Menguak 4 Manfaat Penting Spirulina Bagi Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Mungkin Anda sudah sering mendengar suplemen nutrisi untuk meningkatkan kesehatan tubuh yang berasal dari spirulina. Pasalnya, sumber suplemen ini digadang-gadang sebagai “superfood” alias makanan super yang memiliki banyak khasiat baik bagi tubuh Anda. Sebenarnya apa itu spirulina? Apa saja manfaat spirulina bagi kesehatan?

Apa itu spirulina?

Spirulina, atau yang biasa disebut ganggang hijau berwarna biru (cyanobacteria), merupakan jenis organisme yang tumbuh di air tawar dan air asin. Spirulina termasuk jenis tanaman yang berbentuk menyerupai spiral. Selayaknya tanaman pada umumnya, spirulina juga bisa menghasilkan energi dari sinar matahari melalui proses fotosintesis.

Spirulina sudah ada sejak berabad-abad lalu dan telah lama dimanfaatkan kandungan nutrisinya oleh suku Aztec yang ada di Amerika Tengah, tepatnya di Meksiko, sebagai bahan makanan mereka. Tak hanya sampai di situ, di zaman yang serba modern seperti sekarang ini, spirulina juga masih banyak dimanfaatkan dalam berbagai bentuk olahan seperti suplemen, masker wajah, bahkan coffee latte.

Ada berbagai macam jenis spirulina. Namun, dua di antaranya dapat digunakan pada olahan makanan, yaitu spirulina platensis (Arthrospira platensis) dan spirulina maxima (Arthrospira maxima).

Apa saja manfaat spirulina untuk kesehatan?

1. Kaya akan berbagai nutrisi

Zat gizi yang terkandung dalam spirulina sudah tidak diragukan lagi. Organisme ini kaya akan bermacam-macam nutrisi yang penting bagi tubuh Anda. Di antaranya mengandung asam amino, vitamin A, vitamin B12, B1, B2, B3, B6 dan vitamin E.

Kandungan zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, mangan dan selenium juga menyumbang “kekayaan” pada tanaman ini. Jadi, Anda tak perlu lagi meragukan manfaat spirulina.

2. Menurunkan kadar LDL dan trigliserida

Menurut laman Very Well, ada beberapa penelitian yang menunjukkan hasil bahwa spirulina mampu menjaga kadar kolesterol dan trigliserida Anda dalam ambang normal. Pasalnya, spirulina mengandung zat gizi C-phycocyanin. Zat ini berperan dalam mencerna lemak. Selain itu, kandungan gamma-linoleat dalam spirulina mampu memengaruhi produksi lemak dalam tubuh.

Tak hanya itu, konsumsi produk berbahan dasar spirulina juga dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol total, LDL atau kolesterol jahat, dan trigliserida. Tak cuma itu, spirulina bahkan bisa meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik.

Terdapat studi dengan sasaran yang memiliki kadar kolesterol tinggi dalam tubuh, menunjukkan penurunan kadar trigliserida sebesar 16,3 persen dan LDL sekitar 10,1 persen dengan rajin mengonsumsi spirulina satu gram per harinya, dilansir dari Healthline.

3. Menurunkan kadar tekanan darah

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor pemicu munculnya berbagai macam penyakit berbahaya, misalnya serangan jantung, gagal ginjal, maupun stroke. Namun, sekarang ini sudah banyak Anda jumpai beberapa alternatif pengobatan yang bisa meningkatkan kesehatan, tak terkecuali pada penderita tekanan darah tinggi.

Penelitian dari National Autonomous University of Mexico menyatakan bahwa ada manfaat spirulina lainnya yang berguna bagi Anda yang mungkin memiliki tekanan darah tinggi. Pasalnya, jenis tumbuhan ini mampu menurunkan kadar tekanan darah, dengan rutin mengonsumsi 4,5 gram spirulina selama 6 minggu.

4. Membantu mengendalikan kadar gula darah

Salah satu manfaat spirulina bagi kesehatan tubuh yang sayang dilewatkan yaitu mengontrol kadar gula darah. Tentu hal ini sangat bermanfaat, terutama bagi Anda yang mengalami penyakit diabetes. Memang bukan tugas yang mudah untuk menjaga kadar gula darah tetap dalam batas normal, karena ada berbagai hal yang bisa mempengaruhi perubahan kadar gula darah dalam tubuh.

Akan tetapi, mengonsumsi olahan spirulina bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah lonjakan kadar gula darah. Penelitian dari School of Pharmaceutical Sciences di Tiongkok mengatakan bahwa kandungan serat dan asam linoleat gamma selain mampu menurunkan kadar kolesterol juga bisa menurunkan kadar glukosa darah.

Penting untuk Anda ingat, spirulina tidak bisa sepenuhnya menggantikan obat gangguan lemak, darah tinggi, serta diabetes. Untuk itu, Anda tetap harus melakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapat pengobatan terbaik. Selain itu, sebelum menggunakan suplemen spirulina Anda wajib konsultasi dulu dengan dokter atau ahli herbal Anda.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Cara Mengurangi Rasa Tidak Enak Badan saat Demam

Ketika demam menyerang, Anda pasti tidak enak badan. Mau istirahat atau makan jadi susah. Tenang saja, ini enam solusi yang tepat supaya Anda lebih nyaman.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan, Informasi Kesehatan 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Sehatkah Kalau Makan Makanan yang Sama Terus Setiap Hari?

Adakah dampak kesehatan tertentu jika kita makan makanan yang sama tiap harinya? Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi kebiasaan tersebut?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Tips Makan Sehat, Nutrisi 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Tiba-Tiba Susah Kentut? Tak Perlu Pusing, Begini Cara Mengatasinya

Pernah merasakan tidak bisa kentut? Tentu rasanya sangat mengganggu dan membuat perut terasa sakit. Tenang, atasi masalah susah kentut dengan cara alami ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Kesehatan, Gejala dan Kondisi Umum 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

9 Cara Jitu untuk Mengusir Semut Bandel di Rumah

Setiap rumah pasti ada semutnya. Apalagi rumah yang kotor. Jangan panik dulu, air lemon ternyata bisa jadi cara mengusir semut di rumah yang terjamin ampuh.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

berhenti makan junk food

7 Trik Jitu Agar Tak Mudah Tergoda Makan Junk Food

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
gula darah turun

Habis Makan, Gula Darah Malah Turun Drastis? Apa Sebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Angelina Yuwono
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
ciri dan gejala infeksi parasit

Mengenal Jenis-Jenis Parasit dan Penyakit Infeksi yang Disebabkannya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 10 menit
badan sakit setelah olahraga

Badan Sakit Setelah Olahraga, Apakah Artinya Olahraga Anda Ampuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit