Cara Menjaga Gigi dan Gusi Tetap Sehat Selama Kehamilan

Oleh

Beberapa wanita mengalami pembengkakan dan sakit gusi, yang mungkin berdarah, saat sedang hamil. Perdarahan gusi disebabkan oleh menumpuknya plak pada gigi. Perubahan hormon selama kehamilan dapat membuat gusi lebih rentan terkena plak, mengakibatkan peradangan dan perdarahan, yang disebut juga radang gusi atau penyakit gusi kehamilan. Dokter gigi bisa membantu Anda mengatasi masalah ini.

Menjaga gigi dan gusi tetap sehat selama kehamilan

Penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan gusi sebisa mungkin saat sedang hamil. Cara terbaik untuk mencegah atau mengatasi masalah gusi adalah menjaga kebersihan gigi dengan baik. Pergilah ke dokter gigi agar mereka bisa membersihkan gigi Anda secara menyeluruh dan memberikan beberapa nasihat bagaimana menjaga gigi tetap bersih di rumah.

Beginilah cara menjaga gigi dan gusi:

  • Bersihkan gigi dengan hati-hati 2 kali sehari selama 2 menit. Tanyakan dokter gigi untuk mencari tahu metode menggosok gigi untuk menghilangkan plak.
  • Menggosok gigi terbaik dengan sikat gigi berkepala kecil dengan filamen yang lembut. Pastikan nyaman dipegang.
  • Hindari minum minuman bergula (misalnya minuman bersoda atau teh manis) dan makanan bergula terlalu sering. Cobalah makan makanan ini sesekali saja.
  • Jika Anda lapar saat sedang makan, makanlah sayuran dan hindari makanan bergula atau asam.
  • Hindari obat kumur yang mengandung alkohol.
  • Berhentilah merokok, karena dapat memperparah penyakit gusi.
  • Jika Anda mengalami morning sickness dan muntah, berkumurlah dengan air putih. Ini akan membantu mencegah asam dalam muntahan menyerang gigi. Jangan langsung menggosok gigi, karena gigi akan dilunakkan oleh asam dalam perut. Tunggu sekitar 1 jam sebelum menggosok gigi.

Perawatan gigi yang harus dihindari selama kehamilan

Diskusikan dengan dokter gigi apakah penambalan gigi baru atau pengganti harus ditunda sampai setelah bayi lahir. Penambalan amalgam sebaiknya tidak boleh dicabut selama kehamilan.

Jika Anda memerlukan X-ray gigi, dokter gigi biasanya akan menunggu sampai Anda memiliki bayi, sekalipun sebagian besar X-ray gigi tidak mempengaruhi area perut atau panggul. Pastikan dokter gigi tahu kalau Anda sedang hamil.

Share now :

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: September 30, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca