7 Benda yang Wajib Dibawa Wanita Supaya Tetap Sehat Saat Traveling

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Siapa yang tidak suka traveling? Kegiatan menyenangkan ini memang bisa dibilang sebagai hobi sejuta umat. Ada banyak hal yang bisa kita dapatkan dari melakukan kegiatan yang satu ini, mulai dari mengenal kearifan lokal daerah setempat, bertemu banyak wajah baru, lebih mengenal diri sendiri, sampai belajar bertahan hidup di tempat asing.

Itu sebabnya, traveling secara tidak langsung akan mengajarkan kita untuk berani meninggalkan “zona nyaman”. Bagi beberapa orang, hal ini tentunya tidaklah mudah, terutama wanita. Sudah bukan rahasia lagi jika wanita dianggap lebih ‘rempong’ dibanding pria ketika ingin bepergian. Ada banyak barang yang dibawa, dari mulai yang penting sampai yang tidak penting sekalipun.

Meski begitu, sebenarnya ada barang yang wajib dibawa wanita saat traveling, loh! Bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, namun juga untuk memastikan kebersihan dan kesehatan selama berlibur terus terjaga. Apa saja? Baca terus untuk mengetahuinya.

Barang yang wajib dibawa saat traveling

Berikut ini beberapa barang wajib yang harus dibawa wanita supaya tetap sehat saat traveling.

1. Hand sanitizer

Memperhatikan kebersihan diri sangat penting ketika sedang bepergian. Nah, salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membawa sebotol hand sanitizer di dalam tas Anda. Pasalnya, kuman dan bakteri ada di mana-mana, mulai dari wastafel toilet sampai pegangan tangan di transportasi umum. Oleh karena itu, wajib hukumnya membawa hand sanitizer untuk membunuh kuman di tangan.

2. Tisu

Tisu merupakan salah satu barang yang sering dilupakan saat bepergian. Padahal, barang ini sangat penting ketika Anda sedang bepergian.

Ada dua jenis tisu yang harus disiapkan, yaitu tisu basah dan tisu kering.  Kedua benda inilah yang jadi penyelamat saat Anda ke kamar mandi, mengelap tangan, atau membersihkan beragam hal lainya.

Tisu basah berfungsi untuk mengelap benda yang sangat kotor, biasanya banyak ditemukan jika Anda melakukan traveling ke alam bebas. Sedangkan tisu basah digunakan saat setelah makan atau setelah dari toilet.

3. Botol minum

Tetap terhidrasi adalah kunci untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Itu sebabnya, memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh adalah hal terpenting saat traveling.

Langkah sederhana untuk mencegah terjadinya dehidrasi adalah dengan selalu membawa botol minum yang bisa diisi ulang. Selain mengurangi pemakaian botol kemasan, ini pun juga bisa salah satu cara Anda untuk menghemat pengeluaran ketika sedang traveling. Siapa tahu tempat Anda menginap memperbolehkan mengisi botol minum sepuasnya!

4. Sunblock

Sunblock tak hanya berfungsi untuk menghindari kulit terbakar matahari. Tapi lebih penting lagi, sunblock diperlukan untuk mencegah kanker kulit dan menghindari berbagai kemungkinan terkena gigitan nyamuk atau serangga yang menyebabkan penyakit.

Ketika traveling, Anda akan banyak ‘berurusan’ dengan sinar matahari. Apalagi, kulit wanita lebih rentan terhadap sinar ultraviolet. Itu sebabnya, siapkan sunblock yang mengandung SPF 50 khusus untuk wajah dan tubuh di dalam ransel ya! jangan lupa untuk rutin mengaplikasikan sunblock secara merata setidaknya setiap dua jam sekali.

5. Pantyliners dan pembalut

Saat traveling, kebersihan daerah kewanitaan harus tetap terjaga. Itu sebabnya, pembalut dan pantyliners jadi salah satu barang yang wajib dibawa ketika traveling.

Jika sedang tidak menstruasi, Anda bisa menggunakan pantyliners, alas yang bentuknya seperti pembalut tapi dengan ukuran yang lebih kecil dan tipis, untuk menyerap cairan vagina yang berlebihan.

6. Obat-obatan

Selain barang-barang yang sudah disebutkan di atas, obat-obatan juga perlu Anda siapkan ketika memutuskan untuk traveling. Apalagi kalau Anda pergi ke tempat yang jauh dari toko atau apotek. Anda tidak perlu membawa terlalu banyak obat-obatan selama traveling, bawa saja secukupnya. Anda bisa membawa obat-obatan seperti obat pereda nyeri, obat alergi, obat mabuk perjalanan, suplemen dan vitamin, serta obat dari resep dokter jika memang Anda membutuhkannya.

Pastikan semua barang-barang yang sudah disebutkan di atas terkemas dalam tas Anda. Namun, jangan sampai juga Anda mengemas barang-barang secara berlebihan karena akan membuat Anda repot dalam perjalanan.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca