home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Pilihan Obat dan Cara untuk Mengatasi Cantengan

Pilihan Obat dan Cara untuk Mengatasi Cantengan

Cantengan adalah kondisi ketika kuku tumbuh ke dalam kulit. Penyakit kuku yang satu ini tentu terasa menyakitkan dan membuat jari kuku, terutama pada kaki tak enak dipandang. Lantas, apa saja cara dan obat untuk mengatasi cantengan?

Cara mengobati cantengan

cantengan bisa kambuh

Ada banyak hal yang menjadi penyebab cantengan, mulai dari memotong kuku yang salah hingga trauma pada jari kuku. Bila sudah parah, Anda mungkin perlu menemui dokter spesialis kulit untuk melakukan operasi.

Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir. Berikut ini berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengobati kuku cantengan, mulai dari obat untuk mengatasi cantengan hingga perawatan di rumah.

1. Minum obat pereda nyeri untuk cantengan

Salah satu obat yang bisa Anda peroleh untuk meredakan gejala cantengan adalah obat pereda nyeri.

Obat pereda nyeri, seperti ibuprofen dan naproxen, dapat Anda gunakan untuk membantu mengurangi rasa sakit pada kuku jari kaki. Selain itu, konsumsi obat ini juga dapat membantu mengurangi pembengkakan.

2. Rendam kaki dengan air hangat

Selain obat-obatan, cara lainnya untuk mengobati cantengan adalah merendam kaki dengan air hangat. Cara menghilangkan cantengan yang satu ini bermanfaat untuk membantu menjaga kebersihan area jari yang terinfeksi dan bebas dari bakteri.

Anda bisa merendam kaki dalam air hangat secara rutin setiap hari. Bahkan, Anda bisa menambahkan garam Epsom untuk menambah rasa nyaman.

Cara membuatnya:

  • Siapkan baskom berisi air hangat
  • Tambahkan garam dan aduk hingga rata
  • Rendam kaki selama 15 menit sebanyak 2 – 3 kali dalam sehari

3. Rendam dengan sari cuka apel

Tidak hanya larutan garam dan air hangat, Anda juga bisa merendam kaki dengan campuran sari cuka apel dan air hangat. Begini, cuka apel sering dianggap sebagai obat cantengan alami karena bersifat antiseptik, anti nyeri, dan anti peradangan.

Meski belum ada penelitian yang membuktikan hal tersebut, Anda bisa memanfaatkan cuka apel sebagai pilihan alternatif mengatasi cantengan dengan cara berikut.

  • Tambahkan seperempat cangkir cuka apel ke air hangat
  • Rendam kaki selama 20 menit

4. Oleskan krim atau salep antibiotik

Bila cantengan belum terinfeksi bakteri dan masih tergolong ringan, Anda bisa menggunakan salep atau krim antibiotik untuk mengatasi cantengan. Hal ini bertujuan untuk mempercepat penyembuhan dan membantu mengurangi risiko infeksi.

Perlu diingat bahwa penggunaan krim atau salep sebaiknya diresepkan oleh dokter. Salep yang diresepkan contohnya adalah Neosporin dan Bactroban (Mupirocin).

5. Balut kuku cantengan dengan perban

Jari kaki yang cantengan sebaiknya dibalut dengan perban. Menutup jari kaki dengan perban setidaknya menjaga kebersihan kuku dan terhindar dari kotoran yang mungkin masuk dan menginfeksi kuku yang rusak.

Cara mengobati cantengan yang satu ini juga dilakukan agar kuku kaki mendapatkan bantalan ekstra dan tidak lecet bila terkena sepatu atau sandal.

Usahakan untuk meletakkan gumpalan kapas di bawah batas kuku untuk menggeser kuku ke arah yang benar.

Cara membuatnya:

  • Ambil sepotong kapas atau kain kasa berukuran kecil dan gulung
  • Angkat perlahan ujung kuku
  • Taruh kapas atau kasa di bawah kuku cantengan

Kapas dan kain kasa setidaknya membantu mengurangi tekanan pada daging yang terkena cantengan. Meski terasa tidak nyaman, cara ini mengurangi rasa nyut-nyutan pada area kuku yang cantengan.

Cara-cara di atas memang cukup mudah dan bisa dilakukan di rumah. Itu sebabnya, Anda tidak boleh menyepelekan cantengan yang mungkin tidak terlalu terasa sakit. Semakin cepat diobati, semakin berkurang risiko kuku terinfeksi bakteri.

Bagaimana dengan obat kuku cantengan yang terinfeksi?

obat cantengan alami cara mengobati cantengan

Bila kuku cantengan tidak kunjung diobati atau mendapatkan perawatan yang salah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Umumnya, dokter akan meresepkan obat cantengan, berupa antibiotik.

Selain itu, kuku cantengan juga akan dibalut dengan kain kasa yang telah dioleskan antibiotik untuk membantu kuku tumbuh keluar dari kulit sekitarnya.

Berikut ini beberapa cara yang dilakukan dokter spesialis kulit atau masalah kaki untuk mengatasi cantengan.

Mengangkat kuku

Bagi Anda dengan kuku yang sedikit tumbuh ke dalam, yakni terasa nyeri tetapi tidak mengeluarkan nanah, dokter mungkin akan mengangkat tepian kuku. Tepian kuku yang tumbuh ke dalam akan diangkat dengan meletakkan kapas atau benang gigi.

Hal ini bertujuan untuk memisahkan kuku dari kulit bagian atas dan membantu kuku tumbuh di atas tepi kulit. Sesampainya di rumah, Anda dianjurkan untuk merendam jari kaki dan mengganti balutannya setiap hari.

Mencabut sebagian kuku

Bila kuku yang cantengan sudah tampak memerah, terasa sakit, dan mengeluarkan nanah, dokter mungkin akan mencabut sebagian kuku yang tumbuh ke dalam.

Anda tidak perlu khawatir karena dokter akan menyuntikkan anestesi jari yang mengalami cantengan sebelum prosedur dimulai.

Operasi cantengan

Kuku cantengan yang kambuh berulang kali pada jari yang sama mungkin perlu diatasi dengan operasi cantengan. Operasi ini meliputi pengangkatan sebagian kuku bersama dengan jaringan di bawahnya, yaitu bantalan kuku.

Prosedur ini dilakukan agar bagian kuku yang cantengan tidak tumbuh kembali. Umumnya, dokter akan memakai bahan kimia, laser, atau cara lainnya untuk mengobati kuku cantengan yang terus kambuh.

Kuku kaki yang terinfeksi tentu akan memengaruhi keseharian Anda. Nah, agar hal ini tidak terjadi, pelajari bagaimana cara mengobati kuku yang baru saja cantengan dan mengetahui kapan harus menghubungi dokter.

Bila Anda khawatir cantengan akan terinfeksi bakteri, segera konsultasikan dengan dokter sebelum mencoba cara mengobati cantengan di rumah.

Cara mencegah cantengan kembali kambuh

Setelah mengetahui apa saja cara dan obat untuk mengatasi cantengan, perlu diingat bahwa kondisi ini dapat kembali kambuh. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena kondisi yang bisa disebabkan oleh trauma pada kuku ini bisa dicegah.

Berikut ini sejumlah cara untuk mencegah cantengan kembali kambuh.

1. Potong kuku dengan benar

4 cara mengobati cantengan di rumah

Salah satu cara mencegah cantengan kembali kambuh adalah memotong kuku dengan benar. Cantengan bisa terjadi akibat Anda menggunting kuku terlalu pendek, sehingga membentuk lengkungan dan membuat kuku tumbuh ke dalam.

Itu sebabnya, cara memotong kuku yang benar penting untuk Anda ketahui agar tidak perlu menggunakan obat cantengan.

  • Rendam kaki sebelum memotong kuku agar lebih lunak
  • Potong kuku dengan lurus dengan bantuan gunting kuku
  • Hindari memotong kuku dengan gunting biasa

2. Hindari cedera di area jari

Penyebab cantengan lainnya yang bisa membuat kuku menghitam yaitu trauma pada daerah tersebut. Anda bisa menghindari trauma dan cedera di area jari, terutama pada kaki dengan tidak terlalu menekan area tersebut dalam waktu yang lama.

Sebagai contoh, saat bermain sepakbola, berlari, atau berolahraga yang menekan jari kaki Anda. Bila hal tersebut terjadi, sebaiknya lepaskan alas kaki selama satu atau dua jam setelah berolahraga agar dapat bernapas dengan lega.

Anda juga bisa menggunakan pelindung kaki agar jari-jari kaki tidak terlalu tertekan saat berolahraga.

3. Pakai sepatu atau alas kaki sesuai ukuran

cara mengatasi sepatu kekecilan

Sepatu yang terlalu kencang atau kaus kaki yang terlalu ketat tentu dapat memberikan tekanan berlebih pada jari-jari kaki. Hal ini juga berlaku saat Anda menggunakan sepatu hak tinggi.

Akibatnya, kuku yang terlalu sering tertekan akan tumbuh ke dalam dan menusuk kulit. Untuk itu, gunakan sepatu dengan ukuran yang pas dan kaus kaki yang tidak terlalu ketat.

Jika jari-jari kaki masih dapat digerakkan saat memakai kaus kaki, tandanya itu sudah cukup longgar sehingga tidak menyakiti kuku kaki Anda.

4. Menjaga kebersihan kuku

Menjaga kebersihan kuku memang menjadi kunci utama dari cara mengobati maupun mencegah cantengan. Rutin membersihkan kuku, terutama pada bagian bawah kuku, membantu menumbuhkan kuku dengan benar.

Anda bisa rutin memotong kuku dan mengeluarkan kotoran yang membandel dan menempel di bawah kuku. Jangan lupa untuk selalu mencuci kuku dengan sabun di bawah air yang mengalir.

Bila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut terkait cara dan obat untuk mengatasi cantengan, silakan konsultasikan dengan dokter.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Hronek, A. (2018). Caring for an infected or ingrown toenail. Intermountain Healthcare. Retrieved 25 November 2020, from https://intermountainhealthcare.org/blogs/topics/live-well/2018/06/caring-for-an-infected-or-ingrown-toenail/ 

Ogur, R., Tekbas, O. F., & Hasde, M. (2005). Practice tips. Managing infected ingrown toenails: longitudinal band method. Canadian family physician Medecin de famille canadien, 51(2), 207–208. Retrieved 25 November 2020. 

Ingrown Toenails – diagnosis & treatment. (2019). Mayo Clinic. Retrieved 25 November 2020, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/ingrown-toenails/diagnosis-treatment/drc-20355908 

Preventing Ingrown Toenails. (n.d). Harvard Health Publishing. Retrieved 25 November 2020, from https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/preventing-ingrown-toenails 

Happy Feet: 5 tips to remedy ingrown toenails. (2018). Cedars Sinai. Retrieved 25 November 2020, from https://www.cedars-sinai.org/blog/happy-feet-5-tips-to-remedy-ingrown-toenails.html 

How to prevent and treat ingrown toenails. (2019). Cleveland Clinic. Retrieved 25 November 2020, from https://health.clevelandclinic.org/how-you-can-prevent-and-treat-painful-ingrown-toenails/

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Nabila Azmi
Tanggal diperbarui 08/01/2021
x