sampo?

Secara umum, kondisi rambut setiap orang berbeda-beda dan reaksi kulit kepala serta rambut terhadap produk perawatan pun akan berbeda. Jika sudah menemukan sampo terbaik untuk rambut Anda, gunakanlah.

Jika selama ini suka berganti sampo secara teratur dan tidak memengaruhi rambut Anda atau membuat rambut tampak sehat, silakan lanjutkan.

Meski begitu, ketika Anda melihat ada tanda-tanda kerusakan rambut setiap mengganti sampo, seperti kulit kepala gatal atau iritasi, sebaiknya hentikan. Terlebih lagi jika Anda mengalami kerontokan rambut yang disertai dengan gatal-gatal atau kemerahan.

Artinya, Anda lebih baik menghentikan penggunaan sampo baru tersebut dan kembali ke sampo lama yang sudah cocok. Bila Anda ragu, silakan konsultasikan dengan dokter spesialis kulit atau ahli dermatolog.

https://wp.hellosehat.com/hidup-sehat/kecantikan/perawatan-rambut/masker-rambut-dari-pisang/

Daftar bahan kimia sampo yang perlu dihindari

Tips lainnya dalam memilih sampo terbaik untuk jenis rambut Anda adalah memperhatikan apakah ada kandungan berbahaya di produk perawatan rambut tersebut.

Anda mungkin berpikir asal rambut sehat dan tampak bercahaya tentu tidak akan menjadi masalah. Faktanya, ada banyak sampo yang mengandung bahan yang cukup berbahaya dan perlu dihindari.

Selain berdampak terhadap kesehatan rambut, ternyata bahan-bahan di bawah ini juga berefek buruk bagi kesehatan tubuh.

  • Sodium laury/laureth sulfate (SLS)
  • Paraben
  • Formalin
  • Isopropil alkohol
  • Triclosan
  • Parfum atau wewangian dalam sampo

Beberapa senyawa aktif sebenarnya masih membutuhkan penelitian lebih lanjut unuk melihat apakah efek sampingnya sama atau tidak ketika diujicobakan di kulit manusia. Namun, ada baiknya untuk berjaga-jaga dengan memilih sampo terbaik dengan bahan yang aman dan tidak berbahaya.

Selain pemilihan sampo yang terbaik sesuai jenis rambut, teknik keramas pun juga harus tepat tergantung pada jenis dan panjang rambut. Bila Anda ragu, sebaiknya hubungi dokter spesialis kulit atau dermatolog untuk mendapatkan solusi yang tepat.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

D’Souza, P., & Rathi, S. K. (2015). Shampoo and Conditioners: What a Dermatologist Should Know?. Indian journal of dermatology, 60(3), 248–254. https://doi.org/10.4103/0019-5154.156355. Retrieved 20 October 2020. 

How to choose the right shampoo for your hair. (n.d). British Council Blogs. Retrieved 20 October 2020, from http://britishcouncilblogs.org/how-to-choose-the-right-shampoo-for-your-hair/

Chiu, C., Huang, S., & Wang, H. (2015). A Review: Hair Health, Concerns of Shampoo Ingredients and Scalp Nourishing Treatments. Current Pharmaceutical Biotechnology, 16(12), 1045-1052. doi: 10.2174/1389201016666150817094447. Retrieved 20 October 2020.

Tips for healthy hair. (n.d). American Academy of Dermatology. Retrieved 20 October 2020, from https://www.aad.org/public/everyday-care/hair-scalp-care/hair/healthy-hair-tips 

Davis, M., Thomas, J., van de Velde, S., Boissy, Y., Dawson, T., Iveson, R., & Sutton, K. (2011). A novel cosmetic approach to treat thinning hair. British Journal Of Dermatology, 165, 24-30. doi: 10.1111/j.1365-2133.2011.10633.x. Retrieved 20 October 2020. 

Yogev, N. (n.d). Toxic Ingredients in Shampoo and Conditioner to Avoid. Pure Natural Cosmetics. Retrieved 20 October 2020, from https://www.purecosmetics.info/toxic-ingredients-shampoo-conditioner/ 

Choi B. Y. (2018). Hair-Growth Potential of Ginseng and Its Major Metabolites: A Review on Its Molecular Mechanisms. International journal of molecular sciences, 19(9), 2703. https://doi.org/10.3390/ijms19092703. Retrieved 20 October 2020.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Nabila Azmi
Tanggal diperbarui 23/11/2020
x