backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

1

Tanya Dokter
Simpan

11 Manfaat Buah Cranberry, Atasi Gigi Berlubang hingga Peradangan

Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro · General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 3 minggu lalu

    11 Manfaat Buah Cranberry, Atasi Gigi Berlubang hingga Peradangan

    Salah satu buah yang jarang dikonsumsi tetapi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yaitu buah cranberry. Buah merah kecil mirip ceri ini tinggi antioksidan sehingga baik untuk kesehatan. Apa saja manfaat dari buah ini?

    Kandungan buah cranberry

    Buah cranberry (Vaccinium macrocarpon) adalah buah dari golongan beri yang kaya zat gizi dan rendah kalori. Buah ini berasal dari bagian utara Amerika Serikat. 

    Di Indonesia, buah ini jarang dikonsumsi oleh masyarakat karena harganya yang mahal dan jarang ditemukan.

    Buah cranberry memiliki rasa yang agak asam dan manis, dan sering digunakan dalam berbagai masakan, seperti dijadikan saus, selai, atau campuran rempah-rempah. 

    Selain menjadi bahan makanan yang populer, cranberry terkenal dengan manfaat kesehatannya. Manfaat ini berkat berbagai kandungan zat gizi yang ada di dalamnya.

    Dikutip dari Food Data Central, berikut berbagai kandungan zat gizi yang ada pada buah cranberry.

    • Protein: 0,46 gram (g).
    • Air: 87,3 g.
    • Energi: 46 kkal.
    • Karbohidrat: 12 g.
    • Serat: 3,6 g.
    • Kalsium: 8 miligram (mg).
    • Zat besi: 0,23 mg.
    • Magnesium: 6 mg.
    • Fosfor: 11 mg.
    • Kalium: 80 mg.
    • Natrium: 2 mg.
    • Seng: 0,09 mg.
    • Mangan: 0.267 mg.
    • Tiamin (vitamin B1): 0,012 mg.
    • Riboflavin (vitamin B2): 0,02 mg.
    • Niacin (vitamin B3): 0,101 mg.
    • Vitamin E: 1,3 mg.

    Selain itu, buah cranberry mengandung flavonoid, proantosianidin, antosianin, asam fenolik, dan tanin.

    Daftar manfaat buah cranberry

    Berkat kandungan zat gizi di atas, terdapat berbagai macam manfaat buah cranberry untuk kesehatan. Berikut berbagai manfaat tersebut.

    1. Mengatasi infeksi saluran kemih

    Cranberry memang telah lama dikenal sebagai obat alami untuk infeksi saluran kemih (ISK), terutama bagi individu yang rentan mengalami infeksi berulang. 

    Manfaat ini tertulis dalam salah satu penelitian dalam jurnal PloS one. Penelitian ini mengatakan kandungan proantosianidin dalam cranberry dapat menghambat aktivitas bakteri di area saluran kemih.

    Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi jus cranberry lebih efektif daripada pengobatan ISK. Meski begitu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

    2. Menjaga kesehatan jantung

    cranberry untuk infeksi saluran kemih (isk)

    Buah cranberry diketahui mengandung senyawa polifenol, quercetin, dan antosianin yang dapat meningkatkan fungsi endotel.

    Endotel adalah sel yang melapisi sistem peredaran darah, dari jantung hingga kapiler.

    Manfaat cranberry pada jantung Ini disebutkan dalam penelitian yang terbit pada Food & Function. Penelitian ini meneliti efek jus cranberry terhadap kesehatan jantung

    Hasilnya, kelompok yang mengonsumsi jus cranberry mengalami peningkatan fungsi jantung dan pembuluh darah. Hal ini terlihat pada pelebaran pembuluh darah ketika aliran darah meningkat.

    3. Mengatasi gigi berlubang

    Manfaat buah cranberry selanjutnya yaitu menjaga kesehatan gigi dengan mencegah gigi berlubang.

    Hal ini berkat kandungan proantosianidin tipe-a yang mencegah perkembangbiakan bakteri di mulut. 

    Namun, selain mengonsumsi buah cranberry sebaiknya Anda juga menjaga kesehatan gigi dengan menggosok gigi secara teratur, menggunakan mouthwash, dan melakukan flossing gigi.

    4. Mengatasi peradangan

    Cranberry memiliki sifat anti-inflamasi karena kandungan antioksidan, terutama antosianin dan flavanol. 

    Antosianin yang memberikan warna gelap pada cranberry dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit kronis dengan mengurangi peradangan di dalam tubuh.

    Mengonsumsi makanan yang bersifat antiradang penting untuk mengurangi faktor risiko berbagai penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2, obesitas, dan kanker.

