home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Menguak 4 Manfaat Penting Spirulina Bagi Kesehatan Tubuh

Menguak 4 Manfaat Penting Spirulina Bagi Kesehatan Tubuh

Mungkin Anda sudah sering mendengar suplemen nutrisi untuk meningkatkan kesehatan tubuh yang berasal dari spirulina. Pasalnya, sumber suplemen ini digadang-gadang sebagai “superfood” alias makanan super yang memiliki banyak khasiat baik bagi tubuh Anda. Sebenarnya apa itu spirulina? Apa saja manfaat spirulina bagi kesehatan?

Apa itu spirulina?

Spirulina, atau yang biasa disebut ganggang hijau berwarna biru (cyanobacteria), merupakan jenis organisme yang tumbuh di air tawar dan air asin. Spirulina termasuk jenis tanaman yang berbentuk menyerupai spiral. Selayaknya tanaman pada umumnya, spirulina juga bisa menghasilkan energi dari sinar matahari melalui proses fotosintesis.

Spirulina sudah ada sejak berabad-abad lalu dan telah lama dimanfaatkan kandungan nutrisinya oleh suku Aztec yang ada di Amerika Tengah, tepatnya di Meksiko, sebagai bahan makanan mereka. Tak hanya sampai di situ, di zaman yang serba modern seperti sekarang ini, spirulina juga masih banyak dimanfaatkan dalam berbagai bentuk olahan seperti suplemen, masker wajah, bahkan coffee latte.

Ada berbagai macam jenis spirulina. Namun, dua di antaranya dapat digunakan pada olahan makanan, yaitu spirulina platensis (Arthrospira platensis) dan spirulina maxima (Arthrospira maxima).

Apa saja manfaat spirulina untuk kesehatan?

1. Kaya akan berbagai nutrisi

Zat gizi yang terkandung dalam spirulina sudah tidak diragukan lagi. Organisme ini kaya akan bermacam-macam nutrisi yang penting bagi tubuh Anda. Di antaranya mengandung asam amino, vitamin A, vitamin B12, B1, B2, B3, B6 dan vitamin E.

Kandungan zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, mangan dan selenium juga menyumbang “kekayaan” pada tanaman ini. Jadi, Anda tak perlu lagi meragukan manfaat spirulina.

2. Menurunkan kadar LDL dan trigliserida

Menurut laman Very Well, ada beberapa penelitian yang menunjukkan hasil bahwa spirulina mampu menjaga kadar kolesterol dan trigliserida Anda dalam ambang normal. Pasalnya, spirulina mengandung zat gizi C-phycocyanin. Zat ini berperan dalam mencerna lemak. Selain itu, kandungan gamma-linoleat dalam spirulina mampu memengaruhi produksi lemak dalam tubuh.

Tak hanya itu, konsumsi produk berbahan dasar spirulina juga dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol total, LDL atau kolesterol jahat, dan trigliserida. Tak cuma itu, spirulina bahkan bisa meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik.

Terdapat studi dengan sasaran yang memiliki kadar kolesterol tinggi dalam tubuh, menunjukkan penurunan kadar trigliserida sebesar 16,3 persen dan LDL sekitar 10,1 persen dengan rajin mengonsumsi spirulina satu gram per harinya, dilansir dari Healthline.

3. Menurunkan kadar tekanan darah

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor pemicu munculnya berbagai macam penyakit berbahaya, misalnya serangan jantung, gagal ginjal, maupun stroke. Namun, sekarang ini sudah banyak Anda jumpai beberapa alternatif pengobatan yang bisa meningkatkan kesehatan, tak terkecuali pada penderita tekanan darah tinggi.

Penelitian dari National Autonomous University of Mexico menyatakan bahwa ada manfaat spirulina lainnya yang berguna bagi Anda yang mungkin memiliki tekanan darah tinggi. Pasalnya, jenis tumbuhan ini mampu menurunkan kadar tekanan darah, dengan rutin mengonsumsi 4,5 gram spirulina selama 6 minggu.

4. Membantu mengendalikan kadar gula darah

Salah satu manfaat spirulina bagi kesehatan tubuh yang sayang dilewatkan yaitu mengontrol kadar gula darah. Tentu hal ini sangat bermanfaat, terutama bagi Anda yang mengalami penyakit diabetes. Memang bukan tugas yang mudah untuk menjaga kadar gula darah tetap dalam batas normal, karena ada berbagai hal yang bisa mempengaruhi perubahan kadar gula darah dalam tubuh.

Akan tetapi, mengonsumsi olahan spirulina bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah lonjakan kadar gula darah. Penelitian dari School of Pharmaceutical Sciences di Tiongkok mengatakan bahwa kandungan serat dan asam linoleat gamma selain mampu menurunkan kadar kolesterol juga bisa menurunkan kadar glukosa darah.

Penting untuk Anda ingat, spirulina tidak bisa sepenuhnya menggantikan obat gangguan lemak, darah tinggi, serta diabetes. Untuk itu, Anda tetap harus melakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapat pengobatan terbaik. Selain itu, sebelum menggunakan suplemen spirulina Anda wajib konsultasi dulu dengan dokter atau ahli herbal Anda.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Does Spirulina Work for Lowering Cholesterol? https://www.verywell.com/spirulina-for-lowering-cholesterol-4069883 Diakses pada 12 Maret 2018.

Spirulina and Blood Pressure. https://www.livestrong.com/article/519162-spirulina-blood-pressure/ Diakses pada 12 Maret 2018.

Is Spirulina Good for Diabetes? https://www.livestrong.com/article/356718-is-spirulina-good-for-diabetes/ Diakses pada 12 Maret 2018.

Spirulina: Nutrition Facts and Health Benefits. https://www.livescience.com/48853-spirulina-supplement-facts.html Diakses pada 12 Maret 2018.

10 Health Benefits of Spirulina. https://www.healthline.com/nutrition/10-proven-benefits-of-spirulina Diakses pada 12 Maret 2018.

Effects of spirulina consumption on body weight, blood pressure, and endothelial function in overweight hypertensive Caucasians: a double-blind, placebo-controlled, randomized trial –  2016;20(1):150-6.

Foto Penulis
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri Diperbarui 21/12/2020
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x