5 Manfaat Ikan Tuna, dari Cegah Anemia Hingga Atasi Stres

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 1 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Ikan tuna adalah salah satu favorit banyak orang karena mudah diolah, berdaging tebal, dan memiliki rasa yang gurih. Selain rasanya lezat, ternyata masih banyak yang belum tahu bahwa ikan tuna menyimpan banyak manfaat bagi tubuh. Penasaran, apa saja manfaat tersebut?

Kandungan gizi ikan tuna

resep ikan tuna

Ikan tuna sering disamakan dengan kerabatnya, ikan salmon. Kedua ikan ini memang kerap hadir bersama dalam suatu hidangan, seperti sushi. Akan tetapi, jika diamati lebih saksama, tentu ada banyak perbedaan mencolok antara ikan tuna dan salmon.

Tidak seperti salmon yang berwarna oranye, ikan tuna memiliki warna merah cerah. Tuna yang segar terasa gurih dan sekilas seperti daging sapi. Inilah mengapa ikan tuna juga sering disebut sebagai steik dari laut.

Tuna dikenal dengan kandungan lemak, protein, dan asam lemak omega-3 yang tinggi. Tidak hanya itu, mengonsumsi 100 gram tuna segar juga dapat memberikan tubuh Anda zat gizi sebagai berikut.

  • Energi: 109 kkal
  • Protein: 24,4 gram
  • Lemak: 0,5 gram
  • Thiamin (Vitamin B1): 0,12 miligram
  • Riboflavin (Vitamin B2): 0,12 miligram
  • Niasin (Vitamin B3): 18,5 miligram
  • Asam pantotenat (Vitamin B5): 0,28 miligram
  • Vitamin B6: 0,93 miligram
  • Kalsium: 4 miligram
  • Zat besi: 0,77 miligram
  • Magnesium: 35 miligram
  • Fosfor: 278 miligram
  • Kalium: 441 miligram
  • Natrium: 45 miligram
  • Zinc: 0,37 miligram

Manfaat ikan tuna bagi kesehatan

ciri wanita berkarakter kuat

Baik berbentuk segar maupun kalengan, ikan tuna memiliki banyak sekali kebaikan bagi tubuh Anda. Berikut beberapa khasiat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi ikan laut yang satu ini.

1. Membantu memenuhi kebutuhan protein

Tuna memiliki semua jenis asam amino yang dibutuhkan tubuh. Asam amino adalah molekul terkecil yang menyusun protein. Apa pun jenis tuna yang Anda konsumsi dapat memberikan protein dalam jumlah besar, yakni 24 – 30 gram protein per 85 gram tuna.

Protein yang lengkap dari ikan ini akan mendukung berbagai fungsi tubuh dengan baik. Mulai dari pembentukan hormon, kolagen, dan antibodi, hingga pemeliharaan jaringan otot tubuh Anda.

2. Menyehatkan jantung

Tuna mengandung asam lemak omega-3 dalam bentuk EPA dan DHA. Jenis asam lemak esensial tersebut mampu mencegah berbagai peradangan di dalam tubuh, yang dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantung serta stroke.

Dilansir dari laman Harvard Medical School, ikan tuna kaleng sebanyak 85 gram mengandung 500 miligram asam lemak omega-3. Jika Anda ingin memperoleh manfaat tuna bagi jantung, sebaiknya konsumsi ikan ini sebanyak 1 – 2 porsi dalam seminggu.

3. Berpotensi mencegah anemia

anemia

Tuna kaya akan vitamin B6, terlebih dari jenis yellowfin dan albacore. Vitamin B6 yang didapatkan dari ikan berdaging merah ini menyumbang berbagai fungsi penting untuk tubuh. Salah satunya membantu meningkatkan produksi hemoglobin.

Hemoglobin adalah protein yang mengikat dan membawa oksigen dalam sel darah ke seluruh jaringan tubuh. Tanpa suplai oksigen yang cukup, fungsi jaringan akan menurun sehingga tubuh terasa lemas dan mudah lelah. Ini adalah gejala utama dari anemia.

4. Membantu mengatasi stres

Secara tidak langsung, ikan tuna juga memberikan manfaat bagi kondisi psikis Anda. Ini karena salah satu fungsi vitamin B6 adalah menjaga fungsi sel otak dan sel saraf. Selain itu, vitamin B6 juga meningkatkan produksi hormon serotonin dan norepinefrin.

Serotonin adalah hormon yang menstabilkan mood dan menimbulkan rasa bahagia. Sementara norepinefrin memengaruhi kemampuan berpikir dan rasa bahagia. Kedua hormon ini berperan besar dalam mengatasi stres.

5. Menjaga kesehatan tulang

Dalam 85 gram tuna terdapat kurang lebih 185-265 mg fosfor, tergantung dari jenis ikan tuna yang dikonsumsi. Fosfor adalah salah satu mineral penting yang memiliki fungsi utama untuk pertumbuhan serta perbaikan sel dan jaringan tubuh.

Sebanyak 85% fosfor dalam tubuh Anda ditemukan dalam tulang dan gigi. Bersama dengan kalsium, fosfor akan membentuk struktur tulang. Mineral ini juga berperan dalam menjaga kepadatan dan kekuatannya.

Perhatikan ini sebelum mengonsumsi tuna

apa itu merkuri dan apa bahaya merkuri

Meskipun ikan tuna memiliki manfaat bagi berbagai fungsi dan proses kimia di dalam tubuh, Anda dianjurkan untuk tidak berlebihan saat mengonsumsinya. Pasalnya, ikan tuna adalah salah satu makanan yang mengandung merkuri.

Merkuri dalam jumlah besar dapat membahayakan sistem saraf sehingga Anda perlu membatasinya. Supaya lebih aman, sebaiknya batasi porsi ikan ini agar tidak lebih dari 170 gram dalam seminggu.

Dengan begitu, Anda bisa tetap mendapatkan kandungan gizi ikan tuna tanpa dampak yang tidak diinginkan.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Makan Telur Mentah, Sehat atau Malah Berbahaya?

Telur mentah bisa ditemukan dalam berbagai minuman dan masakan. Tapi ternyata ada banyak risiko makan telur mentah, apalagi untuk orang-orang tertentu.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Fakta Gizi, Nutrisi 13 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Daftar Nutrisi dan Vitamin yang Bisa Bantu Menjaga Kesehatan Otak

Vitamin dan nutrisi tertentu ternyata bisa membantu menjaga kesehatan otak Anda. Ketahui dan cukupi asupan harian Anda dengan jenis vitamin otak berikut.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Kesehatan Otak dan Saraf 6 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

5 Manfaat Makan Tempe bagi Kesehatan yang Sayang Anda Lewatkan

Manfaat tempe bagi tubuh kita bukan sekadar sumber protein saja, tapi juga ternyata baik disantap oleh Anda yang sedang diet, bahkan oleh bayi.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Gadis Rima Astari
Fakta Gizi, Nutrisi 29 November 2020 . Waktu baca 7 menit

Sindrom Antifosfolipid (APS)

Sindrom antifosfolipid, atau antiphospholipid syndrome (APS) adalah penyakit autoimun yang membuat darah mudah menggumpal.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Penyakit Kelainan Darah, Kelainan Trombosit 16 November 2020 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat belimbing

9 Manfaat Kesehatan dari Makan Buah Belimbing

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
gemar makan ikan

Benarkah Rutin Makan Ikan Turunkan Risiko Stroke dan Gagal Jantung?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 22 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit
manfaat dan kandungan vitamin b6 atau piridoksin

Manfaat Penting Vitamin B6 (Piridoksin), Plus Sumber Makanan Terbaiknya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 11 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit
cara membentuk otot

7 Rahasia Membentuk Otot Hanya Dalam Satu Minggu

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 1 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit