Flu Bisa Berbahaya bagi Ibu Hamil, Ini 4 Kiat Mencegahnya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 24/04/2020 . 5 menit baca
Bagikan sekarang

Selama kehamilan, fungsi sistem kekebalan tubuh menurun sehingga Anda lebih mudah terkena penyakit influenza (flu). Siapa pun dapat terjangkit flu, tapi flu pada ibu hamil tidak boleh dianggap sebelah mata karena bisa mengakibatkan komplikasi parah. Inilah mengapa mencegah flu saat hamil sangatlah penting.

Flu berbeda dengan pilek biasa yang bisa sembuh dengan mudah. Penyakit ini dapat mengakibatkan infeksi saluran pernapasan, bronkitis, pneumonia, hingga peradangan pada otak atau otot jantung bila tidak dicegah dan ditangani. Simak informasi berikut untuk mengetahui langkah-langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan.

Tips mencegah flu saat hamil

mencegah virus corona

Flu disebabkan oleh infeksi virus influenza pada hidung, tenggorokan, serta paru-paru. Penularan penyakit terjadi melalui percikan cairan mengandung virus dari mulut orang yang sakit ketika ia batuk, bersin, atau berbicara.

Flu ringan sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya, tapi ibu hamil dengan sistem kekebalan yang menurun biasanya butuh waktu lebih lama untuk sembuh. Agar flu tidak membahayakan ibu dan janin, berikut beberapa tips pencegahan yang bisa diterapkan:

1. Vaksinasi flu

Langkah terbaik untuk mencegah flu saat hamil adalah dengan vaksinasi. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), pemberian vaksin flu saat hamil terbukti mengurangi risiko flu serta infeksi sejenis yang menyerang saluran pernapasan.

Cara kerja vaksin flu sama dengan vaksin pada umumnya. Vaksin flu terbuat dari virus influenza yang sudah dilemahkan sehingga tidak bisa menyebabkan penyakit. Virus ini akan memasuki tubuh ibu, lalu memicu pembentukan antibodi sebagai pertahanan.

Jika sewaktu-waktu ibu terpapar virus influenza, antibodi ibu sudah mengenali virus dan mampu melawannya. Antibodi tersebut tidak hanya akan melindungi tubuh ibu, tapi juga janin yang belum memiliki sistem kekebalan tubuh sendiri.

2. Menjaga kebersihan tangan

Virus influenza dapat bertahan pada permukaan benda selama berjam-jam. Ibu hamil dapat tertular flu apabila menyentuh barang yang terkontaminasi, lalu menyentuh wajah tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

Untuk mencegah terjangkit flu saat hamil, ibu dan setiap anggota keluarga yang tinggal bersamanya harus rajin menjaga kebersihan tangan. Cara yang paling mudah adalah dengan mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun.

Cucilah telapak tangan, jari-jari, kuku, dan pergelangan tangan Anda setidaknya selama 20 detik. Molekul sabun akan menguraikan lapisan pelindung virus sehingga virus mati. Busa dan air juga akan mengikat kotoran dan membersihkannya dari tangan Anda.

3. Membersihkan benda-benda yang sering disentuh

Tanpa disadari, virus influenza dapat menempel pada benda-benda yang sering Anda sentuh atau gunakan setiap hari. Anda perlu rutin membersihkan benda-benda tersebut untuk mencegah diri sendiri maupun orang lain terjangkit flu.

Siapkan semprotan disinfektan dan segulung tisu kering. Siapkan juga sabun cuci dan air untuk mencuci barang berbahan kain. Jangan gunakan spons atau lap karena keduanya justru dapat menyebarkan kuman.

Guna mencegah terjangkit flu saat hamil, berikut barang-barang yang perlu Anda bersihkan:

  • Ponsel dan telepon rumah
  • Remote
  • Meja makan, meja belajar, meja ruang tamu, dan sejenisnya
  • Komputer dan laptop
  • Kamar mandi, termasuk kran air, bak mandi, dan jamban
  • Selimut, handuk, jubah mandi, dan sejenisnya
  • Bantal, guling, dan boneka

4. Tetap istirahat di rumah ketika tidak enak badan

Saat Anda demam, meriang, atau tidak enak badan, ini merupakan tanda bahwa tubuh Anda sedang melawan penyakit. Beristirahat di rumah, minum air yang cukup, serta makan makanan bergizi bisa membantu Anda kembali pulih.

Selama beristirahat di rumah, batasi kontak dekat dengan anggota keluarga yang lain. Hindari berbagi makanan, alat makan dan gelas, ataupun handuk dan pakaian dengan orang lain sebelum Anda betul-betul pulih.

Kapan Anda harus memeriksakan diri ke dokter?

Mycamine

Bila Anda mengalami gejala flu, segera periksakan diri Anda ke dokter. Dokter dapat memberikan penanganan yang sesuai dan aman bagi ibu hamil. Langkah ini juga perlu dilakukan sekalipun Anda sudah pernah mendapatkan vaksin untuk mencegah flu saat hamil.

Mengingat risiko komplikasinya lebih tinggi, ibu hamil biasanya memang disarankan mengonsumsi obat antivirus untuk mengatasi gejala flu. Obat-obatan ini lebih efektif bila dikonsumsi dalam waktu 48 jam sejak munculnya gejala.

Selain itu, flu juga kerap menyebabkan demam. Meskipun tidak berdampak besar bagi ibu, demam bisa saja berbahaya bagi janin. Anda dapat meredakan demam dengan paracetamol dengan tetap memeriksakan diri ke dokter.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Kombinasi Buah-buahan Terbaik untuk Sarapan Sehat

Tidak hanya memberikan asupan serat, buah juga bisa memberikan segudang manfaat dalam menjalani hari. Inilah 5 kombinasi buah terbaik untuk sarapan Anda.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Nutrisi, Hidup Sehat 06/05/2019 . 4 menit baca

5 Strategi Jaga Diri Agar Tidak Tertular Flu dan Batuk di Musim Pancaroba

Flu dan batuk biasa jadi penyakit langganan ketika sudah masuk musim pancaroba. Yuk, lindungi diri dengan 5 tips ini supaya tidak ikut ketularan sakit!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Tips Sehat 20/11/2018 . 4 menit baca

3 Pilihan Obat Pilek yang Aman untuk Bayi

Hati-hati, tidak semua obat pilek bayi aman untuk kesehatan si kecil. Lantas, obat apa saja yang aman dan ampuh mengobati gejala pilek pada bayi?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Anak, Parenting 26/05/2018 . 11 menit baca

Berapa Lama Waktu yang Diperlukan Sampai Virus Flu Menular ke Orang Lain?

Gejala flu sangat mudah menular sehingga Anda perlu istirahat di rumah sampai benar-benar sembuh. Berapa lama virus flu bisa menular ke orang lain?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Flu, Kesehatan Pernapasan 30/04/2018 . 5 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

mencegah anak terserang flu

4 Kebiasaan Baik untuk Mencegah Anak Terserang Flu

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 15/04/2020 . 4 menit baca
penyebab sering terkena flu

Kenapa Jika Sedang Padat Aktivitas Malah Mudah Kena Flu?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 18/03/2020 . 4 menit baca
mencegah flu saat traveling

Supaya Tidak Tertular Flu Saat Traveling, Cegah dengan 6 Kiat Ini

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 25/11/2019 . 5 menit baca
tips flu cepat sembuh

6 Cara Agar Tidak Tertular Flu Saat Puasa

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 11/05/2019 . 4 menit baca