home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Ragam Jenis Susu dan Perbedaan Kandungan Nutrisinya

Ragam Jenis Susu dan Perbedaan Kandungan Nutrisinya

Bisakah Anda bedakan jenis susu di pasaran? Susu sapi yang dijual di pasaran ternyata terdiri dari banyak macam, mulai dari rasa, bentuk, kandungan, hingga cara pembuatan. Lalu, apakah yang membedakan macam-macam jenis susu tersebut?

Jenis susu berdasarkan kandungan lemaknya

Di bawah ini ragam jenis susu berdasarkan kandungan lemak dan kandungan kalori yang ada di dalamnya.

1. Whole milk

minum susu setelah minum obat

Susu whole milk atau disebut juga susu full cream rasanya legit dan gurih, teksturnya juga kental. Ini dikarenakan per satu gelasnya mengandung 5 gram lemak jenuh yang sudah mencukupi 20% kebutuhan lemak harian Anda.

Kalorinya sekitar 150 kkal per porsi atau nyaris dua kali lipat lebih banyak dari versi yang rendah lemak. Anda mungkin perlu mempertimbangkan sebelum memasukkan minuman ini ke dalam menu harian jika sedang dalam proses berat badan turun.

Menurut Harvard School of Public Health, susu full cream mengandung hormon terkait kehamilan yang berasal dari induk sapi. Saat diminum, hormon tersebut dapat memicu penyakit yang sensitif hormon seperti kanker payudara dan kanker testis.

Meski belum terbukti 100%, temuan tersebut bisa jadi peringatan dini untuk Anda agar tidak berlebihan minum susu full cream.

2. Susu rendah lemak (low fat)

Mungkin Anda pernah melihat susu yang diberi label 1% atau 2%. Label persenan ini artinya jumlah lemak dari total berat susu.

Memang, sekilas perbedaan lemak di antara susu whole milk dan susu low fat (rendak lemak) sangat jauh. Padahal, keduanya tidak memiliki perbedaan yang signifikan.

Bila susu whole milk memiliki lemak sebanyak 3,25% dari keseluruhan berat susu, susu jenis low fat atau reduced fat hanya memiliki 1 – 2% lemak.

Meski demikian, susu jenis low fat bisa menjadi pilihan yang baik bila Anda sedang menurunkan berat badan dan ingin minum susu dengan kalori yang lebih sedikit.

3. Skim milk

minum susu saat pilek

Skim milk atau susu skim yaitu jenis yang lebih rendah lemak dan kalori daripada susu full cream dan reduced fat. Kandungan lemaknya berkisar 0,5% atau bahkan tidak ada sama sekali, dan kalorinya sekitar 80 – 90%.

Nutrisi susu skim umumnya tetap sama dengan full cream yakni sama-sama kaya vitamin A, vitamin B2, vitamin B12, kalsium, serta fosfor. Melihat kandungan lemak dan kalorinya, tidak heran jika skim milk dijadikan alternatif bagi yang sedang diet.

Meski begitu, skim milk tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak berusia di bawah 5 tahun. Pada usia tersebut anak masih membutuhkan asupan energi tinggi buat menunjang masa pertumbuhannya.

Satu lagi yang perlu jadi pertimbangan Anda yaitu kadar gulanya dari setiap jenis susu. Jenis susu skim cenderung lebih banyak gula ketimbang susu full cream.

Jenis susu berdasarkan proses pengolahannya

Anda tentu sering melihat tulisan UHT atau pasteurisasi pada kemasan susu. Seperti apa perbedaannya? Simak penjelasan jenis susu berdasarkan proses pengolahannya di bawah ini.

1. UHT

susu uht

Susu UHT (ultra high temperature) diproses dalam suhu tinggi hingga 135º Celsius selama 2 – 5 detik. Pemanasan suhu tinggi ini bertujuan untuk membunuh mikroorganisme berbahaya yang mungkin ada dalam hasil perahan sapi tersebut.

Proses pemanasan ini juga membuat produk akhirnya memiliki masa simpan yang lebih lama.

Prosedur pemanasan produk UHT juga disebut sebagai proses pasteurisasi. Setelah diproses, hasilnya akan dikemas dalam karton atau kaleng steril. Jika sudah dibuka kemasannya, daya simpan hanya bisa bertahan dalam waktu 3 – 4 hari.

2. Susu murni

Susu murni (fresh milk) merupakan hasil perahan sapi yang tidak dikurangi atau ditambahkan bahan apa pun. Namun, setelah diperah biasanya akan disaring secara manual untuk menghilangkan kotoran. Susu jenis ini juga disebut susu mentah.

Seperti namanya, pembuatan jenis susu yang murni tidak melibatkan proses apa pun. Itu kenapa susu murni dinilai memiliki kandungan asam amino, vitamin, mineral, dan asam lemak yang lebih banyak ketimbang susu yang dipasteurisasi (dipanaskan).

Nah karena tidak diproses, fresh milk tidak dapat bertahan lama. Anda dianjurkan untuk langsung meminumnya segera setelah diperah dan disaring.

3. SKM (Kental manis)

minum susu kental manis dewasa

Susu kental manis (SKM) terbuat dari perahan sapi yang diuapkan dalam waktu lama (proses evaporasi) untuk menghilangkan sebagian besar kandungan airnya. Itulah kenapa SKM memiliki tekstur yang sangat kental.

SKM juga ditambahkan gula sehingga menciptakan rasa yang sangat manis dan warna yang agak kekuningan. Proses pemanasan menurunkan kandungan protein, sementara penambahan gula dalam jumlah banyak akan meningkatkan kalori.

Karena tinggi gula, SKM tidak disarankan dikonsumsi berlebihan. Pernyataan resmi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) pun menyebutkan bahwa SKM juga sangat tidak disarankan dikonsumsi oleh bayi dan anak-anak.

4. Evaporasi

Susu evaporasi (evaporated milk) bertekstur kental karena dipanaskan sampai sebagian besar kadar airnya hilang. Namun, kadar nutrisi di dalamnya tidak berubah. Ini membuat evaporated milk bisa disimpan dalam waktu lama dan tidak mudah basi.

Berbeda dengan SKM, evaporated milk tidak ditambahkan gula. Oleh karena itu, Anda bisa menambahkan jenis susu ini ke dalam menu program diet Anda. Namun jika ingin dikonsumsi untuk diet, pilihlah yang berlabel rendah lemak.

Anda dapat mengonsumsi evaporated milk dengan mengencerkannya pakai air hangat. Produk yang dikenal dengan krimer kental ini juga bisa dicampurkan dalam kopi, teh, masakan, kue, sup, atau resep makanan lainnya sebagai pemanis.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Varieties of Milk. (n.d.). Dairy UK. Retrieved 16 April 2021, from http://www.milk.co.uk/page.aspx?intPageID=43

Types of Milk Explained. (n.d.). Gonna Need Milk. Retrieved 16 April 2021, from https://gonnaneedmilk.com/articles/types-of-milk-explained

Low Fat Milk: A Healthy Choice for Your Family. (2012). North Dakota Department of Health. Retrieved 16 April 2021, from https://wicworks.fns.usda.gov/wicworks/Sharing_Center/ND/Milk.pdf

Is Low-Fat or Full-Fat The Better Choice for Dairy Products? (2018). Harvard Health Publishing. Retrieved 16 April 2021, from https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/is-low-fat-or-full-fat-the-better-choice-for-dairy-products

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Risky Candra Swari Diperbarui 08/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro