home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Manfaat yang Bisa Didapatkan dari Konsumsi Ikan Gurame

5 Manfaat yang Bisa Didapatkan dari Konsumsi Ikan Gurame

Olahan ikan merupakan menu favorit sehari-hari orang Indonesia. Selain rasanya yang lezat, ikan juga mudah ditemukan di mana-mana. Bagaimana dengan ikan gurame? Simak kandungan ikan gurame dan beragam manfaat melalui penjelasan berikut ini.

Kandungan gizi dalam ikan gurame

kandungan dan manfaat ikan gurame

Dikenal sebagai salah satu makanan yang kaya akan zat gizi, di bawah ini sejumlah kandungan gizi dalam penyajian 100 gram ikan gurame yang bernama latin Cyprinus carpio.

  • Kalori: 127
  • Lemak: 5,6 gram
  • Protein: 18 gram
  • Kalsium: 41 miligram
  • Kalium: 333 miligram
  • Besi: 1,24 miligram
  • Magnesium: 29 miligram
  • Fosfor: 415 miligram

Selain itu, ikan gurame juga mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, dan vitamin D3.

Manfaat ikan gurame untuk kesehatan

olahraga minum air kelapa manfaat

Kabar baik bagi Anda yang senang makan ikan gurame, inilah berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dari konsumsinya.

1. Bantu menjaga kesehatan jantung

Seperti ikan lainnya, ikan gurame juga mengandung asam lemak omega-3 yang bisa bantu mengurangi risiko terhadap penyakit jantung.

Asam lemak omega-3 adalah jenis asam lemak tak jenuh yang berfungsi untuk mengurangi peradangan di tubuh. Peradangan ini bisa saja merusak pembuluh darah dan memicu penyakit stroke.

Selain itu, omega-3 juga mampu menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kadar trigliserida, sedikit tekanan darah, dan mengurangi pembekuan darah.

2. Baik untuk perkembangan otak

Anda mungkin sering mendengar bahwa makan ikan sejak dini bisa membuat anak lebih pintar saat tumbuh besar nanti. Meski belum tentu seluruhnya benar, konsumsi ikan gurame tetap bisa memberi manfaat untuk perkembangan dan kesehatan otak.

Lagi-lagi, manfaat ini bisa didapatkan karena kandungan omega-3. Asam lemak ini berperan penting dalam pembentukan jaringan sel di otak pada janin selama kehamilan dan saat masa kanak-kanak.

Studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa anak-anak dari ibu yang mendapatkan asupan omega-3 selama hamil memiliki kemampuan memecahkan masalah lebih baik dibanding yang tidak mendapatkannya.

3. Bantu menjaga berat badan

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, ikan gurame mungkin bisa menjadi salah satu menu makan Anda.

Tak hanya mengandung asam lemak yang baik, ikan gurame juga mengandung protein. Protein dapat meningkatkan metabolisme dan mengurangi nafsu makan.

Protein bekerja dengan mengeluarkan hormon yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Sebagai hasilnya, Anda akan mengonsumsi kalori yang lebih sedikit.

4. Membantu cegah anemia

Manfaat ikan gurame selanjutnya yaitu bisa membantu Anda mencegah anemia. Seperti yang sudah disebutkan, terdapat kandungan zat besi sebanyak 1,24 miligram pada penyajian 100 gram ikan gurame.

Zat besi sangat dibutuhkan untuk membentuk hemoglobin, protein yang membawa oksigen ke dalam darah ke seluruh tubuh. Kekurangan hemoglobin bisa mengganggu fungsi kerja tubuh Anda dan menimbulkan anemia.

Maka dari itu, pastikan untuk penuhi kebutuhan harian zat besi Anda dengan mengonsumsi sumber makanan peningkat hemoglobin seperti ikan gurame.

5. Sumber vitamin D yang baik

Memang, hampir 80% vitamin D yang dibutuhkan tubuh berasal dari matahari. Namun, mendapatkan asupan vitamin D dari makanan juga tak kalah penting.

Vitamin D merupakan vitamin yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Keberadaan vitamin ini akan membantu tubuh dalam menyerap kalsium, salah satu mineral yang berperan untuk pembentukan tulang yang kuat.

Bersama kalsium, vitamin D akan membantu melindungi Anda dari risiko osteoporosis. Vitamin D juga berfungsi sebagai penggerak otot dan saraf guna membawa pesan antara otak dan tubuh.

Tak hanya itu, sistem kekebalan Anda pun membutuhkan vitamin D untuk melawan bakteri dan virus penyebab penyakit.

Bila Anda ingin mengonsumsi ikan gurame, pastikan Anda memilih ikan yang masih segar. Agar lebih sehat, masaklah ikan dengan cara direbus atau dikukus.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Nutrition Facrs for Fish, Raw, Carp. (n.d.). Nutrition Value. Retrieved 5 March 2021, from https://www.nutritionvalue.org/Fish%2C_raw%2C_carp_nutritional_value.html

Omega-3 in Fish: How Eating Fish Helps Your Heart. (2019). Retrieved 5 March 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/heart-disease/in-depth/omega-3/art-20045614

Judge, M., Harel, O. and Lammi-Keefe, C., 2007.Maternal consumption of a docosahexaenoic acid–containing functional food during pregnancy: benefit for infant performance on problem-solving but not on recognition memory tasks at age 9 mo. The American Journal of Clinical Nutrition, 85(6), pp.1572-1577. Retrieved 5 March 2021.

Pesta, D. and Samuel, V., 2014. A high-protein diet for reducing body fat: mechanisms and possible caveats. Nutrition & Metabolism, 11(1), p.53. Retrieved 5 March 2021.

Vitamin D. (2021). National Institute of Health. Retrieved 5 March 2o21, from https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminD-Consumer/

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Winona Katyusha
Tanggal diperbarui 2 minggu lalu
x