6 Makanan untuk Meningkatkan Hemoglobin (Hb)

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 16 November 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Hemoglobin atau yang disingkat Hb adalah protein yang ditemukan dalam sel darah merah. Tugasnya adalah mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Kadar hemoglobin dapat Anda ketahui saat melakukan pemeriksaan darah lengkap. Ketika kadar hemoglobin Anda rendah, fungsi penting ini akan sangat terganggu. Maka itu, hemoglobin rendah harus diatasi segera. Makanan adalah salah satu cara paling sederhana untuk bantu meningkatkan hemoglobin (Hb) yang rendah.

Daftar makanan untuk meningkatkan hemoglobin (Hb)

Saat kadar hemoglobin dalam darah rendah, beberapa asupan nutrisi, seperti zat besi, vitamin C, dan asam folat dapat membantu. Mengonsumsi makanan penambah hemoglobin juga dapat menjadi langkah pencegahan anemia.

Berikut adalah daftar makanan untuk meningkatkan Hb rendah:

1. Daging sapi

Potongan Daging Sapi Mana yang Paling Sehat dan Punya Lemak Sedikit?

Daging sapi panggang, daging sapi tanpa lemak, dan daging sapi giling merupakan salah satu makanan untuk meningkatkan kadar hemoglobin (Hb) dalam darah. Di dalam daging sapi terkandung zat besi yang berguna untuk meningkatkan produksi hemoglobin. Dengan begitu, sel darah merah pun dapat diproduksi dalam jumlah cukup.

Dikutip dari situs University of New Mexico Hospital, Anda dianjurkan mengonsumsi daging sapi dalam porsi kecil setidaknya satu kali sehari. Namun, Anda perlu mendiskusikan langkah terbaik dengan dokter yang menangani Anda.  

Dalam 100 gram daging sapi giling mengandung 2,7 mg zat besi. Selain kaya zat besi, daging sapi juga mengandung asam folat yang turut berperan penting dalam produksi hemoglobin dalam tubuh.

2. Jeroan sapi

makan jeroan

Jeroan sapi, termasuk jantung, otak, ginjal, hingga hati sapi merupakan makanan dengan sumber zat besi terbaik untuk penambah hemoglobin. Dalam satu porsi hati sapi (100 gram), terdapat zat besi sebanyak 6,5 mg.  

Anda disarankan mengonsumsi beberapa kali dalam satu minggu, tergantung saran dari dokter Anda. Namun, jika Anda hamil, jangan makan hati sapi lebih dari 1-2 kali dalam satu bulan, khususnya pada trimester pertama. 

3. Daging ayam

resep olahan ayam sehat

Selain daging sapi, daging ayam juga mengandung zat besi yang baik untuk meningkatkan kadar Hb yang rendah. Anda disarankan mengonsumsi daging ayam bagian paha sekali dalam sehari. 

Daging ayam bagian dada juga dapat membantu meningkatkan hemoglobin Anda, tetapi tidak sebaik bagian paha. Pastikan memasak daging ayam dengan matang sempurna sebelum mengonsumsinya.

4. Makanan laut

keracunan seafood

Makanan laut, seperti kerang dan udang juga mengandung zat besi juga berguna untuk meningkatkan hemoglobin (Hb) dalam darah. Dalam satu porsi penyajian, kerang bisa mengandung zat besi hingga 3 mg. 

Selain kerang dan udang, ikan tuna juga mengandung zat besi. Dalam 85 gram tuna terdapat 1,4 mg zat besi yang baik untuk meningkatkan hemoglobin dalam darah Anda.

5. Tahu

Protein nabati seperti tahu juga merupakan makanan yang baik untuk meningkatkan hemoglobin. Satu porsi tahu (100 gram) mengandung 2,66 mg zat besi dan sejumlah mineral, termasuk kalsium, magnesium, dan selenium.

Manfaat Makan Tahu Mentah dan Risiko yang Perlu Diketahui

6. Sayur dan buah-buahan

Mengonsumsi makanan penambah hemoglobin saja tidak cukup jika proses penyerapannya tidak berjalan baik. Untuk memastikan penyerapan zat besi berjalan baik, Anda perlu makan makanan kaya vitamin C secara bersamaan.

Vitamin C dapat membantu meningkatkan jumlah zat besi yang nantinya akan diserap oleh tubuh. Makanan tinggi vitamin C contohnya sayuran hijau, seperti bayam, juga bermanfaat untuk meningkatkan Hb secara optimal. 

Satu porsi (100 gram) bayam mentah mengandung zat besi sebanyak 2,71 mg. Bayam juga mengandung asam folat yang memiliki peran penting dalam pembentukan hemoglobin dalam darah. 

Selain itu, brokoli yang kaya vitamin C juga dikenal sebagai sayuran yang dapat membantu penyerapan zat besi dalam tubuh Anda. 

Selain makanan kaya vitamin C, makanan yang mengandung beta karoten juga dapat membantu tubuh menyerap zat besi dan meningkatkan kadar Hb dalam darah.

Beta karoten banyak ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran berwarna merah, kuning, dan oranye, sepert:

  • Wortel
  • Tomat
  • Paprika
  • Cabai

Selain yang telah disebutkan di atas, zat besi juga sekarang tersedia dalam bentuk suplemen. Namun, Anda tidak bisa sembarangan minum suplemen zat besi untuk meningkatkan kadar hemoglobin. Alih-alih menjadi penambah hemoglobin, Anda malah bisa mengalami efek samping, seperti kelebihan zat besi.

Dalam satu hari, seorang pria dewasa dianjurkan untuk memenuhi setidaknya 13 mg zat besi, sedangkan wanita dewasa dari usia 19 hingga 49 tahun membutuhkan setidaknya 25 mg besi per hari. Konsultasikanlah dengan dokter untuk dosis terbaiknya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apa Artinya Jika Jumlah Hematokrit Rendah Setelah Tes Darah?

Hematokrit adalah persentase jumlah sel darah merah atas jumlah keseluruhan darah Anda. Kadarnya yang rendah bisa mengindikasikan suatu masalah kesehatan.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Anemia, Penyakit Kelainan Darah 2 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Mengenal Lebih Dalam Tentang Hemoglobin (Hb)

Hemoglobin (Hb) adalah protein dalam darah yang memberikan warna merah dalam darah. Tugasnya mengangkut oksigen dan mengedarkannya ke seluruh tubuh.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Anemia, Penyakit Kelainan Darah 2 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

4 Penyebab Hemoglobin (Hb) Rendah, dari Anemia Hingga Kanker

Terdapat beberapa penyebab Hb rendah, seperti anemia, kurang zat besi, infeksi saluran cerna, hingga kanker. Bagaimana cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Anemia, Penyakit Kelainan Darah 2 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

5 Cara Mengatasi Pusing Karena Tekanan Darah Rendah

Pusing karena tekanan darah rendah bisa menjadi kondisi yang mengkhawatirkan bila berlangsung lama atau begitu parah. Ini cara mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Tips Sehat 15 Agustus 2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Transfusi Darah

Menyoal Transfusi Darah: Kapan Harus Dilakukan, Manfaat, dan Efek Samping

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 17 November 2020 . Waktu baca 8 menit
daftar makanan penambah darah, obat penambah darah

Daftar Makanan Penambah Darah untuk Orang Anemia (Plus Pantangannya)

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 2 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
mengobati anemia

Berbagai Pilihan Pengobatan untuk Mengatasi Anemia

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 2 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
gejala anemia dan ciri-cirinya adalah

Gejala Anemia dari yang Paling Umum Hingga yang Khas per Jenisnya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 2 Oktober 2020 . Waktu baca 10 menit