6 Khasiat Buah Naga Bagi Ibu Hamil dan Bayinya

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum.

Saat sedang hamil, tubuh ibu membutuhkan banyak zat gizi penting guna mendukung kesehatan dan tumbuh kembang ibu dan bayi. Salah satu caranya didapatkan dari mengonsumsi buah-buahan. Meski pada dasarnya semua buah itu baik untuk kehamilan, tahukah Anda bahwa ada banyak manfaat yang didapatkan dengan makan buah naga saat hamil? Berikut penjelasannya. 

Manfaat makan buah naga saat hamil

Mungkin masih banyak ibu yang belum mengetahui manfaat mengonsumsi buah naga selama masa kehamilan. Padahal, buah yang mudah ditemui di mana pun ini kaya akan zat gizi yang baik untuk memenuhi kebutuhan Anda serta janin dalam kandungan. Lebih jelasnya, berikut manfaat makan buah naga saat hamil.

1. Kaya akan nutrisi

Tidak kalah hebatnya dengan buah-buahan jenis lain, buah naga merupakan sumber nutrisi yang baik karena banyak mengandung vitamin C, fitokimia, protein, dan kalium yang sangat dibutuhkan oleh wanita selama masa kehamilan.

Vitamin B1 yang terkandung dalam buah naga juga berkhasiat untuk pertumbuhan janin, merangsang penyerapan protein, dan membantu membakar karbohidrat untuk menghasilkan energi.

2. Kaya akan serat

Selama masa kehamilan, tak jarang wanita mengeluhkan masalah pada sistem pencernaan, misalnya sembelit. Guna mengurangi masalah ini, penting bagi Anda untuk selalu mengonsumsi buah yang kaya akan serat, salah satunya buah naga.

Buah naga memiliki kandungan serat yang banyak sehingga cocok dikonsumsi oleh ibu hamil. Dalam satu porsi buah naga diperkirakan mengandung 0,3-0,9 gram serat.

3. Sumber karbohidrat

Kandungan buah naga yang kaya akan sumber karbohidrat, merupakan sumber energi alami yang penting untuk mendukung kesehatan ibu dan pertumbuhan bayi. Kebutuhan karbohidrat saat sedang hamil tentu akan meningkat di mana biasanya Anda cenderung untuk mengonsumsi jenis karbohidrat yang itu-itu saja. Bila bosan, Anda bisa mengganti sumber makanannya, tapi tetap mendapatkan manfaat gizi yang sama dengan rutin mengonsumsi buah naga.

4. Sumber lemak sehat

Selama masa kehamilan, lemak tidak hanya dibutuhkan sebagai sumber energi. Lemak juga dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan otak bayi dalam perut Anda. Satu porsi buah naga mengandung 0,1-0,6 gram lemak, yang sebagian besar terdiri dari lemak tak jenuh. Jangan khawatir, konsumsi lemak yang bersumber dari buah naga tidak akan membuat akan Anda bertambah gemuk.

Lemak yang terkandung dalam buah naga, bukan merupakan sumber lemak jenuh sehingga aman untuk dikonsumsi ibu dan bayi untuk mendukung kenaikan berat badan yang sehat selama kehamilan.

5. Sumber lemak sehat

Selama masa kehamilan, lemak tidak hanya dibutuhkan sebagai sumber energi. Lemak juga dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan otak bayi dalam perut Anda. Satu porsi buah naga mengandung 0,1-0,6 gram lemak, yang sebagian besar terdiri dari lemak tak jenuh. Jangan khawatir, konsumsi lemak yang bersumber dari buah naga tidak akan membuat akan semakin gemuk.

Lemak yang terkandung dalam buah naga, bukan merupakan sumber lemak jenuh sehingga aman untuk dikonsumsi ibu dan bayi untuk mendukung kenaikan berat badan yang sehat selama kehamilan.

6. Mencegah cacat lahir pada bayi

Salah satu nutrisi yang penting untuk janin yang harus dipenuhi selama berada dalam kandungan ialah asam folat. Asam folat atau folat yang sering disebut dengan vitamin B9 memiliki banyak manfaat penting selama masa kehamilan. Salah satunya efektif untuk mencegah risiko cacat tabung syaraf pada bayi atau neutral tube defects dan kelahiran prematur.

Maka, dengan rutin makan buah naga saat hamil dapat menjadi sumber makanan yang baik untuk mencukupi kebutuhan asam folat dalam tubuh Anda.

Konsultasi dengan dokter kandungan adalah pilihan terbaik

Ada berbagai macam jenis buah-buahan yang tidak diragukan lagi manfaatnya bagi kesehatan tubuh, terutama saat masa kehamilan. Buah-buahan lain juga memiliki keistimewaan masing-masing yang tentu akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan buah hati dalam kandungan Anda.

Sering kali Anda kebingungan atau bahkan merasa cemas untuk mengonsumsi buah-buahan karena khawatir dengan efek yang ditimbulkan. Lebih baik konsultasikan lebih lanjut dengan dokter kandungan terkait buah apa yang boleh dikonsumsi dan tidak boleh dikonsumsi selama masa kehamilan. Dengan begitu, dokter akan memberi saran dengan mempertimbangkan trimester kehamilan dan kondisi kesehatan Anda.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca