home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Ikan Tuna Atau Ikan Salmon, Mana yang Lebih Sehat?

Ikan Tuna Atau Ikan Salmon, Mana yang Lebih Sehat?

Ikan tuna dan ikan salmon, keduanya merupakan sumber makanan yang mengandung banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Selain mengandung omega-3 yang tinggi, ada banyak nutrisi lain yang tidak kalah penting di dalam tuna dan salmon, salah satunya adalah protein. Kandungan kolesterol di dalam kedua ikan ini pun rendah.

Karen Ansel, R.D., juru bicara untuk Academy of Nutrition and Dietetics, mengatakan bahwa salmon dan tuna merupakan ikan terbaik untuk dimasukkan ke dalam menu makanan Anda Namun, meskipun proteinnya sama-sama tinggi, ada perbedaan kalori dalam kedua ikan tersebut, seperti dikutip dari Muscle and Fitness.

“Salmon bisa memiliki kalori lebih banyak. Tapi untuk Anda yang aktif, ini bukan hal buruk. Untuk ekstra 16 kalori per porsi salmon, Anda juga mendapatkan lemak jantung sehat, kira-kira seperti kalsium dalam segelas susu, dan jumlahnya sama dengan vitamin D yang dibutuhkan setiap hari, yang hampir tidak bisa ditemukan pada makanan lain, termasuk tuna,” jelas Karen.

Bukan itu saja perbedaan antara dua ikan yang juga lezat disantap sebagai sashimi ini. Berikut perbandingan lengkapnya seperti dikutip dari MensHealth:

Mana yang memberi lebih banyak energi?

Ikan salmon: Setiap 200 gram ikan ini akan memberi Anda vitamin B6 dan B12, yang membantu Anda melepaskan energi dari setiap makanan yang Anda makan. Jadi ketika Anda makan salmon sashimi, banyak sekali energi yang akan Anda dapat.

Ikan tuna: Tuna memberikan energi yang berasal dari kalori per gram berat ikan tersebut. Tapi ikan salmon lebih banyak memiliki kalori, yaitu 1.4 kalori.

Mana yang lebih baik untuk otot?

Ikan salmon: Para peneliti yang melakukan studi dari Texas A&M University mengatakan protein bukanlah satu-satunya bahan untuk kesehatan otot. Faktanya, para pria yang mengonsumsi kolesterol dalam jumlah sedang bisa membentuk otot lebih baik dari yang mengonsumi makanan kolesterol rendah. Para peneliti memiliki pandangan bahwa kolesterol bisa memperbaiki otot. Kandungan kolesterol salmon yaitu 55mg, berbeda dengan tuna yang mengandung 44mg.

Ikan tuna: 100 gram tuna akan memberikan Anda protein seberat 23,4 gram, dibandingkan dengan salmon yang hanya 19,8 gram. Itulah mengapa tuna lebih memiliki kualitas dalam memberikan asupan protein bagi otot dibandingkan salmon. Tuna sendiri, sebagai ikan laut, merupakan ikan yang paling banyak memiliki protein.

Mana yang lebih efektif untuk pemulihan tubuh?

Ikan salmon: Setiap 100 gram salmon memiliki kandungan omega-3 sebesar 2,018 mg dibandingkan tuna yang hanya memiliki 243 mg. Studi dari European Journal of Clinical Nutrition menemukan asam lemak ini membantu untuk merendahkan peradangan, yang akan membuat pemulihan Anda lebih efektif.

Ikan tuna: Seperti dilaporkan FDA, ikan tuna memiliki merkuri 27 kali lebih banyak dibandingkan salmon. Jadi, pengolahannya biasanya makan waktu lebih lama untuk menghilangkan merkuri dan mungkin saja banyak nutrisinya yang hilang selama proses tersebut.

BACA JUGA:

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Foto Penulis
Ditulis oleh Satria Perdana
Tanggal diperbarui 16/01/2017
x