home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

6 Makanan untuk Meningkatkan Hemoglobin (Hb)

6 Makanan untuk Meningkatkan Hemoglobin (Hb)

Hemoglobin atau yang disingkat Hb adalah protein yang ditemukan dalam sel darah merah. Tugasnya adalah mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Kadar hemoglobin dapat Anda ketahui saat melakukan pemeriksaan darah lengkap. Ketika kadar hemoglobin Anda rendah, fungsi penting ini akan sangat terganggu. Maka itu, hemoglobin rendah harus diatasi segera. Makanan adalah salah satu cara paling sederhana untuk bantu meningkatkan hemoglobin (Hb) yang rendah.

Daftar makanan untuk meningkatkan hemoglobin (Hb)

Saat kadar hemoglobin dalam darah rendah, beberapa asupan nutrisi, seperti zat besi, vitamin C, dan asam folat dapat membantu. Mengonsumsi makanan penambah hemoglobin juga dapat menjadi langkah pencegahan anemia.

Berikut adalah daftar makanan untuk meningkatkan Hb rendah:

1. Daging sapi

Potongan Daging Sapi Mana yang Paling Sehat dan Punya Lemak Sedikit?

Daging sapi panggang, daging sapi tanpa lemak, dan daging sapi giling merupakan salah satu makanan untuk meningkatkan kadar hemoglobin (Hb) dalam darah. Di dalam daging sapi terkandung zat besi yang berguna untuk meningkatkan produksi hemoglobin. Dengan begitu, sel darah merah pun dapat diproduksi dalam jumlah cukup.

Dikutip dari situs University of New Mexico Hospital, Anda dianjurkan mengonsumsi daging sapi dalam porsi kecil setidaknya satu kali sehari. Namun, Anda perlu mendiskusikan langkah terbaik dengan dokter yang menangani Anda.

Dalam 100 gram daging sapi giling mengandung 2,7 mg zat besi. Selain kaya zat besi, daging sapi juga mengandung asam folat yang turut berperan penting dalam produksi hemoglobin dalam tubuh.

2. Jeroan sapi

makan jeroan

Jeroan sapi, termasuk jantung, otak, ginjal, hingga hati sapi merupakan makanan dengan sumber zat besi terbaik untuk penambah hemoglobin. Dalam satu porsi hati sapi (100 gram), terdapat zat besi sebanyak 6,5 mg.

Anda disarankan mengonsumsi beberapa kali dalam satu minggu, tergantung saran dari dokter Anda. Namun, jika Anda hamil, jangan makan hati sapi lebih dari 1-2 kali dalam satu bulan, khususnya pada trimester pertama.

3. Daging ayam

resep olahan ayam sehat

Selain daging sapi, daging ayam juga mengandung zat besi yang baik untuk meningkatkan kadar Hb yang rendah. Anda disarankan mengonsumsi daging ayam bagian paha sekali dalam sehari.

Daging ayam bagian dada juga dapat membantu meningkatkan hemoglobin Anda, tetapi tidak sebaik bagian paha. Pastikan memasak daging ayam dengan matang sempurna sebelum mengonsumsinya.

4. Makanan laut

keracunan seafood

Makanan laut, seperti kerang dan udang juga mengandung zat besi juga berguna untuk meningkatkan hemoglobin (Hb) dalam darah. Dalam satu porsi penyajian, kerang bisa mengandung zat besi hingga 3 mg.

Selain kerang dan udang, ikan tuna juga mengandung zat besi. Dalam 85 gram tuna terdapat 1,4 mg zat besi yang baik untuk meningkatkan hemoglobin dalam darah Anda.

5. Tahu

Protein nabati seperti tahu juga merupakan makanan yang baik untuk meningkatkan hemoglobin. Satu porsi tahu (100 gram) mengandung 2,66 mg zat besi dan sejumlah mineral, termasuk kalsium, magnesium, dan selenium.

Manfaat Makan Tahu Mentah dan Risiko yang Perlu Diketahui

6. Sayur dan buah-buahan

Mengonsumsi makanan penambah hemoglobin saja tidak cukup jika proses penyerapannya tidak berjalan baik. Untuk memastikan penyerapan zat besi berjalan baik, Anda perlu makan makanan kaya vitamin C secara bersamaan.

Vitamin C dapat membantu meningkatkan jumlah zat besi yang nantinya akan diserap oleh tubuh. Makanan tinggi vitamin C contohnya sayuran hijau, seperti bayam, juga bermanfaat untuk meningkatkan Hb secara optimal.

Satu porsi (100 gram) bayam mentah mengandung zat besi sebanyak 2,71 mg. Bayam juga mengandung asam folat yang memiliki peran penting dalam pembentukan hemoglobin dalam darah.

Selain itu, brokoli yang kaya vitamin C juga dikenal sebagai sayuran yang dapat membantu penyerapan zat besi dalam tubuh Anda.

Selain makanan kaya vitamin C, makanan yang mengandung beta karoten juga dapat membantu tubuh menyerap zat besi dan meningkatkan kadar Hb dalam darah.

Beta karoten banyak ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran berwarna merah, kuning, dan oranye, sepert:

  • Wortel
  • Tomat
  • Paprika
  • Cabai

Selain yang telah disebutkan di atas, zat besi juga sekarang tersedia dalam bentuk suplemen. Namun, Anda tidak bisa sembarangan minum suplemen zat besi untuk meningkatkan kadar hemoglobin. Alih-alih menjadi penambah hemoglobin, Anda malah bisa mengalami efek samping, seperti kelebihan zat besi.

Dalam satu hari, seorang pria dewasa dianjurkan untuk memenuhi setidaknya 13 mg zat besi, sedangkan wanita dewasa dari usia 19 hingga 49 tahun membutuhkan setidaknya 25 mg besi per hari. Konsultasikanlah dengan dokter untuk dosis terbaiknya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Foods to Fight Iron Deficiency. (2020). Retrieved 23 July 2020, from https://www.eatright.org/health/wellness/preventing-illness/iron-deficiency

Absorption. (2020). Retrieved 23 July 2020, from http://www.irondisorders.org/absorption/

Office of Dietary Supplements – Folate. (2020). Retrieved 23 July 2020, from https://ods.od.nih.gov/factsheets/Folate-HealthProfessional/

Hurrell, R., & Egli, I. (2010). Iron bioavailability and dietary reference values. The American Journal Of Clinical Nutrition, 91(5), 1461S-1467S. doi: 10.3945/ajcn.2010.28674f

Office of Dietary Supplements – Iron. (2020). Retrieved 23 July 2020, from https://ods.od.nih.gov/factsheets/Iron-HealthProfessional/

Michelazzo, F., Oliveira, J., Stefanello, J., Luzia, L., & Rondó, P. (2013). The Influence of Vitamin A Supplementation on Iron Status. Nutrients, 5(11), 4399-4413. doi: 10.3390/nu5114399


Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Fajarina Nurin Diperbarui 17/02/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.