home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

3 Cara Cepat untuk Menurunkan Trigliserida yang Tinggi

3 Cara Cepat untuk Menurunkan Trigliserida yang Tinggi

“Hati-hati kolesterolnya naik kalau makan makanan berlemak.” Mungkin Anda sering mendengar pernyataan tersebut. Tapi tahukah Anda tidak hanya jumlah kolesterol saja yang harus diperhatikan? Jumlah trigliserida tinggi di dalam tubuh juga berbahaya bagi kesehatan. Apabila seseorang mempunyai kadar trigliserida tinggi, maka ia berisiko untuk mengidap berbagai penyakit degeneratif seperti penyakit jantung koroner, penyumbatan pembuluh darah, stroke, dan diabetes mellitus.

Lalu bagaimana caranya untuk menurunkan jumlah trigliserida yang tinggi? Apakah Anda termasuk orang yang berisiko mempunyai trigliserida yang tinggi?

Apakah saya berisiko memiliki kadar trigliserida tinggi?

Jumlah trigliserida bisa dikatakan tinggi jika melebihi 150 mg/dl atau 1,7 mmol/L. Semua orang bisa saja mempunyai jumlah trigliserida yang tinggi, namun ada beberapa kelompok orang yang berisiko tinggi mengalami hal tersebut, yaitu:

  • Orang yang sudah mengalami penyakit jantung sebelum ia berusia 50 tahun.
  • Wanita dewasa, lebih berisiko dibandingkan dengan laki-laki dewasa. Terlebih wanita yang sedang hamil atau mengonsumsi obat hormon estrogen.
  • Kelompok orang yang mempunyai berat badan berlebihan atau obesitas.

Bagaimana cara menurunkan kadar trigliserida tinggi?

Trigliserida adalah cadangan lemak yang berasal dari semua makanan berkalori yang Anda konsumsi. Ketika kalori yang masuk tidak terpakai oleh tubuh, entah itu berbentuk karbohidrat, lemak, atau protein, maka secara otomatis akan diubah menjadi cadangan lemak atau trigliserida.

Apabila seseorang mempunyai jumlah trigliserida yang tinggi, tentunya ia dapat – justru harus – menurunkannya. Berikut adalah cara untuk menurunkan trigliserida yang tinggi:

1. Melakukan aktivitas fisik

Sudah menjadi teori yang baku, untuk menghilangkan semua lemak-lemak di tubuh, termasuk trigliserida, Anda harus giat berolahraga. Tetapi ini bukan berarti Anda harus ke gym setiap malam. Anda bisa mulai dengan olahraga yang sederhana dan mudah dilakukan, seperti jogging, berenang, atau berjalan santai. Lebih baik untuk melakukannya selama 30 menit per hari untuk menurunkan kadar trigliserida yang tinggi.

2. Memilih makanan yang sehat, sesuai dengan kebutuhan kalori

Telah disebutkan sebelumnya bahwa trigliserida berasal dari semua makanan berkalori yang Anda makan, entah itu makanan manis, lauk-pauk, atau makanan pokok. Intinya jika terlalu berlebihan di dalam tubuh, akan disimpan dalam bentuk trigliserida. Oleh karena itu lebih baik untuk makan sesuai dengan kebutuhan kalori Anda dan menghindari makanan-makanan yang dapat memicu naiknya trigliserida.

Berikut adalah tips memilih makanan untuk menurunkan jumlah trigliserida:

  • Menghindari makanan yang manis
  • Memilih sumber lemak yang baik, yang mengandung lemak tidak jenuh seperti lemak dari ikan, alpukat, susu rendah lemak, daging ayam tanpa kulit, serta daging tanpa gajih.
  • Hindari juga makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Berbagai makanan dan minuman kemasan mengandung lemak trans.
  • Makan banyak sayur dan buah-buahan yang mengandung banyak serat.

3. Melakukan pengobatan

Apabila jumlah trigliserida sangat tinggi, lebih dari 500 mg/dcl, biasanya dokter akan memberikan Anda obat-obatan yang membantu untuk mengontrol kadar trigliserida, karena saat ini terjadi olahraga saja tidak cukup mampu menurunkannya. Beberapa jenis obat yang diberikan pada orang yang mempunyai trigliserida sangat tinggi yaitu obat yang mengandung niasin atau vitamin B3 dan asam lemak omega-3 yang biasanya terdapat dalam suplemen minyak ikan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Gilhuly, K. (2013). How Long Does It Take to Reduce Triglycerides?. [online] LIVESTRONG.COM. Available at: http://www.livestrong.com/article/441106-how-long-does-it-take-to-reduce-triglycerides/  [Accessed 27 Feb. 2017].

LIVESTRONG.COM. (2014). How to Quickly Lower Triglycerides. [online] Available at: http://www.livestrong.com/article/258357-how-to-quickly-lower-triglycerides/  [Accessed 27 Feb. 2017].

Mimi Guarneri, A. (2017). How to Lower Triglycerides Naturally Symptoms, Treatment, Causes – Is it possible to lower triglycerides naturally without drugs? – MedicineNet. [online] MedicineNet. Available at: http://www.medicinenet.com/how_to_lower_triglycerides_naturally/page3.htm#is_it_possible_to_lower_triglycerides_naturally_without_drugs  [Accessed 27 Feb. 2017].

 

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M
Tanggal diperbarui 02/03/2017
x