Benarkah Virus Zika Menyebabkan Kelainan Pada Janin?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 02/10/2019
Bagikan sekarang

Pada tahun 2015, dunia dikejutkan dengan munculnya wabah virus zika. Awalnya dideteksi dideteksi di Bahia, Brasil pada Maret 2015, virus ini terus menyebar dan diperkirakan telah menginfeksi sekitar 14 negara bagian di Brasil. Menteri kesehatan Brasil memperkirakan ada 1,3 juta kasus virus zika yang dilaporkan sampai dengan bulan desember 2015. Pada bulan yang sama, wabah zika ini diperkirakan telah menginfeksi 33 negara di benua Amerika.

Virus zika sendiri bukan merupakan sebuah penyakit yang baru. Virus ini pertama kali ditemukan di Nigeria pada 1953, dan pertama kali menyerang ASEAN, termasuk Indonesia pada rentang waktu 2012-2014. Pada tahun 2016, Eijkman Institute for Molecular Biology menemukan satu kasus zika di indonesia, dan diduga bahwa virus ini tampaknya telah menyebar “untuk sementara waktu” di Indonesia.

Virus zika ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti di daerah tropis, nyamuk yang sudah kita kenal sebagai penular demam berdarah. Nyamuk ini aktif di siang hari dan dapat hidup di dalam atau luar ruangan.  Beberapa laporan menyatakan zika bisa ditularkan dari ibu ke janin yang dikandung, atau melalui hubungan seksual.

Apa gejala yang saya rasakan jika terinfeksi zika?

Hanya 1 dari 5 orang yang terinfeksi Zika menunjukkan gejala, antara lain: demam, kulit berbintik merah, sakit kepala, nyeri sendi, nyeri otot, sakit kepala, kelemahan, dan terjadi peradangan konjungtiva. Pada beberapa kasus zika dilaporkan terjadi gangguan saraf dan komplikasi autoimun. Untuk lebih memastikan diagnosis, perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium berupa RT-PCR & tes antibodi.

Siapa yang berisiko terinfeksi zika?

Wanita hamil atau siapapun yang tinggal atau bepergian ke daerah yang terdapat infeksi zika, dan orang yang tinggal di daerah tropis di mana banyak ditemukan Aedes aegypti, memiliki risiko tinggi untuk terinfeksi. Begitu pula orang yang berhubungan seks dengan pasangan yang terinfeksi zika.

Mengapa belum ada obat untuk infeksi zika?

Sampai saat ini tidak ada pengobatan spesifik untuk zika, hal ini disebabkan karena pada awalnya infeksi zika dianggap tidak berat dan sedikit kasus yang dilaporkan. Pengobatan yang ada saat ini masih berfokus pada menangani gejala yang dirasakan, hal lain yang bisa dilakukan penderita antara lain:

  • Istirahat cukup.
  • Konsumsi cukup air untuk mencegah dehidrasi.
  • Minum obat-obatan yang dapat mengurangi demam atau nyeri, namun hindari konsumsi aspirin atau obat-obatan NSAID (non stereoid anti inflammation).
  • Segera berobat ke pusat kesehatan terdekat.

Saya hamil dan terinfeksi zika, apa yang harus saya lakukan?

Walaupun hubungan antara kejadian mikrosefalus dan infeksi zika belum terbukti, beberapa penelitian terakhir menyatakan adanya hubungan kuat ke arah itu. Pemeriksaan USG berkala yang lebih sering dianjurkan pada ibu hamil, untuk deteksi dini mikrosefalus pada janin, adanya hidrosefalus seringkali sulit dideteksi sampai trimester kedua kehamilan.  

Saya tidak hamil, kenapa saya harus peduli?

Infeksi zika bisa sembuh sendiri tanpa pengobatan medis. Namun, efek buruk zika paling dirasakan oleh ibu hamil, karena berkaitan dengan janinnya. Namun, pada beberapa kasus, zika dapat menyebabkan penyakit saraf dan penyakit autoimun seperti sindrom Guillane Bare. Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk mencegah wabah dari virus zika ini.

Apa yang harus saya lakukan agar tidak terinfeksi?

Mencegah gigitan nyamuk Aedes aegypti merupakan prinsip utama pencegahan zika. Terdengar sederhana, namun faktanya di lapangan kadang sulit dilaksanakan. Berikut hal-hal yang bisa kita lakukan:

  • Melakukan 3M Plus (menguras dan menutup tempat penampungan air, serta memanfaatkan atau melakukan daur ulang barang  bekas) plus menabur bubuk larvasida, menggunakan kelambu saat tidur, menggunakan obat nyamuk atau lotion anti nyamuk.
  • Melakukan pengawasan jentik melalui program Gerakan Satu Rumah Satu Juru Pemantau Jentik (Jumantik)
  • Meningkatkan daya tahan tubuh melalui perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) seperti olahraga rutin, asupan nutrisi yang cukup, dll.
  • Bagi wanita hamil diharapkan untuk lebih berhati-hati, dan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika ingin bepergian ke tempat yang terdapat kasus zika.

BACA JUGA:

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Berbagai Jenis Gangguan Makan yang Umum Dialami Ibu Hamil

    Gangguan makan yang dialami oleh ibu hamil tentu akan memberikan dampak yang berbahaya bagi keselamatan dan perkembangan janin.

    Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Winona Katyusha

    Kulit Wajah Terlihat Kusam Saat Hamil, Apa Penyebabnya?

    Alih-alih mendapatkan pregnancy glow, sebagian orang malah merasa kulit wajah jadi lebih kusam saat hamil. Apa penyebabnya?

    Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Winona Katyusha

    Kapan Waktu Terbaik untuk Kontrol Kandungan Selama Pandemi COVID-19?

    Pemeriksaan kehamilan amatlah penting. Di sisi lain, pemeriksaan kehamilan selama pandemi COVID-19 membuat ibu rentan tertular. Apa yang harus ibu lakukan?

    Ditulis oleh: Diah Ayu
    Coronavirus, COVID-19 29/04/2020

    6 Makanan Bergizi untuk Memperkuat Kandungan

    Selain sehat untuk ibu, berbagai makanan ini juga dapat memperkuat janin dalam kandungan agar masa kehamilan tetap lancar.

    Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Winona Katyusha

    Direkomendasikan untuk Anda

    hamil setelah keguguran

    Hal yang Harus Diketahui Jika Ingin Cepat Hamil Setelah Keguguran

    Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Winona Katyusha
    Dipublikasikan tanggal: 18/05/2020
    menu puasa untuk ibu hamil

    Menu Wajib Saat Puasa untuk Ibu Hamil

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Arinda Veratamala
    Dipublikasikan tanggal: 17/05/2020
    puasa bagi ibu hamil

    4 Kondisi yang Mengharuskan Ibu Hamil Membatalkan Puasanya

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Dipublikasikan tanggal: 14/05/2020
    makanan sahur untuk ibu hamil

    6 Makanan Kaya Gizi yang Harus Ibu Hamil Penuhi Saat Sahur

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Widya Citra Andini
    Dipublikasikan tanggal: 13/05/2020