    5. Mengatasi penyakit kardiovaskular

    Kandungan antioksidan yang tinggi dalam cranberry, seperti antosianin dan flavanol dapat mencegah dan mengatasi penyakit kardiovaskular.

    Manfaat ini tertulis dalam salah satu penelitian dalam jurnal The Journal of nutrition yang mengatakan bahwa konsumsi cranberry bermanfaat menurunkan kadar trigliserida dan tekanan darah diastolik.

    Namun, penting diingat selain mengonsumsi cranberry, konsumsi makanan lain yang rendah lemak jenuh, tinggi serat, dan rendah gula tambahan agar terhindar dari penyakit kardiovaskular.

    6. Menjaga kesehatan pencernaan

    Manfaat buah cranberry juga baik dalam merawat sistem pencernaan. Hal ini tertulis dalam salah satu penelitian pada jurnal Journal of Gastroenterology and Hepatology.

    Penelitian ini dilakukan pada 522 orang dewasa yang terinfeksi Helicobacter pylori yang merupakan penyebab tukak lambung, maag, dan beberapa jenis kanker lambung.

    Hasilnya, penelitian yang dilakukan selama 8 minggu ini menunjukkan bahwa jus cranberry dapat menurunkan tingkat infeksi H. pylori sebesar 20% dibandingkan kelompok kontrol.

    Apakah buah cranberry aman untuk penderita asam lambung?

    Buah cranberry aman untuk dikonsumsi bagi penderita asam lambung. Namun, beberapa orang mungkin dapat mengalami iritasi lambung atau peningkatan gejala GERD setelah mengonsumsi buah cranberry, terutama yang mengandung pemanis tambahan.

    7. Sumber antioksidan

    Buah cranberry mengandung berbagai kandungan yang bersifat antioksidan. Beberapa jenis kandungan ini yaitu asam fenolat, antosianin, falon, flavonoid, dan asam organik.

    Antioksidan dalam cranberry membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. 

    Selain itu, antioksidan juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

    8. Mengatur kadar gula darah

    Selain rasanya yang menyegarkan, buah kecil berwarna merah ini juga bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah.

    Hal ini tertulis dalam salah satu penelitian pada jurnal Food & Function yang meneliti efek buah cranberry terhadap lonjakan kadar gula darah pada orang yang memiliki obesitas dan diabetes tipe 2.

    Hasilnya, penelitian mengatakan bahwa kelompok yang mengonsumsi cranberry mengalami lonjakan kadar gula darah yang lebih rendah secara signifikan dibandingkan dengan kelompok terkontrol.

    9. Mengatasi obesitas

    Cranberry juga bermanfaat menurunkan berat badan bagi orang yang memiliki obesitas.

    Pasalnya, salah satu penelitian dalam jurnal Journal of functional foods mengatakan bahwa cranberry membantu mencegah pembentukan jaringan lemak dalam tubuh.

    Selain itu, buah merah ini juga mengandung serat yang bermanfaat menurunkan nafsu makan dan memperbaiki pencernaan. 

    Dengan merasa kenyang lebih lama setelah mengonsumsi cranberry, seseorang mungkin cenderung mengonsumsi lebih sedikit kalori, membantu dalam upaya menurunkan berat badan.

    10. Mengobati rheumatoid arthritis

    Rheumatoid arthritis atau rematik merupakan penyakit autoimun yang ditandai oleh peradangan pada sendi. Salah satu cara meredakan gejalanya yaitu dengan mengonsumsi buah cranberry

    Hal ini karena buah cranberry mengandung quercetin dan resveratrol yang memiliki sifat antiradang yang kuat.

    Selain itu, quercetin juga dapat menghalangi aktivitas enzim seperti siklooksigenase dan lipooksigenase yang merupakan pemicu respons peradangan dalam tubuh, termasuk radang sendi.

    11. Mencegah dan mengatasi kanker

    manfaat cranberry

    Kandungan antioksidan pada buah cranberry juga memberi manfaat pada sel-sel tubuh yakni mencegah kanker dan mengatasi perkembangannya. 

    Dikutip dari salah satu penelitian dalam jurnal Der Pharmacia Lettre, hal ini berkat kandungan proantosianidin dalam cranberry yang dapat menghambat pertumbuhan dan mematikan sel kanker. 

    Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa kandungan tersebut dapat membantu melawan beberapa jenis kanker, seperti kanker prostat, ovarium, kandung kemih, dan payudara. 

    Nah, itu tadi berbagai manfaat buah cranberry. Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut tentang buah ini, jangan ragu konsultasi dengan dokter atau ahli gizi.

    Catatan

    Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Patricia Lukas Goentoro

    General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


    Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 3 minggu lalu

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan