home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Mengulas 5 Manfaat Ikan Mujair, Si Sumber Protein dan Omega-3

Mengulas 5 Manfaat Ikan Mujair, Si Sumber Protein dan Omega-3

Ikan mujair merupakan salah satu ikan air tawar yang banyak dikonsumsi masyarakat. Selain rasanya yang tidak terlalu amis, harga ikan mujair yang relatif terjangkau juga membuatnya digemari di Indonesia. Meski begitu, banyak yang tak menyadari manfaat dari mengonsumsi ikan mujair. Yuk, mari simak ulasan mengenai kandungan nutrisi ikan mujair yang punya khasiat untuk kesehatan tubuh!

Kandungan nutrisi pada ikan mujair

Ikan mujair awalnya berada di perairan Afrika Selatan. Namun kini, ikan mujair marak dibudidayakan di Indonesia sebagai ikan perairan payau.

Mujair juga termasuk jenis ikan serbaguna. Anda bisa mengolahnya dengan cara direbus, digoreng, maupun disajikan sebagai pepes agar lebih gurih.

Di balik kegunaannya sebagai bahan makanan, ikan mujair punya kandungan nutrisi yang dapat membantu memenuhi kebutuhan asupan gizi harian sekaligus memberikan manfaat ksehatan.

Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, kandungan nutrisi yang terdapat pada 100 gram (g) ikan mujair goreng yaitu:

  • Energi: 416 kalori (Kal)
  • Protein: 46.9 g
  • Lemak: 23.9 g
  • Kalsium: 346 miligram (mg)
  • Fosfor: 654 mg
  • Natrium: 54 mg
  • Kalium: 278.9 mg
  • Retinol (Vitamin A): 12 mikrogram (mcg)

Dari kandungan gizinya, ikan mujair merupakan sumber protein serta lemak yang dilengkapi dengan beragam mineral dan vitamin. Pada ikan mujair juga terdapat asam lemak omega-3 dan omega-6.

Jenis mineral lain yang juga melengkapi nutrisi ikan mujair adalah selenium yang berguna mendukung berbagai fungsi organ tubuh.

Manfaat ikan mujair untuk kesehatan tubuh

Semua orang dianjurkan makan ikan karena manfaatnya yang begitu banyak. Begitu pula dengan ikan mujair yang tak hanya mudah diolah, tetapi juga punya rasa yang lezat dan banyak mengandung nutrisi.

Setelah mengetahui apa saja kandungan nutrisi di dalam ikan mujair, kenali lebih lanjut manfaat yang ditawarkannya:

1. Membangun dan meperkuat masa otot

daging ikan

Salah satu kandungan nutrisi yang paling bermanfaat dalam ikan mujair adalah protein.

Protein diperlukan oleh tubuh sebagai bahan bakar untuk menambah massa otot dan tulang, memperbaiki jaringan, memperlancar aliran oksigen ke seluruh tubuh, dan lainnya.

Selain itu, kandungan kalsium yang tinggi pada ikan yang hidup di air tawar ini bisa membuat tulang Anda semakin kuat. Kalsium juga membantu proses kontraksi otot.

Oleh karena itu, makan ikan mujair membantu menambah jumlah protein dan otot pada tubuh agar dapat bekerja optimal untuk menjalani aktivitas.

2. Menjaga kadar kolesterol

trombosis adalah

Selain menjadi sumber protein, manfaat ikan mujair lainnya adalah mengandung asam lemak omega-3.

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa omega-3 adalah asam lemak tak jenuh yang berguna bagi tubuh.

Omega-3 berfungsi untuk meningkatkan HDL (kolesterol baik). Asam lemak ini juga dapat menurunkan kadar trigliserida tinggi dalam darah dan membantu meredakan peradangan.

Namun, asam lemak omega-3 tidak dihasilkan secara alami oleh tubuh. Itulah mengapa penting untuk mendapatkan asupan omega-3 dari makanan.

Meskipun kandungan omega-3 pada ikan mujair tidak begitu tinggi seperti yang ada pada ikan laut, makan jenis ikan tawar yang satu ini tetap berkhasiat baik untuk membantu menjaga kadar kolesterol.

3. Membantu mengontrol gula darah

penyebab gula darah tinggi

Melansir dari Harvard Health Publishing, ternyata kandungan omega-3 pada ikan mujair ternyata lebih rendah daripada omega-6 yang juga terkandung di dalamnya.

Penemuan ini cukup meragukan banyak orang apakah khasiat yang dimiliki ikan mujair baik untuk tubuh mengingat omega-6 dikenal sebagai ‘lemak jahat‘.

Meski begitu, omega-6 masih boleh dikonsumsi asalkan tidak berlebihan. Asam lemak pada ikan mujair ini juga memiliki manfaat penting untuk menghasilkan energi.

Pada penderita diabetes, omega-6 dapat membantu meningkatkan respons sel-sel otot terhadap insulin, yaitu hormon yang mengubah gula darah menjadi energi.

4. Memperkuat sistem imun

hormon oksitosin dan kesehatan tulang

Salah satu kandungan mineral yang ada di dalam ikan mujair yakni selenium.

Selenium adalah mineral yang dapat membantu kerja sistem kekebalan tubuh. Setidaknya terdapat 47 mikrogram (mcg) selenium dalam ikan mujair.

Mineral selenium ini dibutuhkan oleh kelenjar tiroid agar dapat bekerja dengan optimal. Hal ini berguna untuk membantu penyerapan nutrisi dari makanan dan memperlancar metabolisme tubuh.

Selain itu, selenium berperan dalam kesehatan reproduksi.

Itu sebabnya, saat tubuh mendapatkan asupan selenium yang cukup, Anda bisa mengurangi risiko munculnya kanker prostat.

5. Aman untuk anak-anak dan ibu hamil

keracunan merkuri

Kandungan merkuri yang rendah pada ikan mujair ternyata juga termasuk salah satu manfaat yang dapat Anda peroleh.

Seperti yang mungkin sudah Anda tahu, merkuri merupakan jenis logam berbahaya.

Menyantap makanan yang mengandung merkuri berisiko menyebabkan kerusakan, penyakit saluran pencernaan, maupun saluran kemih.

Kabar baiknya, ikan mujair termasuk ikan air tawar yang biasanya diternakkan dalam akuarium atau tangki yang tertutup.

Cara ini membuat ikan-ikan tersebut tidak terpapar banyak polusi sehingga cenderung lebih aman untuk dimakan.

Oleh karena itu, ikan mujair sangat baik dimakan oleh anak-anak dan ibu hamil karena dipercaya memiliki kandungan merkuri yang cukup rendah.

Supaya Anda bisa memperoleh seluruh khasiat dari ikan mujair, pilihlah ikan segar dengan tekstur yang lembap dan warna yang merata di seluruh tubuhnya.

Setelah itu, simpan dalam kulkas dan freezer sampai Anda siap untuk memasaknya.

Penting untuk diingat, Anda tetap harus mengonsumsi ikan mujair dalam batas wajar untuk bisa memperoleh manfaatnya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Kiefer, D., & Pantuso, T. (2012). Omega-3 fatty acids: An update emphasizing clinical use. Agro food industry hi-tech23(4), 10–13. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24436723

Simopoulos A. P. (2016). An Increase in the Omega-6/Omega-3 Fatty Acid Ratio Increases the Risk for Obesity. Nutrients8(3), 128. https://doi.org/10.3390/nu8030128

Harvard Health. (2021). Flap over tilapia sends the wrong message. Retrieved 26 February 2021, from https://www.health.harvard.edu/newsletter_article/Flap_over_tilapia_sends_the_wrong_message

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2021). Komposisi Pangan: Ikan Mujahir, Segar. Retrieved 26 February 2021, from https://www.panganku.org/id-ID/view

National Health Institute. (2021). Office of Dietary Supplements – Selenium. Retrieved 26 February 2021, from https://ods.od.nih.gov/factsheets/Selenium-HealthProfessional/

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh Nabila Azmi
Tanggal diperbarui 14/03/2020
x