Apa yang perlu diketahui oleh ibu hamil pada kehamilan di minggu ke-1?

Oleh Data medis direview oleh dr. Le Thi My Duyen.

Perkembangan Janin

Bagaimana pertumbuhan bayi saya di minggu 1?

Minggu pertama sebenarnya adalah awal dari periode menstruasi Anda. Tanggal melahirkan dihitung dari hari pertama periode menstruasi terakhir, yang terhitung sebagai bagian dari kehamilan 40 minggu Anda, meskipun pada beberapa wanita masa kehamilan dapat berlangsung hingga 42 minggu. Bayi Anda belum terbentuk namun tubuh Anda sedang mempersiapkan untuk kehamilan.

Perubahan Pada Tubuh

Bagaimana perubahan pada tubuh saya di minggu 1?

Tubuh Anda sedang mempersiapkan untuk ovulasi, yang biasanya terjadi di antara 12 hingga 14 hari setelah menstruasi. Ovulasi adalah pelepasan sel telur dewasa dari ovarium, terdorong ke tuba fallopi, siap untuk dibuahi. Apabila Anda merencanakan kehamilan, ini adalah waktu yang tepat untuk menandai kalender dan memprediksikan ovulasi.

Apa yang perlu saya perhatikan di minggu 1?

Dalam minggu ini Anda tidak perlu mengkhawatirkan apapun. Satu hal yang harus Anda khawatirkan hanyalah menjalankan pola makan yang sehat dan meminum vitamin prenatal Anda. Penting untuk mendapat asupan vitamin yang cukup, khususnya asam folat. Asam folat diperlukan untuk mengurangi risiko neural tube defects (cacat lahir yang disebabkan oleh perkembangan otak dan tulang belakang yang tidak sempurna), seperti spina bifida. Dosis yang disarankan pada tahap ini adalah sekitar 400 microgram asam folat sehari. Dosis dapat lebih tinggi pada wanita yang memiliki riwayat spina bifida.

Kunjungan ke Dokter

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter di minggu 1?

Apabila Anda merencanakan kehamilan, Anda harus mendiskusikan dengan dokter mengenai obat-obatan resep dan non-resep yang Anda gunakan. Anda perlu berhati-hati dalam pengobatan karena banyak obat-obatan resep dan non-resep dapat memberikan dampak negatif pada fetus. Namun demikian, jangan menghentikan obat-obatan resep tanpa berkonsultasi dengan dokter, yang akan membantu Anda menimbang manfaat dan risiko dari menghentikan pengobatan.

Pertanyaan untuk dokter

  • Dapatkah saya meneruskan penggunaan obat-obatan resep dan non-resep saat merencanakan kehamilan?
  • Apa yang harus saya lakukan sebelum merencanakan kehamilan?
  • Adakah vaksinasi yang harus dilakukan sebelum merencanakan kehamilan?

Tes apa yang perlu saya ketahui di minggu 1?

Untuk mempersiapkan tubuh Anda untuk kehadiran bayi, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik lengkap. Dokter mungkin akan merujuk tes-tes berikut:

  • Pap smear, yang dapat membantu mendeteksi penyebab apapun yang dapat mempengaruhi kemungkinan Anda hamil
  • Tes genetik, yang dapat mendeteksi penyakit genetik apapun yang dapat diwariskan ke bayi Anda. Penyakit-penyakit tersebut termasuk anemia sel sabit, thalassemia, dan penyakit Tay-sachs
  • Tes darah, yang akan mendeteksi penyakit menular seksual apapun atau imunitas pada rubella dan cacar air. Ini akan menentukan apakah Anda perlu pengobatan atau vaksinasi sebelum merencanakan kehamilan
  • Tes-tes ini akan membantu dokter Anda memberikan panduan yang tepat untuk mempersiapkan tubuh Anda untuk bayi yang sehat.

Direview tanggal: January 20, 2017 | Terakhir Diedit: January 20, 2017

Yang juga perlu Anda baca