Hamil 6 Bulan: Perkembangan Janin Usia Kehamilan 23-27 Minggu

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 8 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit
Bagikan sekarang

Usia kehamilan sudah masuk 23-27 minggu? Artinya Anda sudah masuk fase hamil 6 bulan di trimester 2. Di fase ini, perut sudah semakin membesar, gerak janin semakin terasa, dan stretch mark mulai muncul. Selain itu, apa saja yang terjadi di fase hamil 6 bulan? Berikut penjelasannya.

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir

Kalkulator ini dapat memperkirakan kapan hari persalinan Anda.

Cek HPL di Sini
general

Hamil 6 bulan

mengatasi kutu kelamin saat hamil 6 bulan

Tidak ada rasa mual di masa-masa hamil 6 bulan, sehingga Anda bisa lebih nyaman dengan keadaan dan perut yang semakin membesar. Namun meski tidak ada rasa mual, ibu hamil akan merasakan beberapa perubahan pada tubuh untuk mendukung perkembangan janin.

Berikut penjelasan lengkapnya.

Hamil 23 minggu: janin sudah bisa cegukan 

bagyi cegukan saat hamil 6 bulan

Di masa hamil 6 bulan, tepatnya usia 23 minggu, ukuran bayi kira-kira sudah seukuran buah mangga. Lalu berat janin sekitar 453 gram dengan panjang 27,9 cm.

Di usia kehamilan ini, lapisan lemak sudah mulai ada di dalam tubuh janin. 

Selain itu, bayi juga akan lebih sering ‘olahraga’ dalam perut seperti menggerakan jari tangan, jari kaki, lengan, dan kakinya. Jadi, jangan kaget bila Anda akan lebih sering merasakan gerakan janin dari dalam perut. 

Kemungkinan bayi lahir prematur pada usia 23 minggu kehamilan juga mungkin terjadi. Bila bayi prematur lahir di minggu ini, umumnya dapat bertahan hidup dengan perawatan medis intens dari dokter.

Akan tetapi, mungkin juga bayi mengalami cacat lahir ringan sampai parah bila bayi dilahirkan di usia 23 minggu kehamilan.

Tidak hanya itu, mengutip dari Mayo Clinic, di usia hamil 23 minggu, janin sudah mulai bisa cegukan karena gerakan yang tiba-tiba. Anda bisa merasakan detakannya saat mengelus perut.

Kehamilan 24 minggu: telinga janin semakin sempurna

Di usia kehamilan 24 minggu bayi di dalam perut Anda sudah seukuran jagung. Bayi memiliki panjang hampir 30 cm dan berat naik sekitar 113 gram dibandingkan minggu lalu.

hamil setelah melahirkan

Paru-paru janin semakin berkembang di masa hamil 6 bulan, tepatnya usia 24 minggu.

Memang selama perkembangan janin masih di perut, bayi masih menerima oksigen melalui plasenta, tidak terkecuali saat usia kehamilan 24 minggu. Akan tetapi setelah lahir, paru-parunya akan mulai aktif dan otomatis berisi oksigen.

Supaya paru-parunya dapat langsung berfungsi, selama di dalam rahim organ tersebut akan mulai memproduksi zat surfaktan.

Surfaktan adalah zat yang mencegah kebocoran pada kantung udara di paru-paru dan melindunginya ketika mengembuskan napas.

Selain paru-paru, indera pendengaran janin juga kian berkembang saat ini. Organ telinga dalam semakin sempurna sehingga kemampuan keseimbangan si kecil juga semakin baik.

Hal ini membuat ia mengetahui posisinya di rahim saat itu, apakah dalam keadaan terbalik atau tegak.

Kehamilan 25 minggu: janin sudah bisa diajak bicara

ketuban ibu hamil

Di masa hamil 6 bulan, tepatnya kehamilan 25 minggu, bayi di dalam kandungan mungkin sudah seukuran seperti sayuran lobak. Kira-kira panjangnya sudah sekitar 37,6 cm dengan berat 680 gram.

Ibu hamil mungkin sudah memerhatikan kapan jadwal si kecil istirahat dan aktif selama ia ada di dalam kandungan.

Kalau ingin lebih merasakan lagi gerakan janin di usia kehamilan ini, lakukan sambil berdiam diri dan tidak melakukan aktivitas apapun. Cara ini membuat Anda lebih fokus untuk merasakan gerakan janin.

Ketika si kecil mulai bergerak, ibu juga bisa mengajaknya berbicara. Pasalnya, mengutip dari Mayo Clinic, di usia kehamilan 25 minggu ini, pendengaran janin mengalami perkembangan yang cepat dan sudah dapat mendengar suara ibu.

Hamil 26 minggu: mata janin mulai berkedip

iugr adalah janin tidak berkembang

Memasuki minggu 26 kehamilan, perkembangan tubuh janin sudah sepanjang daun bawang. Kira-kira, panjang badan janin dari ujung kepala sampai kaki sekitar 39 cm dengan berat 750 gram.

Mata janin mulai terbuka dan berkedip di masa hamil 6 bulan ini. Meski begitu, Anda baru bisa mengetahui apa warna mata bayi ketika ia sudah lahir.

Warna bola mata bayi akan tergantung pada ras atau etnis keturunannya. Beberapa bayi akan lahir dengan mata biru atau abu-abu yang bisa berubah menjadi cokelat atau gelap di tahun pertama kehidupannya.

Bulu mata dan rambut di kepala juga mulai tumbuh di usia kehamilan ini.

Kehamilan 27 minggu: janin bisa mengenali suara ibu dan ayahnya

perkembangan janin 42 minggu

Sebelumnya bayi masih seukuran panjang daun bawang, kini ia sudah lebih besar. Perkembangan badan bayi di minggu 27 kehamilan sudah seukuran kembang kol.

Normalnya berat janin sudah mencapai sekitar 900 gram dengan panjang badan kira-kira 36,8 cm. 

Di masa hamil 6 bulan, wajah janin sudah mulai terlihat jelas dan akan tetap sama sampai waktunya lahir nanti.

Meski begitu, perkembangan fisik janin pada minggu 27 kehamilan belum begitu sempurna. Organ paru-paru, hati, dan sistem imunnya masih butuh waktu berkembang secara utuh.

Memasuki minggu 27 kehamilan, janin sudah bisa mulai mendengar serta mengenali suara Anda dan pasangan.

Namun, suara yang didengar bayi masih teredam karena telinganya masih tertutup lapisan lilin tebal yang disebut vernix caseosa.

Hal yang dirasakan saat hamil 6 bulan

Saat hamil 6 bulan, ibu hamil umumnya makin susah untuk tidur bahkan sampai insomnia.cara agar hamil anak laki-laki

Rasa cemas yang dirasakan kadang mengakibatkan sering buang air kecil, sakit maag, hingga nyeri pada kaki. Berbagai hal inilah yang kemudian bisa menjadi gangguan tidur di malam hari.

Tidak hanya sulit tidur, beberapa perubahan yang terjadi saat ibu hamil 6 bulan yaitu:

  • Posisi pusar semakin melebar dan terlihat menonjol
  • Sering kesemutan
  • Muncul stretch mark yang membuat kulit terasa gatal
  • Rentan mengalami wasir dan sembelit
  • Heartburn
  • Kram kaki
  • Sakit punggung

Mengutip dari laman Kids Health, di usia kehamilan ini banyak dokter merekomendasikan agar posisi tidur ibu hamil tidur miring ke sebelah kiri.

Ini agar aliran darah ke plasenta tidak terbatasi. Jika Anda merasa posisi ini tidak nyaman, cobalah menempatkan bantal di bawah lutut untuk mengurangi tekanan dari berat badan sambil berbaring di satu sisi.

Hal yang perlu diperhatikan saat konsultasi ke dokter

hipertensi dalam kehamilan

Saat hamil 6 bulan dengan rentang usia kehamilan 23-27 minggu, gejala preeklampsia, berat badan yang bertambah, nafsu makan menurun, serta tangan dan wajah membengkak dapat terjadi.

Selain itu, sakit kepala tanpa sebab, sakit perut dan sakit kerongkongan, gangguan gatal dan penglihatan, sampai kontraksi palsu juga bisa dialami ibu hamil 6 bulan.

Jika mengalami gejala-gejala tersebut, hubungi dokter agar tidak sampai mengganggu perkembangan janin di dalam kandungan.

Namun, jika setelah memeriksakan diri dokter menyatakan bahwa berbagai masalah yang dialami masih normal, tak perlu khawatir berlebihan.

Tes yang perlu diketahui saat hamil 6 bulan

Di usia kehamilan 23-27 minggu, dokter akan memeriksa beberapa hal berikut ini:

  • Mengukur berat badan dan tekanan darah
  • Memeriksa urine untuk mengetahui kadar glukosa dan protein
  • Memeriksa denyut jantung janin
  • Mengukur ukuran rahim dengan palpasi eksternal (perabaan dari luar) untuk melihat bagaimana korelasinya dengan tanggal lahir
  • Mengukur ketinggian posisi bawah (atas rahim) atau tinggi fundus
  • Memeriksa kaki dan tangan bengkak 
  • Memeriksa varises di kaki
  • Memeriksa gejala kontraksi palsu
  • Memeriksa gejala yang Anda alami, terutama gejala-gejala yang tidak normal

Pemeriksaan tekanan darah rutin dilakukan setiap konsultasi ke dokter. Pasalnya, mengutip dari Center for Disease Control and Prevention (CDC), tekanan darah tinggi bisa memicu preeklampsia, eklampsia, sampai stroke pada ibu. 

Sementara pada anak, bisa menyebabkan berat bayi lahir rendah (BBLR) dan kelahiran prematur. 

Tidak hanya tekanan darah tinggi, saat ibu hamil 6 bulan, tes skrining glukosa juga penting dilakukan ibu hamil.

Tes ini umumnya mulai dilakukan pada usia kehamilan 24-28 minggu. Tes gula darah ini dapat membantu dokter mendiagnosis apakah Anda mengidap diabetes gestasional atau tidak.

Tips menjaga kesehatan saat hamil 6 bulan

manfaat komunikasi dengan bayi dalam kandungan

Agar memudahkan dan membuat nyaman ibu saat hamil 6 bulan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan ibu dan janin, seperti:

Meluruskan kaki saat kram

Semakin besar perut, maka tekanan pada kaki juga semakin berat sehingga kram kaki tidak bisa dihindari. Ketika serangan kram terjadi, pastikan kaki lurus dan tekuk pergelangan kaki ke dalam. 

Cara ini akan segera mengurangi rasa sakit sehingga perkembangan janin tidak akan terganggu.

Banyak istirahat ketika hamil 6 bulan

Untuk mengurangi tekanan pada kaki, posisikan kaki ke atas sesering mungkin dan istirahat di sela-sela kegiatan secara rutin. Tidak lupa menekuk kaki secara berkala agar lebih nyaman saat hamil 6 bulan.

Rutin menghitung gerakan janin saat hamil 6 bulan

Saat hamil 6 bulan sangat penting untuk menghitung gerakan janin. 

Ibu hamil bisa memeriksa gerakan janin sekali di pagi hari (ketika aktivitas cenderung lebih jarang) dan sekali di malam hari ketika janin lebih aktif.

Tanyakan dokter tentang cara menghitung gerakan bayi agar mengetahui dengan pasti. Dimulai dari jam-jam bayi aktif, berapa kali tendangan atau gerakan bayi di dalam perut.

Coba tandai dengan hitungan kalau gerakan sudah mencapai 10, lalu lihat berapa lama waktu yang dibutuhkan.

Biasanya, akan merasakan 10 gerakan dalam 10 menit atau kadang-kadang akan memakan lebih banyak waktu. Tidak perlu khawatir, ini wajar terjadi di masa hamil 6 bulan, terutama usia kehamilan 25 minggu.

Jika dalam 10 menit belum ada 10 gerakan, minumlah jus atau makan sesuatu yang ringan, dan berjalan sedikit.

Anda juga bisa menepuk perut sedikit kemudian berbaring, bersantai, dan kembali hitung gerakan. Jika dua jam berlalu tanpa adanya 10 gerakan, hubungi dokter.

Perhatikan makanan yang dimakan

Makanan seperti sosis, daging asap, dan daging olahan lainnya terkadang memiliki jenis bakteri dan mikroorganisme berbahaya untuk perkembangan janin. Bakteri ini hanya dapat dihancurkan saat dimasak dengan suhu tinggi.

Jadi saat sedang hamil, akan lebih baik jika makan makanan mentah jika hanya mereka telah dimasak sampai matang.

Selain itu, saat ibu hamil  6 bulan sampai waktu melahirkan, rentan terkena penyakit yang bisa mengganggu perkembangan janin. Alasannya karena saat hamil sistem kekebalan tubuh akan berubah.

Selain itu, bakteri atau virus yang ada di tubuh ibu dapat melewati plasenta dan menyerang bayi karena sistem kekebalan tubuh bayi belum cukup untuk melawan penyakit.

Waspada rasa kesemutan di jari

Jika merasakan mati rasa, kesemutan atau tegang pada jari jemari saat hamil, mungkin mengalami gejala carpal tunnel syndrome (CTS). Kondisi ini lebih sering dirasakan pada malam hari.

Menekan tangan yang sakit membuat masalah menjadi lebih buruk, jadi cobalah untuk meletakkan kepala di atas bantal pada waktu tidur.

Ketika jari mulai mati rasa coba goyangkan tangan untuk mengurangi sensasinya. Jika ini tidak efektif dan mati rasa membuat tak bisa tidur, silakan diskusikan dengan dokter. 

Diperbolehkan minum obat asam lambung jika diperlukan

Bila ibu hamil sedang maag, boleh minum obat asam lambung. Anda dapat mengonsumsi obat asam lambung selama tidak menggunakan dosis berlebihan. Gunakan seperti yang tertera di dalam label atau anjuran dokter.

Jika minum terlalu banyak obat asam lambung, hal ini dikhawatirkan bisa menyebabkan ibu hamil sembelit.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Pengalaman 4 Kali Gagal Program Bayi Tabung, Kini Kami Dianugerahi 4 Bayi Kembar

Program kehamilan normal tak bisa kami jalani sebagaimana pasangan lainnya. Kami terpaksa mengikuti program bayi tabung.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Menanti Momongan 1 Maret 2021 . Waktu baca 8 menit

Memahami Fungsi Hormon FSH dan LH pada Sistem Reproduksi

Fungsi hormon FSH dan LH berperan penting pada sistem reproduksi pria dan wanita. Ketahui apa saja fungsi kedua hormon tersebut lebih lanjut.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Kesuburan, Kehamilan 23 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

Kapan Bisa Mulai Mendengar Detak Jantung Janin Dalam Kandungan?

Detak jantung janin mulai berdegup di sekitar minggu keenam kehamilan, tapi kadang suaranya masih terlalu lemah untuk Anda bisa dengar. Kapan waktunya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Prenatal, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 23 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

Vitamin E untuk Kesuburan, Benarkah Bisa Bikin Cepat Hamil?

Ingin mencoba suplemen vitamin E supaya cepat hamil? Eits, simak dulu penjelasan lengkap dari berbagai penelitian soal manfaat vitamin E untuk kesuburan.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Kesuburan, Kehamilan 22 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara membaca hasil usg

Agar Lebih Akurat, Begini Cara Membaca Hasil USG Kehamilan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 3 Maret 2021 . Waktu baca 9 menit
minyak kelapa untuk bayi

Manfaat Minyak Kelapa untuk Bayi, Mulai dari Mengatasi Eksim Sampai Melebatkan Rambut

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
perkembangan jantung janin

Mengenal 4 Tahap Perkembangan Jantung Janin di Tiap Trimester

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 7 menit
pembukaan persalinan

Kenapa Gerakan Janin Berkurang Menjelang Persalinan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 1 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit