backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

3

Tanya Dokter
Simpan

6 Manfaat Mandi Oatmeal untuk Kesehatan Kulit

Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro · General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 21/09/2023

    6 Manfaat Mandi Oatmeal untuk Kesehatan Kulit

    Ada khasiat yang belum banyak terungkap dari oatmeal. Siapa sangka bahan makanan tinggi serat ini bisa membantu Anda mendapatkan kulit yang lebih sehat. Mandi oatmeal bahkan bisa mengatasi peradangan kulit serius seperti eksim. Telusuri lebih jauh manfaat tersembunyi mandi oatmeal untuk kulit.

    Manfaat mandi oatmeal untuk kulit

    Mandi oatmeal dapat menjadi cara alami untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit, seperti gatal karena kulit kering

    Selain itu, perawatan kulit ini cocok diterapkan pada semua jenis kulit. Kelebihannya lagi, Anda bisa membuat oatmeal untuk mandi di rumah dengan biaya yang cukup terjangkau.

    Berikut ini beberapa manfaat mandi dengan oatmeal untuk kesehatan kulit.

    1. Melembapkan kulit

    Mandi oatmeal diketahui dapat membantu untuk mengatasi kulit kering karena bahan alami satu ini dapat meningkatkan kelembapan kulit. 

    Studi dalam Indian Journal of Dermatology mengungkapkan bahwa oatmeal mengandung beta-glucan yang dapat membantu menjaga lapisan kulit agar tetap lembab.

    Selain itu, kandungan polisakarida yang terdapat di dalam oatmeal berperan sebagai emolien yang bekerja membentuk lapisan pelindung untuk mencegah menguapnya air dari kulit.

    2. Mengurangi kulit yang gatal

    Oatmeal obat alami herpes

    Selain membantu melembapkan kulit, perawatan ini juga dapat meredakan iritasi dan gatal pada kulit.

    Oatmeal dapat digunakan sebagai obat gatal alami karena di dalam terdapat kandungan senyawa avenanthramides yang memiliki sifat anti-inflamasi.

    Senyawa tersebut dapat membantu menenangkan kulit yang gatal serta meredakan perdagangan yang muncul akibat menggaruk kulit. 

    3. Meredakan gejala eksim

    Eksim merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan kulit yang sangat kering akibat rusaknya lapisan pelindung kulit.

    Eksim menyebabkan kulit rentan terinfeksi bakteri dan virus dan menyebabkan peradangan pada kulit. 

    Untuk mengurangi peradangan dan gatal, National Eczema Association, merekomendasikan penderita eksim untuk mandi dengan oatmeal.

    Oatmeal diketahui dapat membantu menjaga kelembaban kulit, memperbaiki lapisan kulit yang rusak, dan mengurangi kulit gatal. 

    4. Mengurangi gejala cacar air

    Cacar air adalah jenis penyakit kulit yang terjadi karena infeksi virus Varicella. Infeksi virus tersebut bisa menyebabkan ruam gatal di seluruh tubuh.

    Untuk membantu mengatasi gejala cacar air, mandi oatmeal bisa menjadi salah satu metode yang bisa dicoba.

    Hal ini karena oatmeal memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit serta meredakan kulit yang gatal. 

    Tips mandi oatmeal untuk atasi cacar air

    Untuk meringankan rasa gatal pada kulit, tuangkan oatmeal koloid, yakni oatmeal yang telah ditumbuk halus, ke dalam bak mandi yang berisi air hangat. Jangan memasukkan oatmeal utuh karena tidak dapat meredakan gatal.

    5. Meredakan sunburn

    Mandi oatmeal

    Sunburn (kulit terbakar matahari) merupakan masalah kulit yang terjadi karena paparan sinar UV yang berlebihan. Akibatnya, kulit menjadi kemerahan dan mengalami peradangan.

    Kandungan senyawa avenanthramides yang terdapat di dalam oatmeal dapat bertindak sebagai antiradang yang mengatasi kulit terbakar matahari dengan meredakan perdangan pada kulit.

    Selain itu, mandi oatmeal dapat membantu menenangkan kulit dan mengurangi rasa tidak nyaman pada kulit yang terbakar matahari. 

    6. Mencegah penuaan kulit

    Selain karena faktor usia, penuaan kulit bisa terjadi akibat paparan sinar matahari atau radiasi sinar UV. Kondisi ini disebut juga dengan photoaging.

    Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan kulit dan mengakibatkan kulit kehilangan elastisitasnya dan muncul tanda penuaan, seperti keriput dan flek hitam. 

    Mandi dengan bahan alami ini juga membantu mencegah penuaan karena avenanthramides berperan sebagai antioksidan untuk membantu melindungi kulit dari sinar UV

    Bagaimana cara menyiapkan mandi oatmeal?

    Selain bergizi, ternyata oatmeal dapat melembabkan kulit, mencegah keriput, dan menangkan kulit dari iritasi dan gatal. 

    Berikut ini merupakan cara menyiapkan mandi oatmeal.

    • Siapkan 1 cangkir oatmeal instan tanpa rasa atau oatmeal yang masih mentah. Untuk bayi, Anda bisa menggunakan oatmeal sebanyak 1/3 cangkir.
    • Giling oat dengan blender sampai benar-benar menjadi bubuk halus seperti susu. 
    • Tuang oatmeal yang sudah jadi ke dalam bak yang sudah berisi air hangat. Aduk beberapa kali dengan tangan sampai merata.
    • Anda bisa berendam di dalam air hangat yang sudah tercampur dengan bubuk oat tersebut selama 15-20 menit.
    • Anda juga bisa menggosok oat langsung pada kulit Anda dengan lembut, sehingga kotoran yang menempel pada kulit Anda terlepas.
    • Setelah itu, keringkan kulit Anda dengan handuk yang lembut.

    Lakukan kegiatan ini sebanyak sekali atau dua kali dalam sehari untuk menjaga kesehatan kulit. Agar lebih praktis, Anda juga bisa membeli colodial oatmeal dalam bentuk bubuk di pasaran.

    Itulah manfaat mandi oatmeal untuk membantu mengatasi berbagai permasalahan kulit.

    Meskipun bahan alami ini terbilang aman digunakan untuk berbagai tipe kulit, bagi sebagian orang, perawatan kulit ini mungkin bisa menimbulkan reaksi alergi.

    Jika muncul keluhan seperti ruam, perih, dan sensasi rasa terbakar di kulit setelah mandi oatmeal, segera konsultasikan dengan dokter kulit.

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Patricia Lukas Goentoro

    General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


    Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 21/09/2023

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan