Anda sedang hamil? Ayo ikut komunitas Ibu Hamil kami sekarang!

home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

5 Manfaat Utama Buah Manggis untuk Ibu Hamil Plus Cara Makannya

5 Manfaat Utama Buah Manggis untuk Ibu Hamil Plus Cara Makannya

Mengonsumsi buah saat hamil penting bagi setiap calon ibu. Pasalnya, buah mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan. Tak perlu yang sulit, ibu bisa memulai memgonsumsi buah tropis yang mudah ditemukan di Indonesia, salah satunya manggis. Seberapa baik makan buah manggis untuk ibu saat sedang hamil?

Bolehkah ibu makan manggis saat hamil?

kedondong untuk ibu hamil

Manggis atau Garcinia mangostana adalah buah tropis yang berasal dari Asia.

Buah ini memiliki warna kulit merah keunguan dengan daging buah berwarna putih yang punya rasa khas manis dan asam.

Meski terasa sedikit asam, nyatanya buah manggis memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh.

Namun, sebelum membicarakan manfaatnya, mungkin Anda bertanya apakah ibu saat hamil boleh makan manggis?

Jawabannya singkatnya adalah boleh. Ini karena sebagaimana buah lain, buah manggis mengandung ragam zat gizi yang dapat membantu memenuhi nutrisi untuk ibu hamil.

Zat gizi ini termasuk serat, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, seng, magnesium, mangan, tembaga, serta ragam vitamin untuk ibu hamil, contohnya B1, B2, B3, dan C.

Tak hanya itu, kandungan folat dalam buah manggis juga tinggi sehingga sangat cocok menjadi salah satu makanan sehat untuk ibu hamil.

Meski demikian, sebaiknya ibu tetap tanyakan terlebih dahulu pada dokter sebelum mengonsumsi buah ini.

Dokter akan memastikan apakah buah manggis boleh Anda makan serta seberapa banyak jumlahnya sesuai dengan kondisi kehamilan Anda.

Ragam manfaat buah manggis untuk ibu hamil

manfaat buah manggis untuk ibu hamil

Manfaat buah manggis untuk kesehatan sudah tak perlu diragukan lagi.

Namun, bagaimana untuk ibu hamil? Adakah manfaat khusus yang bisa ibu hamil peroleh jika mengonsumsi manggis?

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beragam manfaat buah manggis untuk ibu hamil.

1. Mencegah cacat lahir

Salah satu kandungan dalam buah manggis yang penting untuk ibu hamil adalah folat.

Folat adalah kelompok vitamin B (B9) yang berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan janin, terutama pada sistem saraf.

Bahkan, menyantap makanan yang mengandung folat telah terbukti dapat mencegah cacat lahir, seperti spina bifida dan anencephaly.

Akan tetapi, untuk dapat mencegah cacat lahir secara optimal, makan makanan dengan kandungan folat, seperti manggis, perlu dilakukan sedini mungkin.

Bahkan sebaiknya, asupan folat sudah tercukup dengan baik sebelum terjadi pembuahan dan kehamilan.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Selain folat, buah manggis juga mengandung serat. Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, pada 100 gram buah manggis segar, terdapat 1,5 gram serat di dalamnya.

Kabar baiknya, makan makanan tinggi serat dapat membantu memperlancar sistem pencernaan dan mencegah sembelit pada ibu hamil.

Terlebih lagi, sembelit merupakan salah satu masalah kesehatan pada ibu hamil yang sering terjadi, terutama pada trimester awal kehamilan.

3. Meningkatkan sistem kekebalan

Saat hamil, sistem kekebalan Anda cenderung melemah sehingga lebih rentan mengalami sakit.

Oleh karena itu, ibu hamil perlu berupaya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar sebisa mungkin terhindar dari berbagai penyakit saat hamil.

Nah, salah satu cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh saat hamil adalah dengan makan buah manggis.

Ini karena buah manggis mengandung vitamin C yang dapat melindungi sel tubuh dari berbagai kerusakan serta membantu menjaganya agar tetap sehat.

4. Mengontrol kadar gula darah

Manfaat buah manggis lainnya untuk ibu hamil adalah membantu mengontrol kadar gula darah.

Bukan tanpa alasan, manggis mengandung serat dan xanthones, yaitu senyawa bioaktif dalam tanaman yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi.

Mengontrol kadar gula darah perlu ibu hamil lakukan guna mencegah diabetes selama kehamilan (diabetes gestasional).

Bila kadar gula darah tidak terkontrol, kondisi ini dapat meningkatkan risiko komplikasi saat kehamilan, seperti kelahiran prematur.

5. Mencegah anemia

Tak hanya meningkatkan sistem imun, manfaat kandungan vitamin C yang ada pada buah manggis juga berfungsi untuk mencegah anemia pada ibu hamil.

Hal ini karena vitamin C juga mempunyai peran dalam penyerapan zat besi ke dalam tubuh sehingga hemoglobin dapat membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Kandungan zat besi dalam buah manggis ini juga dapat mengatasi kelelahan yang sering datang saat hamil.

Cara terbaik untuk makan buah manggis saat hamil

buah manggis untuk ibu hamil

Makan buah manggis yang terbaik adalah dalam bentuk buah segar.

Mengonsumsi manggis dalam bentuk jus, terutama dengan menambahkan gula atau kalengan justru bisa memicu peningkatan kadar gula darah pada ibu hamil.

Apalagi, buah manggis termasuk buah yang mengandung tinggi gula.

Oleh karena itu, bila Anda memiliki riwayat diabetes, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi buah ini atau tanyakan terlebih dahulu pada dokter Anda.

health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 days
Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Watanabe, M., Gangitano, E., Francomano, D., Addessi, E., Toscano, R., Costantini, D., Tuccinardi, D., Mariani, S., Basciani, S., Spera, G., Gnessi, L., & Lubrano, C. (2018). Mangosteen Extract Shows a Potent Insulin Sensitizing Effect in Obese Female Patients: A Prospective Randomized Controlled Pilot Study. Nutrients10(5), 586. https://doi.org/10.3390/nu10050586.

Mangosteen. Memorial Sloan Kettering Cancer Center. (2021). Retrieved 28 July 2021, from https://www.mskcc.org/cancer-care/integrative-medicine/herbs/mangosteen.

Mangosteen. Utep.edu. (2021). Retrieved 28 July 2021, from https://www.utep.edu/herbal-safety/herbal-facts/herbal%20facts%20sheet/mangosteen.html.

Data Komposisi Pangan Indonesia – Beranda. Panganku.org. (2021). Retrieved 28 July 2021, from http://panganku.org/id-ID/view.

Folic Acid and Pregnancy (for Parents) – Nemours Kidshealth. Kidshealth.org. (2021). Retrieved 28 July 2021, from https://kidshealth.org/en/parents/preg-folic-acid.html.

Mangosteen, syrup pack, canned nutrition facts and analysis.. Nutritionvalue.org. (2021). Retrieved 28 July 2021, from https://www.nutritionvalue.org/Mangosteen%2C_syrup_pack%2C_canned_nutritional_value.html?size=100+g.

Common health problems in pregnancy. nhs.uk. (2021). Retrieved 28 July 2021, from https://www.nhs.uk/pregnancy/related-conditions/common-symptoms/common-health-problems/.

Vitamins, minerals and supplements in pregnancy. nhs.uk. (2021). Retrieved 28 July 2021, from https://www.nhs.uk/pregnancy/keeping-well/vitamins-supplements-and-nutrition/.

Gestational diabetes. nhs.uk. (2021). Retrieved 28 July 2021, from https://www.nhs.uk/conditions/gestational-diabetes/.

How to add more fiber to your diet. Mayo Clinic. (2021). Retrieved 28 July 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/fiber/art-20043983.

Getting Sick While Pregnant | American Pregnancy Association. American Pregnancy Association. (2021). Retrieved 28 July 2021, from https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-health-wellness/getting-sick-while-pregnant/.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ihda Fadila Diperbarui 03/08/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita