home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Cara Ampuh untuk Menurunkan Kadar Trigliserida yang Tinggi

5 Cara Ampuh untuk Menurunkan Kadar Trigliserida yang Tinggi

Selain protein dan vitamin, tubuh Anda juga membutuhkan lemak. Zat ini tubuh perlukan sebagai bahan bakar cadangan untuk menghasilkan energi, dan bertugas untuk menyerap vitamin. Selain kolesterol, ada juga jenis lemak trigliserida dalam tubuh. Meskipun tubuh memerlukannya, kadarnya tidak boleh melebihi batas normal. Jika kadar trigliserida dalam tubuh sudah tinggi, lantas, bagaimana cara menurunkan kadarnya? Yuk, cari tahu jawabannya pada ulasan berikut ini.

Apa itu trigliserida dan kenapa kadarnya harus normal?

apa itu trigliserida

Sebelum membahas cara menurunkan kadar trigliserida yang tinggi, ada baiknya Anda memahami lebih dahulu mengenai lemak ini. Trigliserida adalah jenis lemak (lipid) yang ada di dalam darah Anda.

Saat Anda makan, tubuh akan mengubah kalori yang berlebihan menjadi trigliserida. Maksudnya, kalori tersebut tidak tubuh langsung gunakan sebagai bahan bakar energi. Penyimpanan trigliserida ini ada pada sel lemak. Saat dibutuhkan, tubuh akan menggunakan hormon untuk melepaskan trigliserida untuk menjadi energi.

Jika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalori, tapi tubuh hanya membakar sebagian saja dari kalori tersebut, maka kadarnya dalam tubuh akan tinggi. Kondisi ini Anda kenal dengan sebutan hipertrigliserida.

Walaupun tubuh nantinya membutuhkan trigliserida sebagai energi, kadarnya yang tinggi bisa menimbulkan masalah kesehatan. Oleh karena itulah, Anda perlu tahu cara untuk menurunkan kadar trigliserida yang tinggi dalam tubuh.

Melansitr laman Mayo Clinic, kadar trigliserida yang tinggi dapat menyebabkan pengerasan dan penebalan dinding arteri (aterosklerosis). Kondisi ini bisa meningkatkan risiko serangan jantung, penyakit jantung, stroke, dan pankreatitis (radang pankreas akut).

Pada beberapa kasus, tingginya kadar trigliserida bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan, seperti diabetes, sindrom metabolik, atau hipotiroidisme (rendahnya hormon tiroid).

Cara menurunkan kadar trigliserida yang tinggi

trigliserida tinggi

Guna mengetahui kadar trigliserida, Anda bisa mengeceknya lewat tes darah sederhana yang Anda kenal dengan sebutan panel lipid.

Kadar trigliserida yang normal, kurang dari 150 mg/dL. Jika sudah melewati batasan tersebut, yakni mencapai 500 mg/dL atau lebih, itu tandanya kadar trigliserida dalam darah sangatlah tinggi.

Jika sudah melebihi batas normal, dokter akan menerapkan cara untuk menurunkan kadar trigliserida, di antaranya:

1. Olahraga dan mencoba lebih aktif

Olahraga menjadi salah satu langkah untuk mencegah sekaligus mengatasi beberapa masalah kesehatan, salah satunya hipertrigliserida. Aktivitas fisik ini jika Anda lakukan secara teratur dapat menurunkan trigliserida dengan meningkatkan kadar kolesterol baik. Cobalah untuk berolahraga, setidaknya 30 menit setiap hari.

Manfaat olahraga ini jugalah yang membantu Anda untuk menjaga kesehatan jantung, karena bisa menurunkan tekanan darah. Sekaligus mengurangi faktor risiko penyakit jantung, seperti stres. Ini karena olahraga bisa membantu memperbaiki suasana hati sehingga ampuh mengurangi stres dan kecemasan.

Sebenarnya tidak cuma olahraga saja, mencoba lebih aktif bergerak juga bisa Anda andalkan sebagai cara untuk menurunkan kadar trigliserida yang tinggi. Anda bisa memilih menaiki tangga ketimbang menggunakan elevator, atau memilih berjalan kaki dari halte terdekat kantor ketimbang naik kendaraan.

2. Mengurangi asupan kalori

Jika kadar trigliserida Anda dalam batas ringan atau sedang, fokuslah untuk mengurangi asupan kalori. Sudah dijelaskan sebelumnya, jika trigliserida terbentuk dari kalori esktra. Jadi, dengan mengurangi asupan makanan tinggi kalori, Anda bisa membantu tubuh untuk menurunkan kadarnya.

Anda bisa mengurangi porsi makanan, atau lebih bijak dalam memilih makanan. Caranya, gunakan piring makan yang ukurannya lebih kecil, kurangi konsumsi makanan yang digoreng, dan lebih memilih air putih ketimbang minuman bersoda. Langkah ini bisa Anda terapkan juga untuk menurunkan berat badan.

3. Kurangi minum alkohol

Saat Anda minum alkohol, tubuh akan memecah dan mengubahnya menjadi trigliserida dan kolesterol di dalam hati. Jadi, simpulannya minum alkohol bisa meningkatkan kadar trigliserida dan kolesterol dalam darah Anda.

Jika kebiasaan minum alkohol masih Anda lakukan, bisa terjadi penumpukan lemak di hati. Alkohol juga bisa menyebabkan penyakit jantung, bila kebiasaan ini masih terus Anda lakukan dengan kondisi kadar trigliserida yang tinggi.

Oleh karena itu, jika Anda seorang peminum dan ingin menurunkan kadar trigliserida, cara paling ampuh adalah dengan mengurangi kebiasaan minum alkohol. Namun, perlu Anda ketahui bahwa Anda tidak bisa berhenti minum alkohol begitu saja karena akan ada gejala penarikan alkohol yang terjadi pada tubuh. Jadi, lakukan hal ini secara perlahan.

4. Perhatikan pilihan makanan

Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, yakni mengandung gula bisa meningkatkan kadar trigliserida. Jika Anda sering mengonsumsi makanan manis, cobalah untuk membatasinya.

Di samping itu, pilih juga makanan yang mengandung lemak sehat, yakni lemak tak jenuh. Ganti daging berlemak dengan ikan yang kaya asam lemak omega tiga, atau pilih daging tanpa lemak. Gunakan minyak zaitun atau minyak kanola untuk memasak makanan yang lebih sehat.

5. Minum obat untuk menurunkan kadar trigliserida yang tinggi

obat antibiotik untuk diare

Cara terakhir yang paling ampuh untuk menurunkan kadar trigliserida yang tinggi adalah minum obat. Dokter biasanya merokemendasikan obat statin, seperti atorvastatin calcium (Lipitor) atau rosuvastatin calcium (Crestor). Terutama jika kadar kolesterol Anda juga tinggi atau Anda memiliki riwayat penyumbatan arteri atau diabetes.

Obat jenis lain yang mungkin dokter rekomendasikan untuk membantu menurunkan kadar trigliserida, antara lain:

  • Fenofibrate (TriCor, Fenoglide, lainnya) dan gemfibrozil (Lopid) dapat mengurangi kadar trigliserida tapi bisa digunakan oleh penderita penyakit ginjal atau penyakit hati yang parah.
  • Minyak ikan atau suplemen asam lemak omega 3, juga bisa membantu menurunkan trigliserida Anda. Namun, konsumsi suplemen ini tidak boleh berlebihan karena bisa mengganggu proses pembekuan darah.
  • Niacin atau asam nikotinat, dapat menurunkan trigliserida dan kolesterol LDL —kolesterol jahat.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Can triglycerides affect my heart health? (2020, September 29). Retrieved April 27, 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-cholesterol/in-depth/triglycerides/art-20048186.

Triglycerides. (2021, February 12). Retrieved April 27, 2021, from https://medlineplus.gov/triglycerides.html.

10 ways to cut 500 calories a DAY: Medlineplus medical encyclopedia. (n.d.). Retrieved April 27, 2021, from https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000892.htm.

Nhs choices. Retrieved April 27, 2021, from https://www.nhs.uk/live-well/eat-well/different-fats-nutrition/.

Alcohol. Retrieved April 27, 2021, from https://www.heartuk.org.uk/low-cholesterol-foods/alcohol.

 

 

 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Aprinda Puji
Tanggal diperbarui 02/03/2017
x